Karya ilmiah dalam dunia akademik dapat diartikan sebagai produk luaran atas pemikiran kritis yang terlegitimasi dari setiap penulisnya. Oleh karena itu, bukan lagi menjadi hal yang tabu jika para akademisi, baik dari kalangan mahasiswa dan dosen akrab dengan karya tulis ilmiah.

Bagi kalangan mahasiswa, karya ilmiah menjadi hal yang begitu penting karena mulai dari tugas kuliah hingga tugas akhir pasti didominasi oleh karya tulis ilmiah. Sementara bagi para dosen, penulisan karya ilmiah menjadi rutinitas guna melengkapi syarat administratif dan kenaikan jenjang jabatan.

Berbicara tentang penulisan karya ilmiah, tidak akan terlepas dari kerumitan gaya selingkung atau format kaku yang diberlakukan, termasuk di dalamnya adalah sistematika penulisan daftar pustaka yang memiliki aneka gaya.

Berkaitan dengan sistem penulisan daftar pustaka, dapat dibayangkan betapa repotnya jika Anda sudah menyusun karya ilmiah, kemudian akan menuliskan secara manual daftar tersebut. Apalagi jika daftar rujukan atau referensi yang dicantumkan dalam karya ilmiah tersebut cukup banyak dan beragam sumbernya.

Saat menuliskan artikel ini, saya mengingat zaman menyusun skripsi (sekitar tahun 2005). Pada waktu itu, menulis daftar pustaka secara manual cukup menyusahkan dan menyebabkan frustasi. Bagaimana tidak? Semua dilakukan manual, mulai dari menyusun secara abjad, lalu meng-italic, hingga menuliskan tahun dan nama penulis dengan benar sesuai standar.

Namun berkat kemajuan teknologi saat ini, penulisan karya ilmiah menjadi sangat menyenangkan dan mudah karena kini dapat dilakukan dalam hitungan detik dan tersusun rapi. Artikel ini mengenalkan salah satu aplikasi perangkat lunak bernama MENDELEY!

Bagi Anda yang belum tahu tentang MENDELEY, maka artikel ini penting dibaca dan dipahami.

  1. Apakah MENDELEY itu?

Mendeley adalah suatu aplikasi perangkat lunak/aplikasi komputer yang perlu diunduh dan di install terlebih dahulu pada perangkat komputer. Aplikasi ini dikembangkan oleh Elsevier pada tahun 2016. Elsevier adalah perusahaan penerbitan karya ilmiah/akademik yang berasal dari Belanda. Elsevier banyak menerbitkan karya ilmiah dengan reputasi bagus di dunia akademik. Program Mendeley ini digunakan untuk membantu dalam menyimpan, mengelola, menuliskan, serta membuatkan format referensi/kutipan dari suatu artikel ilmiah maupun bersumber dari suatu situs.

Secara operasional, program Mendeley dibagi 2 tipe yaitu Mendeley Desktop dan Mendeley Web. Artikel ini membahas khusus tentang Mendeley Desktop. Dari namanya, Mendeley Desktop dalam di-install pada desktop. Nah, sekarang, bagaimana proses instalasi Mendeley?

  1. Proses Unduh dan Install MENDELEY DESKTOP

Berikut ini proses unduh dan install Mendeley Desktop versi Windows, silahkan disesuaikan dengan sistem operasi pada komputer Anda. Proses secara bertahap sebagai berikut:

  1. Klik installer link ini : https://www.mendeley.com/autoupdates/installers/1.19.5
  2. Pilih sesuai dengan sistem operasi komputer (Windows, IOS, UBUNTU, LINUX).

Gambar 1. Tampilan Installer Link dan Hasil Unduh Mendeley Desktop

  1. Instal Mendeley Desktop pada komputer Anda, kemudian buat akun Mendeley melalui tautan: https://www.mendeley.com/join

    Gambar 2. Buat Akun Mendeley

     

  2. Pastikan setelah terinstalasi, maka komputer Anda memiliki logo Mendeley ini:
  3. Berikut ini tampilan Mendeley Desktop saat dibuka:

6. Lakukan sikron Microsoft Word dengan Mendeley Desktop dengan mengklik “Tools” dan “install MS Word Plugin”.

aplikasi Mendeley Desktop siap digunakan pada Ms Word

7. Jika sudah terinstall Ms Word Plugin maka tampilan di Ms Word seperti ini (pada References), menandakan aplikasi Mendeley Desktop siap digunakan pada Ms Word.

Demikian langkah-langkah dalam unduh dan instal Mendeley Desktop.

Demikian langkah-langkah dalam unduh dan instal Mendeley Desktop.

  1. Proses Referensi atau Kutipan dengan Mendeley Desktop

Pada proses penyusunan karya ilmiah, Anda lazimnya mencari karya ilmiah lainnya melalui Google Scholar. Kemudian Anda unduh setiap karya ilmiah yang dikutip atau dijadikan referensi. Proses menambahkan ke Mendeley Desktop sebagai berikut:

1. Tambahkan karya ilmiah yang ingin dikutip pada Mendeley Desktop dengan klik File dan Add Files atau Anda juga bisa drag file dan ditarik ke dalam Mendeley Desktop.

Mendeley Desktop

2. Setelah ditambahkan, maka Mendeley Desktop akan terisi seperti gambar ini.

Katz, dan Rocklov yang ditandai dengan bintang di atas

3. Misalkan Anda ingin menggunakan karya ilmiah Liu, Katz, dan Rocklov yang ditandai dengan bintang di atas.

4. Masuk ke Ms Word, klik References, kemudian insert citation, dan mulai ketik nama-nama penulis ataupun judul karya ilmiah yang mau dikutip.

susunan daftar pustaka

5. Kemudian klik Insert Bibliography. Maka dalam hitungan detik – susunan daftar pustaka akan tersusun dengan baik dan teratur sesuai style yang dijadikan standar. Sangat mudah dan cepat!.

menuliskan referensi

Demikian artikel ini dituliskan untuk memudahkan Anda dalam menuliskan referensi/ daftar pustaka karya ilmiah. Selamat mencoba menggunakan aplikasi Mendeley Desktop.

Penulis: Lianna Wijaya (D5722) – email: lianna.wijaya@binus.ac.id