Bicara soal kota potensial untuk mendukung industri masa depan di Indonesia, Semarang adalah salah satunya. Ibu kota Jawa Tengah ini perlahan berkembang menjadi area potensial untuk menjadi pusat industri penting di Jawa, bahkan mendukung perekonomian Indonesia. Bagaimana gambaran potensi Semarang sebagai salah satu pilar industri masa depan?

Potensi Semarang untuk industri masa depan Indonesia.

Perkembangan Kawasan Industri di Semarang

Deputi Direktur Perwakilan BI Jawa Tengah Berry Arifsyah Harahap menyebut gencarnya geliat industri di Semarang, bahkan selama tahun pandemi. Menurutnya, sektor industri masih akan menjadi salah satu potensi investasi yang menggiurkan di Jawa Tengah. Hal ini bisa terlihat dari perkembangan beberapa kawasan industri di provinsi tersebut.

Perkembangan Kawasan Industri Wijayakusuma merupakan bukti potensi Semarang untuk industri masa depan. Berlokasi di Jalan Raya Semarang, kawasan ini dirancang khusus untuk menarik investor dalam dan luar negeri agar bersedia membangun beragam usaha industri di sebuah lokasi terpadu.

Kawasan Wijayakusuma telah dilengkapi dengan fasilitas seperti sistem pengolahan air bersih dari limbah, teknologi pengolahan gas alami sebagai sumber energi, serta jaringan transportasi dan listrik. Semuanya siap mendukung perkembangan berbagai industri yang berlokasi di kawasan ini.

Kawasan industri ini juga memudahkan proses perkembangan bisnis. Contohnya, pemilik bisnis tidak perlu lagi mengurus dokumen seperti izin gangguan, izin lokasi pendirian usaha, dan pengesahan site plan. Hal ini bisa menghemat waktu dan membantu pengusaha berfokus pada aspek lain untuk perkembangan bisnis mereka.

Saat ini, Kawasan Industri Wijayakusuma menawarkan beragam penawaran investasi bagi proyek-proyek pembangunan dan industri. Contohnya adalah industri udang terpadu, pembangunan fasilitas docking kapal, pembangunan sistem penyediaan air minum dan pengolahan sampah menjadi energi listrik, pengembangan industri kecil, hingga pembangunan berbagai fasilitas industri wisata.

Potensi Semarang untuk Perkembangan Bisnis dan Industri

Semarang memiliki berbagai potensi untuk menjadi pusat industri dan bisnis di Jawa Tengah. Contohnya adalah:

  • Demografi Kaya

Perbandingan hasil sensus dari tahun 2010 hingga 2020 menunjukkan peningkatan populasi serta demografi penduduk yang makin signifikan. Semarang memiliki populasi multietnis serta menjadi salah satu kota favorit pendatang. Lebih dari 60 persen penduduk usia produktifnya bekerja di sektor industri dan perdagangan. Hal ini menjadikan Semarang tempat ideal untuk mengembangkan industri.

  • Industri dan Fasilitas Lengkap

Semarang telah memiliki dasar kuat untuk menjadi pusat industri. Selain akses mudah ke berbagai area, Semarang memiliki sektor industri konstruksi, manufaktur, dan perdagangan. Semarang juga memiliki berbagai pasar, pusat perbelanjaan, serta sistem transportasi yang mendukung pertumbuhan industri.

  • Pertumbuhan Ekonomi yang Bagus

Semarang membuktikan dirinya sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, terutama ketika menghadapi pandemi. Data terakhir Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa Semarang berhasil menunjukkan pertumbuhan ekonomi dari -1,85 persen hingga 5,16 persen antara tahun 2020 hingga 2021. Hal ini menjadikan Semarang sebagai salah satu kota besar penopang ekonomi yang memiliki atmosfer bagus untuk industri.

  • Atmosfer Positif untuk Usaha Rakyat

Usaha rakyat dan UMKM merupakan salah satu sektor penting pendukung ekonomi negara. Atmosfer positif untuk usaha rakyat menandakan kesiapan Semarang untuk mengembangkan sektor industri di semua level. Investasi pada berbagai proyek di Kawasan Industri Wijayakusuma adalah contohnya; mulai dari gula semut organik, pembuatan pakan ternak, pembibitan ikan, hingga usaha ternak seperti kambing, domba, dan sapi perah.

  • Potensi Generasi Baru Pendukung Sektor Industri

Semarang memiliki berbagai fasilitas pendidikan tinggi yang menciptakan generasi terdidik baru untuk mendukung ekonomi, termasuk dalam sektor industri. Universitas terkemuka di Semarang antara lain adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, dan Universitas Muhammadiyah. 

BINUS UNIVERSITY juga hadir melalui BINUS @Semarang yang menghadirkan pendidikan bertaraf internasional yang memadukan teori dan praktik secara seimbang. Lulusan dari Perguruan Tinggi Indonesia BINUS @Semarang didukung untuk memiliki kualifikasi dan kompetensi untuk memasuki dunia kerja, termasuk di bidang industri dan menjadi entrepreneur.

Semarang adalah kota besar dengan berbagai potensi menarik untuk mendukung perkembangan ekonominya. Cerahnya prospek bisnis dan industri di Semarang adalah bukti keunggulannya sebagai salah satu kota pendukung ekonomi negara.