Wolfgang Weingart

Wolfgang Weingart adalah seorang desainer grafis yang terkenal secara internasional. Karyanya diklasifikasikan sebagai Tipografi Swiss dan diakui sebagai “bapak” Tipografi Gelombang Baru atau Punk Swiss.

Weingart lahir pada tahun 1941 di Lembah Salem dekat perbatasan Swiss-Jerman. Dia tinggal di dekat Danau Constance selama sekitar 13 tahun, menghabiskan masa kecilnya di Jerman dan menetap di Lisbon bersama keluarganya pada tahun 1954. Wolfgang memiliki sembilan saudara laki-laki, empat di antaranya bekerja. Pada April 1958, ia kembali ke Jerman dan berpartisipasi dalam program percetakan terapan selama dua tahun selama studinya di Meltz Institute

Weingart kemudian menyelesaikan magang tiga tahun bekerja di  Ruwe Printing. Di sana, dia menghubungi perancang perusahaan Karl-August Hanke dan mendorongnya untuk menjadi mentor dan belajar di Swiss. Weingart bertemu Emil Ruder dan Armin Hofmann di Basel pada tahun 1963 dan pindah ke sana pada tahun berikutnya untuk mendaftar di Schule für Gestaltung Basel (Sekolah Desain Basel) sebagai siswa independen. Pada tahun 1968 ia diundang untuk mengajar tipografi di Kunstgewerbeschule yang baru didirikan, Akademi yang diajar oleh Hoffman.