E-Management: Implementasi Teknologi Informasi untuk Manajemen
E-management atau e-manajemen atau eManagement atau electronic management atau manajemen elektronik adalah penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan manajemen pemerintahan atau wirausaha dengan merampingkan proses bisnis pemerintah atau wirausaha dan meningkatkan arus informasi dalam pemerintahan atau wirausaha (Aikins, 2008). E-management juga dapat dimaknai sebagai peningkatan manajemen pada masyarakat melalui penyediaan informasi operasional dasar untuk pemerintah daerah di situs web (Abdelsalam, Reddick, & ElKadi, 2012). E-management juga mengacu pada apa yang disebut sebagai sistem organisasi back-office. E-managent yang seringkali sebagai bagian dari inisiatif e-government dalam ranah ini berhubungan terutama dengan peningkatan manajemen dari penyederhanaan proses internal hingga aliran informasi lintas departemen (Kardaras & Papathanassiou, 2008). E-management juga mengenai tentang pengelolaan suatu proses serta sumber daya dengan menggunakan suatu jaringan teknologi komunikasi (Braye & Evans, 2007).
Konsep eManagement digagas oleh Francis Ohanyido sebagai suatu bagian konsep baru yang sedang tumbuh guna melengkapi gagasan e-governance. E-management juga mengulas adanya suatu proses sistematis untuk mengumpulkan beberapa orang guna meraih suatu target yang diharapkan. eManagement tersusun dari elemen perencanaan, kepegawaian, pengorganisasian, mengarahkan ataupun memimpin, serta mengendalikan suatu organisasi maupun tindakan guna meraih suatu tujuan melalui distribusi teknologi infomasi komunikasi serta optimalisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber daya keuangan (Definition of, 2020).
Publikasi ilmiah tentang e-management tingkat internasional pertama kali muncul pada tahun 1962. Sejak saat itu hingga tahun 2019 ada sekitar 711 publikasi yang mengulas e-management menurut database Scopus. Publikasi e-management ini dilakukan oleh sekitar 159 peneliti dari 160 lembaga penelitian di 83 negara lebih (Purnomo & Susanti, 2020).
Referensi
Abdelsalam, H. M., Reddick, C. G., & ElKadi, H. A. (2012). Egyptian Local Government Website Portals. In Handbook of Research on E-Government in Emerging Economies (pp. 20–36). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-0324-0.ch002
Aikins, S. K. (2008). Issues and Trends in Internet-Based Citizen Participation. In Handbook of Research on Public Information Technology (pp. 31–40). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-59904-857-4.ch004
Braye, R., & Evans, E. (2007). Leadership and Human Resources Training in Rwanda. In Handbook of Research on Electronic Collaboration and Organizational Synergy (pp. 664–678). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-60566-106-3.ch044
Definition of. (2020). eManagement. Retrieved September 3, 2020, from https://www.definition-of.com/eManagement
Kardaras, D. K., & Papathanassiou, E. A. (2008). An Exploratory Study of the E-Government Services in Greece. In Handbook of Research on Public Information Technology (pp. 162–174). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-59904-857-4.ch016
Purnomo, A., & Susanti, T. (2020). E-management Publication Dataset from 1962 to 2019. https://doi.org/10.17632/gk89pwmn8p.1
Comments :