Big data series 2 – Beberapa Contoh Manfaat Bisnis Ketika Menerapkan Analytics Big Data Dalam Bisnis – Copy
Pada post artikel sebelumnya, tentang: Pengenalan Singkat Tentang Big Data Analytics, dikatakan bahwa data tidak berguna apabila tidak memberikan nilai bisnis, dan supaya data mampu memberikan nilai bisnis, data harus di-analisa
Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh kecil dalam penerapan analisa data dalam bisnis dan apa nilai (manfaat) bisnisnya.
Analisa tentang segmentasi pelanggan.
Problem bisnis: Pelanggan kita berada di segmen market yang mana? Apa saja karakteristik mereka?
Nilai bisnis: Untuk membuat personalisasi hubungan dengan pelanggan (customer relationship) untuk kepuasan yang lebih baik dan retensi.
Analisa tentang kecenderungan membeli.
Problem bisnis: Pelanggan mana saja yang paling cenderung merespon promosi kita?
Nilai bisnis: Untuk membuat target yang tepat pada pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka untuk meningkatkan ‘loyalty’ mereka ke lini produk kita. Selain itu, meningkatkan efisiensi ‘campaign’ kita dengan hanya berfokus pada orang-orang yang paling cenderung untuk merespon/membeli.
Analisa tentang profitabilitas pelanggan.
Problem bisnis: Bagaimana durasi profitabilis dari pelanggan kita?
Nilai bisnis: Untuk membuat keputusan interaksi bisnis individu berdasarkan pada keseluruhan profitabilitas pelanggan kita.
Analisa tentang deteksi kecurangan.
Problem bisnis: Bagaimana kita tahu transaksi mana saja yang cenderung curang?
Nilai bisnis: Untuk menentukan dengan cepat kecurangan dan mengambil tindakan segera untuk meminimalkan kerugian.
Analisa tentang pengurangan pelanggan.
Problem bisnis: Pelanggan mana yang berisiko untuk pergi/berhenti?
Nilai bisnis: Untuk mencegah kerugian karena para pelanggan utama (pelanggan yang bernilai tinggi) pergi dan membiarkan pelanggan yang bernilai rendah saja yang pergi.
Analisa tentang optimasi channel.
Problem bisnis: Channel/saluran apa yang terbaik untuk menjangkau pelanggan kita pada masing-masing segmen?
Nilai bisnis: Digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan berdasarkan pada prefernsi mereka dan kebutuhan kita dalam mengelola biaya.
Comments :