Bisnis keluarga memiliki beberapa variasi yang cukup luas baik dari segi ukuran bisnis, jenis industry bisnis tersebut, serta bentuk dan tingkat keterlibatan anggota keluarga dalam bisnis keluarga. Thomas Zellweger (2017) menjelaskan beberapa kekuatan yang dimiliki sebuah Bisnis Keluarga yaitu; minim konflik kepentingan antara pemilik dengan manajer, kepemimpinan yang efisien, keunggulan sumberdaya, pencapaian dan tujuan jangka Panjang, budaya komitmen serta support, dan reputasi serta identitas.

Salah satu kekuatan penting dari bisnis keluarga adalah minimnya konflik kepentingan antara pemilik perusahaan dengan manajer, hal ini dikarenakan pemilik dan manajer merupakan orang-orang yang berasal dari keluarga yang sama. Hal ini terjadi karena kesamaan keluarga menimbulkan kesamaan kepentingan yaitu mengembangkan bisnis keluarga, sehingga akan menyebabkan lebih sedikit konflik kepentingan antara pemilik dan manajer. Karena masih anggota keluarga yang sama maka kekuatan selanjutnya adalah kepemimpinan yang efisien, minimnya konflik kepentingan juga menurunkan biaya yang muncul dari agency cost. Selain itu pengambilan keputusan juga menjadi lebih cepat dan efisien karena anggota keluarga memiliki posisi penting dalam perusahaan dan sudah mendapat kepercayaan diantara anggota keluarga yang lainnya.

Kekuatan selanjutnya adalah bisnis keluarga memiliki keunggulan sumberdaya, salah satu contohnya adalah keunggulan di divisi keuangan yang mana bisnis keluarga cenderung akan memiliki investor modal yang sangat loyal dan bersabar terhadap perkembangan bisnis tersebut yaitu anggota keluarga itu sendiri. Hal ini pula yang menjadi kekuatan selanjutnya, yaitu karena investor lebih sabar terhadap perkembangan bisnis maka bisnis keluarga cenderung mengejar tujuan jangka panjang. Keterlibatan anggota keluarga dalam perusahaan memberikan keuntungan bagi bisnis keluarga yaitu kuatnya komitmen dan dukungan terhadap perusahaan karena adanya rasa memiliki perusahaan tersebut. Semoga Bermanfaat.

Berkah Dalem,

 

Yoseph Benny Kusuma, S.M.,M.SM.

 

Sumber:

Thomas Zellweger. (2017). Managing Family Business. Edward Elgar. ISBN: 978 1 78347 069 3.