Jurusan Digital Psychology di BINUS @Malang! Program Unik yang Memadukan Computer Science dan PsychologyPic by Freepik

Era digital yang semakin berkembang pesat. Selain memberikan banyak manfaat, ternyata juga memberi dampak yang luar biasa bagi kesehatan mental individu dan masyarakat yang tidak boleh diabaikan. Sebab saat ini, orang-orang semakin rentan dengan terkena stress, gangguan kecemasan, hingga kecanduan akibat penggunaan teknologi yang berlebihan. Untuk itu, BINUS @Malang kini membuka jurusan Digital Psychology untuk generasi yang lebih baik.

Apa Itu Program Digital Psychology

Manusia dan teknologi saat ini saling berinteraksi dan mempengaruhi mengikuti dinamika manusia dan kebutuhan manusia juga semakin berkembang selaras dengan kehadiran teknologi di tengah-tengah kehidupan. Keinginan manusia untuk mendapatkan informasi secara cepat juga mendorong perkembangan teknologi internet yang menumbuhkan kebutuhan informasi yang tidak hanya bisa diperoleh cepat, namun juga berkualitas.

Perkembangan teknologi yang semakin masif ini nyatanya membawa dilema sendiri bagi manusia. Tidak jarang beberapa produk teknologi, baik itu games maupun aplikasi yang kemudian justru membawa dampak negatif pada penggunanya.

Banyak juga pembahasan dari berbagai bidang ilmu tentang sejumlah dampak dan manfaat teknologi ini, seperti Psikologi misalnya. Sebagai bidang ilmu yang mendalami perilaku dan proses mental manusia, kontribusi psikologi sangat dibutuhkan untuk pengembangan teknologi yang tidak hanya membahas dampak penggunaannya saja.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi ini, maka ilmuwan psikologi dan praktisi perlu memahami berbagai prinsip dalam komputasi dan pemrograman (topik yang dipelajari di bidang ilmu komputer). Menjawab kebutuhan ini, maka BINUS @Malang meresmikan program studi (prodi) terbaru yang gabungan cabang ilmu teknologi dan psikologi, yaitu Digital Psychology.

Jurusan Digital Psychology merupakan salah satu dari empat prodi terbaru yang diluncurkan oleh BINUS UNIVERSITY yang menerapkan sistem double degree. Di jurusan ini, mahasiswa akan mendapat materi tentang dasar-dasar ilmu tenta psikologi dengan ilmu komputer secara bersama-sama.

Di semester awal, kuliah jurusan Digital Psychology ini mempelajari tentang prinsip-prinsip efektif, dasar perilaku serta kognitif manusia dan juga struktur data, komputasi dan perangkat lunak. Secara bertahap, mahasiswa juga mempelajari tentang penerapan prinsip psikologi terhadap pengembangan intervensi perilaku dengan berdasarkan hasil komputasi sekaligus bagaimana komputasi mampu memetakan perilaku individu.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam pengembangan software yang difokuskan untuk kesehatan mental dan juga untuk pengolahan data riset.

Para lulusan jurusan Digital Psychology nantinya bisa menjadi profesional di ranah psikologi yang memiliki kemampuan menganalisis daya perilaku dan pengembangan software guna meningkatkan kesejahteraan secara mental kepada masyarakat.

Kurikulum Digital Psychology

Program Digital Psychology dari BINUS ini dirancang untuk bisa memenuhi tujuan utamanya, yaitu memadukan dua cabang ilmu, yaitu ilmu Psychology dan Computer Science untuk pengembangan teknologi. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan keterampilan psikologi bisa menciptakan aplikasi atau layanan berbasis teknologi yang mampu menjaga sekaligus meningkatkan kesejahteraan mental bagi penggunanya.

Jurusan ini memang diharap bisa menjadi pelopor untuk mengintegrasikan teknologi digital dengan ilmu psikologi. Khususnya untuk pemanfaatan data dan artificial intelligence (AI) demi kesejahteraan mental manusia.

Prospek Karir Digital Psychology

Sesuai dengan namanya, kurikulum yang digunakan untuk program studi ini adalah menggabungkan antara ilmu psikologi dan ilmu komputer. Jadi setelah lulus, para mahasiswa jurusan ini bisa menciptakan solusi yang berbasis teknologi untuk mendukung kesejahteraan mental manusia secara global.

Sebagai program ganda atau gabungan dari dua bidang ilmu, maka durasi perkuliahan untuk jurusan Digital Psychology ini adalah 4,5 tahun. selama menjalani perkuliahan, kamu akan mendapatkan ilmu yang berupa teori dan juga praktik yang komprehensif agar ketika lulus nanti, kamu sudah siap terjun ke industri.

Hal ini  berkat ada banyaknya pilihan enrichment track yang mendukung pembelajaran di dalam ruang kelas. Contohnya magang di perusahaan besar, berpartisipasi dalam program riset, kuliah di luar negeri dan masih banyak pilihan lainnya yang ditawarkan oleh BINUS @Malang.

Para lulusan jurusan ini juga bisa menjadi profesional dalam menganalisis data, pengembangan sistem atau program hingga praktisi psikologi yang terampil memanfaatkan teknologi analisa data. Selain itu, inilah beberapa profesi yang bisa kamu geluti di masa depan.

  • Asisten psikolog.
  • Data scientist.
  • Konselor psikologi.
  • Social media analyst.
  • Behavioral scientist.
  • UX designer.
  • Profesional atau konsultan di bidang pendidikan, kesehatan, industri maupun komunitas.
  • Software atau AI engineer untuk sebuah aplikasi maupun game tentang perilaku.
  • Pelaku usaha mandiri.

Metode Pembelajaran Digital Psychology

Digital Psychology memiliki peran penting dalam transformasi pendidikan. Jurusan ini juga bisa menjadi wadah bagi generasi penerus agar bisa mengembangkan potensi yang dimiliki di bidang digital dan psikologi. Termasuk juga perannya dalam memajukan dunia data dan AI dalam memahami perilaku individu di era serba digital seperti sekarang ini.

Melalui pemanfaatan teknologi digital, psikologi digital kini bisa memberikan lingkungan pembelajaran yang yang saling terhubung dan terintegrasi, mendukung pembelajaran yang kolaboratif, memfasilitasi pembelajaran sepanjang hayat, meningkatkan pembelajaran secara personal dan adaptif hingga memperluas penilaian dan pemantauan terhadap kemajuan siswa.

Memasuki era dimana teknologi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan, Digital Psychology nyatanya berperan penting dalam pemanfaatan potensi teknologi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, Digital Psychology juga dapat mendorong kualitas pendidikan dan membentuk pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zamannya.

Persyaratan Khusus Program Digital Psychology

Sebenarnya tidak ada persyaratan yang berat untuk masuk jurusan Digital Psychology di BINUS  @Malang. Namun untuk persyaratan khususnya, jurusan ini ditujukan untuk mereka yang lulusan SMA jurusan IPA, SMK dan atau kurikulum merdeka.

Buat kamu yang ingin kuliah jurusan Digital Psychology, BINUS Malang bisa menjadi pilihan sangat tepat. Dapatkan berbagai informasi seputar jurusan Digital Psychology melalui website resmi berikut ini.