Adaptasi adalah salah satu kata yang sangat popular dimasa pendemi Covid19 ini. Semua mengatakan, harus bisa beradaptasi untuk menghadapi Covid19. Keadaan berubah begitu cepat, tidak bisa diprediksi, dan tidak bisa dikendalikan. Perubahan ini menjadikan kita semua hanya mampu beradaptasi.  Ya, hanya beradaptasi, mengikuti kemana arah perubahan, dan keputusan didasarkan pada situasi terakhir. Kondisi seperti ini tidak mudah untuk dikelola. Siapapun tidak bisa membuat rencana jangka panjang karena tidak tahu apa yang akan terjadi besok, bulan depan, apalagi  tahun depan.  Rencana yang sudah disiapkan harus berubah-ubah menyesuaikan kondisi terakhir. Tidak tahu apa yang harus dilakukan, pasrah, menyerah dan putu asa, itulah yang akhirnya banyak terjadi.

Gambaran yang sama tentu terjadi dibidang bisnis. Penjulan menurun, produksi berhenti, PHK, dan kebangkrutan adalah hal yang tidak bisa dihindari dimasa pandemi Covid19. Keluhan para entrepreneur dengan cepat berubah menjadi jeritan kebangkrutan. Usaha yang dirintis bertahun-tahun harus gulung tikar dalam beberapa bulan. Bagi yang tetap menjalankan usaha bukan karena ada harapan, tapi hanya merasa kasihan kepada karyawan. Sama seperti yang lain mereka hanya menunggu waktu, dengan berharap Covid19 segera berakhir. Keputusasaan banyak menghantui mereka, karena tidak ada satupun yang tahu kapan ini akan berakhir.

Menghadapi situasi seperti ini apa yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur? Beradaptasi dan melangkah maju, itulah jalan keluar yang bisa diambil. Dalam kondisi yang serba tidak jelas, menunggu dan melihat situasi bukanlah langkah tepat. Entrepreneur harus bisa cepat menangkap perubahan dan menjadikan peluang. Seperti sudah banyak dibicarakan dalam dunia entrepreneurship, seorang entrepreneur harus mampu menghadapi perubahan yang cepat. Dengan bahasa lain, salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah kemampuan beradaptasi.

Memang, tidak ada jaminan seorang entrepreneur selalu bisa beradaptasi dengan tepat, tetapi berani melangkah adalah suatu tindakan yang akan menghalangi keinginan menyerah. Kegagalan beradaptasi akan memunculkan kemampuan beradaptasi lebih baik lagi, Pada akhirnya mereka yang memiliki banyak pengalaman beradaptasi akan mudah mengikuti perubahan situasi. Terbukti dalam masa pandemi Covid19 ini ada entrepreneur yang mampu bertahan bahkan berkembang. Mereka beradaptasi dengan situasi ini melalui beberapa cara, ada yang beradaptasi dengan merubah produk, proses produksi, manajemen keuangan dan banyak lagi lainnya. Faktanya, mereka yang mampu beradaptasi dan berani melangkah bisa bertahan, bahkan ada yang berkembang. Berita dan cerita sukses entrepreneur dimasa pandemi Covid 19 yang tersebar diberbagai media, adalah bukti peran adaptasi dan keberanian melangkah yang riil dimasyarakat.  Salam Sukses-KL