4 W 1 H

Pilar Utama dalam Bisnis

Dalam bisnis, kita mengenal pilar-pilar utama bisnis, yaitu marketing (pemasaran), finance (keuangan), dan operations (operasional/produksi). Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda namun saling berkaitan satu sama lain. Namun, sebuah bisnis atau organisasi tidak akan bisa menjalankan fungsi operasional maupun keuangan jika kegiatan pemasaran tidak berjalan efektif.

Peran Penting Pemasaran

Mengapa demikian? Perlu diketahui bahwa kegiatan pemasaran merupakan salah satu cara yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk mengenalkan nilai produk, mengajak, membujuk, serta mengingatkan konsumen terhadap sebuah produk atau brand. Jika kita berhasil mengenalkan produk atau brand kepada konsumen, dan konsumen menjadi sadar (aware) terhadap produk atau brand tersebut, maka akan muncul perilaku konsumen mulai dari minat hingga keputusan untuk mengkonsumsi produk atau brand secara berulang. Jika hal itu terjadi, maka kegiatan operasional dan keuangan akan dapat beroperasi secara efektif pula.

Strategi Pemasaran dan Media Komunikasi Efektif

Membahas kegiatan pemasaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan media komunikasi yang efektif untuk digunakan. Selain menggunakan strategi pemasaran 4P (product, price, place, dan promotion), kita dapat menggunakan strategi pemasaran lain dengan mengaplikasikan 4W 1H, yaitu:

  1. Who (Siapa)
    Tentukan siapa yang akan menjadi target pasar kita. Seperti apakah model komunikasi yang sesuai dengan target pasar tersebut?
  2. Where (Di mana)
    Di mana attention focus dari target pasar kita? Misalnya, jika target kita adalah pelajar atau mahasiswa, di mana mereka biasanya memusatkan perhatian terhadap suatu informasi? Media apa yang biasa digunakan atau mudah dijangkau oleh target pasar? Contohnya adalah radio, media sosial, lokasi hangout, komunitas yang sering dikunjungi, dan sebagainya.
  3. What (Apa)
    Apa yang akan Anda kenalkan? Topik atau kasus apa yang sedang menjadi perhatian atau fokus mereka? Apakah produk/jasa dari brand Anda bisa membahas atau menyelesaikan topik tersebut?
  4. Why (Mengapa)
    Apa alasan yang membuat konsumen mau menggunakan produk atau jasa dari brand Anda? Mengapa harus produk atau jasa Anda?
  5. How (Bagaimana)
    Bagian ini adalah poin terakhir untuk menentukan bagaimana agar komunikasi yang Anda pilih bisa secara efektif menjawab pertanyaan Why sebelumnya. Apakah harus menggunakan media iklan konvensional, dikombinasikan dengan iklan di media sosial maupun media cetak, dan lain-lain.

4W 1H akan membantu Anda menentukan media komunikasi yang efektif dan tepat sasaran apabila pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab dengan tepat. Media komunikasi yang tepat dan efektif dapat membantu meringankan biaya pemasaran. Jadi, sudahkah Anda menerapkan strategi 4W 1H dalam bisnis Anda?

Referensi

Philip Kotler. (2018). Principles of Marketing (Edisi ke-17). Pearson Education Limited, Harlow. ISBN: 9781292220178.