BINUS DKV MALANG

Analisis BIlboard McDonald’s : “Follow the Arches”

McDonald’s Sebuah restoran cepat saji terbesar di dunia yang berasal dari AS. McD sudah tidak asing lagi bagi kita karena telah menjadi merek fast food paling populer di indonesia. Tidak hanya menawarkan makanan cepat saji, tetapi juga membangun citra tempat nongkrong anak muda, sarapan praktis untuk pekerja, hingga tempat makan keluarga. Baru-baru ini bahkan McDonald’s telah mengeluarkan iklan billboard baru yang bertema “Follow the Arches”.

 

Iklan McD Follow the Arches adalah sebuah iklan billboard yang  alih-alih menggunakan kata-kata atau gambar produk, mereka menggunakan logo mereka sendiri dengan memecah logo mereka dan mengubahnya menjadi GPS pengemudi atau petunjuk jalan. Hanya dengan menampilkan sepotong lengkung Golden Arches sudah cukup untuk memandu orang ke McDonald’s terdekat tanpa perlu kata-kata sebagai penjelasan. Menurut saya Bilboard ini dibuat tidak hanya sebagai iklan  tapi dirancang sebagai iklan yang memiliki fungsi yang dapat membantu audiens . Selain itu, unmenujukkan betapa besar merk restoran atau kekuatan dari visual branding McD tersebut hingga orang-orang dapat mengenalinya bahkan hanya sepotong dari logo yang di tampilkan. Dari iklan Mc Dini dapat dibuktikan bahwa identitas mereka yang kuat tentunya mampu membangun komunikasi yang efektif tanpa kata/narasi tambahan.

 

Selain itu, gaya desain minimalis dan simple dari iklan McDonald’s sangatlah menarik karena tanpa perlu adanya penjelasan  orang-orang yang melihatnya paham apa yang ingin disampaikan dari iklan tersebut . Pengunaan warna merah dan kuning dengan gaya desain yang minimalis dan memanfaatkan white space dengan baik adalah gaya desain yang  sudah digunakan McD sejak dulu dan telah manjadi  desain yang iconic juga familiar di mata para konsumer. Desain ini juga menunjukkan bagaimana mcdonalds ingin para pelangannya melihat produk mereka lebih dari brand mcdonalds itu sendiri.

 

Dari segi kretivitas, iklan ini menujukka bahwa elemen visual sederhana dapat memiliki dampak yang besar. Dengan hanya menggunakan potongan logo , McD berhasil meciptakan system navigas yang efektif. Menujukkan bahwa desain yang baik tidak perlu terlalu banyak dekorasi atau kata-kata karena desain yang sederhana namun cerdas dapat meningkatkan fungsi iklan selain sebagai media promosi tetapi juga menjadi alat bantu yang berguna bagi konsumen.Bilboard ini menujukkan bahwa kekuatan desain dapat berbicara tanpa kata.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://www.cossette.com/en/work/mcdonalds-follow-the-arches

https://www.dandad.org/awards/professional/2018/outdoor-advertising/26586/follow-the-arches/

https://marketingmaverick.io/p/follow-the-arches-campaign-by-mcdonald-s

 

 

 

 

 

 

Ahmad Athar Fazl Hidayat