Bicara soal lokasi pengembangan industri potensial di Jawa, Semarang adalah salah satu lokasi paling diminati. Ibu kota Jawa Tengah ini memiliki lokasi strategis, demografi kaya, serta fasilitas pendukung untuk mengembangkan industri dan bisnis. Semarang juga menawarkan atmosfer yang bagus untuk usaha kecil dan menengah.

Hadirnya Kawasan Industri Wijayakusuma juga membuktikan potensi Semarang sebagai salah satu pusat bisnis dan industri di Jawa. Teknologi pun makin mendukung bisnis dan industri terutama dengan hadirnya program digitalisasi UMKM di Semarang.

7 Sektor Bisnis dan Industri Paling Potensial di Semarang

Apa saja sektor bisnis dan industri di Semarang yang paling potensial? Inilah beberapa di antaranya.

  • Agrikultur

Agrikultur masih menjadi salah satu industri potensial di Semarang. Bentang alamnya ideal untuk pertanian kering dan basah sehingga komoditas yang ditanam bisa beragam. Semarang merupakan bagian dari penghasil komoditas tani berkualitas ekspor di Jawa Tengah, dan Pelabuhan Tanjung Emas menjadi fasilitas pendukung usaha ekspor. Contoh komoditas populer antara lain kacang hijau, beras merah, beras organik, dan kopi.

Industri agrikultur Semarang juga didukung oleh investasi asing. Contohnya adalah kehadiran PT Java Agritech di Kawasan Industri Wijayakusuma. Ini adalah perusahaan Jepang yang bergerak di bidang pengolahan hasil tani demi keperluan ekspor.

  • Industri Energi

Semarang merupakan lokasi banyak perusahaan yang bidang kerjanya terkait energi. Contohnya adalah perusahaan perakitan fasilitas penyaluran energi seperti pipa minyak dan gas. Ada juga perusahaan pengeboran atau perusahaan dengan spesialisasi di bidang perawatan dan pengelolaan fasilitas perminyakan dan gas.

  • Konstruksi

Perkembangan area Semarang dan sekitarnya yang cukup pesat mendorong pertumbuhan bisnis konstruksi di kota ini. Berbagai perusahaan konstruksi menawarkan spesialisasi dalam hal membangun hunian, bangunan komersial, hingga bangunan dengan fungsi spesifik seperti pabrik. Kehadiran kawasan industri juga mendorong perusahaan konstruksi untuk terus berkontribusi bagi pertumbuhan kota.

  • Pariwisata

Pariwisata termasuk salah satu potensi industri dan bisnis terbesar di Semarang. Wisata religi dan budaya merupakan salah satu andalan mengingat sejarah serta komunitas multietnis yang ada di kota ini. Berbagai bangunan ibadah bersejarah, festival budaya, wisata alam, wisata sejarah, serta wisata kuliner memberi dampak signifikan bagi pemasukan Kota Semarang.

  • Pengolahan Makanan dan Minuman

Industri pengolahan makanan dan minuman mendapat tempat luas di Semarang, baik dalam skala kecil maupun besar. Selain pabrik besar tempat mengolah makanan dan produk terkait, Semarang juga memiliki banyak UMKM kuliner. Contohnya adalah produsen tempe, olahan bandeng presto, hingga pembuatan jajanan lokal seperti lumpia dan wingko babat. UMKM makanan dan minuman berpotensi besar dalam mendukung ekonomi lokal.

  • Keramik

Semarang merupakan salah satu pusat produksi keramik di Jawa, sehingga keramik menjadi salah satu primadonanya. Keramik juga mendukung berbagai industri kota ini, mulai dari konstruksi hingga kuliner. PT Sango Ceramics adalah contoh produsen keramik unggulan yang telah menghasilkan produk-produk kualitas ekspor. Sango juga menjadi tempat berburu keramik murah bagi warga Semarang, baik untuk pribadi maupun pendukung usaha.

  • Industri Kimia dan Farmasi

Semarang memiliki berbagai perusahaan dan pabrik yang bergerak di bidang pengolahan bahan kimia serta produk farmasi dan yang terkait. Semarang terkenal sebagai salah satu area produksi utama PT Kimia Farma dan berfokus pada pembuatan kosmetika serta edible oils. Produsen jamu dan farmasi ternama PT Sido Muncul juga berlokasi di Semarang.

Selain kedua perusahaan besar tersebut, Semarang memiliki berbagai fasilitas pengolahan bahan kimia dan produk farmasi. Berbagai institusi pendidikan di Semarang juga menyiapkan lulusannya agar memiliki keahlian di bidang industri kimia dan farmasi. Program Industrial Engineering BINUS @Semarang, contohnya, menerapkan pendidikan berkualitas secara teori dan praktik berdasarkan tren industri terkini, serta telah menerima akreditasi dari Engineering Accreditation Commission of ABET.

Ketujuh sektor bisnis dan industri potensial di Semarang ini bukan satu-satunya. Akan tetapi, kontribusi mereka cukup besar baik dalam ekonomi Semarang maupun Indonesia. Investor dan lulusan program unggulan seperti Industrial Engineering BINUS @Semarang bisa mendapat banyak peluang dengan menyasar industri potensial di kota ini.