Teknologi selalu berkembang, dalam perkembangannya selalu mengalami perubahan. Dimasa lalu perkembangan teknologi masih bisa diikuti semua orang. Perlahan teknologi berubah menjadi lebih baik dan komplek. Proses perubahan yang perlahan menunjukkan perkembangan teknologi dalam kategori evolusi.

Seiring waktu pekembangan teknologi semakin cepat, perubahannya semakin sulit diikuti kemampuan manusia.  Banyak orang yang dulu bisa menyebutkan jenis dan merek mobil diseluruh dunia, tetapi sekarang belum tentu seorang pakar dibidang otomotif sekalipun mampu melakukan hal itu. Contoh ini menunjukkan bagaimana cepatnya perubahan teknologi. Bukan lagi sebagai sebuah proses evolusi, tetapi sudah mengarah kepada revolusi. Perubahan yang begitu cepat sudah tidak lagi mampu dibandingkan dengan kemampuan manusia.

Revolusi teknologi yang cepat dan komplek disebabkan adanya fenomena snow ball dalam perkembangannya.  Teknologi satu berkembang memicu perkembangan teknologi yang lain, bahkan bisa memunculkan teknologi yang baru. Disinilah gulungan bola salju itu menggelinding semakin besar dari waktu kewaktu, semakin baik, komplek, luas, detail dan masih banyak lagi yang tidak terkatakan.

Lantas apa pengaruhnya terhadap kehidupan manusia? Ketidakmampuan manusia mengikuti semua perkembangan teknologi menjadikannya harus memilih mana yang harus dikuasai. Pada akhirnya akan terjadi spesialisasi kemampuan seseorang. Masing-masing akan berusaha menguasai teknologi sesuai kebutuhan terbesar yang diinginkannya. Untuk hal lain mereka bisa memanfaatkan kemampuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Tentu semua dengan imbal balik yang disepakati. Spesialisasai dibutuhkan dan akan saling membutuhkan. Disinilah pada akhirnya akan muncul peluang-peluang usaha baru yang menjanjikan.

Salam Sukses-KL