BINUS BANGUN DESA adalah salah bentuk komitmen BINUS untuk terus membina dan memberdayakan masyarakat demi Indonesia maju. BINUS BANGUN DESA sudah terlaksana di berbagai daerah dimanapun Kampus BINUS berada dan didukung oleh instansi pemerintah pusat, daerah, maupun dinas-dinas terkait.

BINUS telah hadir di Semarang dan tengah menjalankan program BINUS BANGUN DESA di Semarang, Kelurahan Banjardowo. Pengabdian BINUS pada Indonesia, khususnya Semarang di Kelurahan Banjardowo dinyatakan dengan pendampingan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh dosen dan mahasiswa BINUS di desa-desa melalui program (2+1+1) yang terdiri dari 2 tahun kuliah di kampus asal regist BINUS, 1 tahun kuliah di Kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun untuk mengambil salah satu dari 7 Program Enrichment yakni riset, magang di perusahaan, kredensial Mikro, merintis usaha, bekerja sosial, dan juga studi ke luar negeri.

BINUS juga melaksanakan pembinaan kepada UMKM diantaranya pelatihan dan pendampingan, serta pengembangan UMKM, juga memberdayakan rintisan Kampung Jamu sehingga seluruh masyarakat mendapatkan manfaat dari gerakan kepedulian Akademisi bekerjasama dengan Dinas terkait. Hal ini guna mengedukasi masyarakat untuk melakukan Gerakan Sadar Wisata (GSW), sehingga dapat menjadi kegiatan berkelanjutan dan dapat memberdayakan masyarakat Kelurahan Banjardowo.

Suksesnya program ini, tidak luput dari dukungan kemitraan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah; Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Semarang dan Jawa Tengah; serta Dewan Koperasi Wilayah Jawa Tengah. Dengan adanya kemitraan ini, BINUS memiliki kekuatan lebih besar untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat guna menggerakkan ekonomi, sosial, dan lingkungan masyarakat.