“Baik pak, siap!” begitulah jawaban para asisten Lab Content Production Binus University @Malang ketika Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Bobie Hartanto, S.I.Kom., M.A. meminta mereka untuk membantu proses produksi salah satu konten Binus TV Jakarta. Beberapa kru Binus TV memang sengaja datang jauh-jauh dari Jakarta ke Malang untuk membuat konten yang akan ditayangkan pada bulan Ramadhan nanti. Tahun ini, Binus TV memilih kota Malang dan Batu sebagai tempat untuk pembuatan konten. Tentu saja kesempatan ini sekaligus digunakan untuk memperkenalkan kampus Binus University @Malang.

“Di Batu tempat wisatanya seru-seru, kalo di Jakarta mah kita udah bosen ke Ancol mulu,” Ujar salah satu kru Binus, Shania.

Sejak Senin 17 Februari 2020, kru Binus TV sudah tiba di Malang dan memulai proses produksi di Kota Batu. Beberapa tempat wisata ternama di Batu seperti Jatim Park 1 hingga 3, Museum Angkut, dan Alun-Alun Batu tak lupa mereka kunjungi untuk pembuatan konten.

Proses produksi pun dilanjutkan di Kota Malang setelah shooting selama beberapa hari di Batu telah usai. Saat shooting dilakukan di kampus Binus University @Malang, tentu Asisten Lab Content Production tak mau ketinggalan dalam proses pembuatan konten. Mereka juga menyediakan seorang talent yang siap menjadi co-host sepanjang acara.

Host utama program ini adalah Ridho dari Binus TV. Ia ditemani oleh Eny, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Binus University @Malang, sebagai co-host. Sementara itu, kru dari Binus TV Jakarta terdiri dari tiga anggota yaitu Tia, Putra, dan Shania. Mereka mendapat bantuan dari Haifa untuk melakukan proses produksi.

Agenda pada hari Senin tanggal 24 tersebut yakni mengunjungi tempat-tempat kuliner legendaris yang ada di Kota Malang, di antaranya adalah Sate Gebug, Ronde Titoni, dan Puthu Lanang. Seharusnya kru Binus TV Jakarta juga melakukan proses produksi di Kampung Warna Warni Jodipan, namun karena kendala oleh cuaca, proses produksi di tempat tersebut ditunda hingga keesokan harinya. Selain itu, Warung Puthu Lanang juga sedang tidak berjualan pada hari tersebut sehingga proses produksi akhirnya ikut dipindahkan ke keesokan harinya.

Continue

Penulis: Haifa Imansyah (Binusian Communication 2022)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.