BINUS DKV MALANG

McDonald’s : “Sundial Billboard”

Iklan billboard makanan ini cukup menarik yang menonjolkan kreativitasnya, iklan ini berasal dari Perusahaan  makanan terbesar yaitu McDonal’s bernama Sundial Billboard yang diluncurkan di Chicago, Amerika Serikat. Billboard ini tidak sama dengan billboard pada umumnya yang hanya menampilkan sebuah gambar maupun teks, tetapi billboard ini memanfaatkan sebuah sinar matahari dalam desainnya.

Billboard ini dibuat dengan sistem seperti layaknya sebuah jam matahari (Sundial), yang dimana sebuah jarum besar (gnomon) menempel pada billboard dan bayangnya bergerak mengikuti waktu matahari, dan disekeliling papan terdapat ikon menu yang ada di McDonald’s, seperti Egg Mcmuffin, Hash Brown, Big Mac,  hingga McFlurry yang disusun membentuk lingkaran waktu, mencerminkan menu sepanjang hari. Ketika matahari sedang bergerak, banyangan itu menunjuk pada jarum pada menu yang tepat sesuai waktu, seperti pada saat pagi hari jarum jam akan menunjuk pada menu Egg McMuffin dan pada siang hari jarum jam menunjukan pada menu Big Mac.

Kekuatan utama yang terdapat pada billboard ini adalah pada interaktivitas pasif dan keterlibatan alamiah dengan lingkungan sekitar. Alih – alih sekedar menyampaikan sebuah iklan secara statis, McDonald’s mengunakan matahari sebagai bagian dari narasai visual. Yang menjadikan billboard bukan hanya sebagai alat promosi, tetapi juga membuat pengalaman unik yang informatif, menghibur dan juga inovatif.

Dari segi strategi pemasaran, billboard ini menyampaikan beberapa pesan penting sekaligus, yang pertama McDonald’s menyediakan menu yang berbeda untuk setiap waktunya, yang kedua yaitu merek ini relevan untuk digunakan sepanjang waktu dan untuk yang ketiga, mereka berani membuat sebuah iklan yang tidak biasa atau berbeda dengan yang lainnya, semua ini dilakukan dengan tetap mempertahankan kesederhaan desain dan daya tarik visual yang khas dari McDonald’s.

Efektivitas kampanya ini terbukti dari sekian banyaknya perhatian media dan pengguna media sosial. Billboard ini menjadi viral bukan hanya karena visualnya tapi juga karena kreativitas konsep yang digunakan dan juga Teknik penyampaiannya yang jarang sekali di gunakan dalam periklanan pada luar ruangan. Hal ini menunjukan bahwa Ketika kreativitas bertemu dengan elemen fungsional dan estetis, yang hasilnya dapat menjadi lebih berkesan dan unik.

Muhammad Fahrian Hilmi