14 Daftar Universitas Negeri dengan Jurusan Bisnis Digital Terbaik Versi BAN-PT

Prospek karir dalam bidang bisnis digital kian tinggi sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal inilah yang menyebabkan banyak perguruan tinggi membuka jurusan Bisnis Digital, khususnya PTN. Bisnis digital sendiri adalah jurusan yang memfasilitasi mahasiswanya agar memiliki kemampuan untuk bisa berdaya saing global. Tertarik dengan jurusan ini? Yuk cari tahu PTN dengan jurusan Bisnis Digital terbaik dalam artikel ini!

Universitas Negeri dengan Akreditasi Terbaik Versi BAN-PT

Diantara banyak PTN yang memiliki jurusan Bisnis Digital, berikut 14 jurusan bisnis digital PTN yang sudah memiliki akreditasi terbaik dari BAN-PT.

1. Politeknik Negeri Bali

PTN yang ada di Pulau Dewata ini memiliki jenjang pendidikan yang telah terakreditasi Baik Sekali. Prodi Bisnis Digital di Politeknik Negeri Bali memiliki visi menjadi prodi terdepan yang berdaya saing internasional di tahun 2030 dalam bidang bisnis digital. PTN ini fokus pada pengembangan keunggulan keahlian terapan menggunakan pendekatan ekraf dalam industri pariwisata serta pengelolaan perkantoran bisnis digital.

2. Institut Teknologi Kalimantan

PTN dengan jenjang S1 ini telah terakreditasi Baik dan ditujukan untuk menciptakan sebuah kolaborasi antara bisnis dan teknologi serta keilmuan dalam upayanya menciptakan SDM  berkualitas di era industri 4.0. Ada beberapa fokus peminatan yang bisa dipelajari yaitu Digital Business Development, Digital Marketing, Business Consultant, Data Scientist serta Digital Entrepreneur.

3. Politeknik Negeri Jember

Polije memiliki jenjang D4 dengan akreditasi Baik. Raihan akreditasi yang diperoleh Polije menjadi pembuktian visi Polije yang ingin menjadikan Polije sebagai Politeknik Unggul tahun 2035 di Asia. Jurusan Bisnis Digital di Polije ditujukan untuk memperkuat kolaborasi dalam berbagai bidang seperti startup, bisnis kreatif digital, agro, pengembangan desa, serta ekowisata yang berbasis digital yang ada di pedesaan terkhusus dalam bidang pertanian.

4. UPN Veteran Jawa Timur

PTN dengan jenjang S1 yang telah terakreditasi Baik ini menjadi salah satu PTN favorit di Jawa Timur. Jurusan Bisnis Digital menjadi salah satu jurusan favorit disini dengan visi menjadi prodi yang unggul dalam bidang Intelligent Business di era industri 4.0. UPN Veteran awalnya adalah perguruan tinggi swasta, namun pada tahun 2014 resmi berubah menjadi perguruan tinggi negeri.

5. Politeknik Negeri Banyuwangi

PTN dengan jurusan S1 Terapan Bisnis Digital ini memiliki akreditasi Baik. Prodi ini akan memberikan banyak keterampilan serta pengetahuan praktis dalam bidang bisnis digital. Prodi ini berfokus pada analisis data bisnis, strategi pemasaran digital, keamanan informasi, dan manajemen proyek teknologi informasi.

6. Universitas Bangka Belitung

Bagi kamu yang berada di Sumatera, PTN ini bisa jadi salah satu yang direkomendasikan. Memiliki jenjang S1 yang telah terakreditasi Baik, prodi Bisnis Digital UBB memiliki visi menjadi prodi yang unggul dengan pendidikan, penelitian serta pengabdian dalam menghadapi perkembangan era digitalisasi di tingkat nasional serta internasional yang dilandasi dengan nilai moral, mental serta intelektual di tahun 2035.

7. Universitas Lampung

PTN dengan jenjang S1 ini juga telah mendapatkan akreditasi Baik dari BAN PT. Bagi kamu yang berkeinginan menjadi ahli dalam bidang bisnis digital, kamu bisa mendaftar ke kampus ini lewat tiga jalur yakni prestasi, kerja sama atau reguler.

8. Universitas Diponegoro

UNDIP memiliki jenjang S1 dengan akreditasi baik dari BAN-PT. Selain itu UNDIP juga pernah menduduki peringkat pertama dalam THE Asia Universities Summit pada tahun 2022 lalu. Prodi Bisnis Digital UNDIP berbasis teknologi dan berkarakter kewirausahaan yang mana didalamnya fokus pada pembelajaran, penelitian, kolaborasi serta inovasi dalam bisnis digital.

 Baca Juga: Jurusan Bisnis Digital: Mata Kuliah, Keahlian, dan Prospek Kerjanya

9. Politeknik Negeri Banjarmasin

PTN ini memiliki akreditasi Baik untuk jenjang D4 Bisnis Digital. Politeknik Negeri Banjarmasin juga menjadi salah satu rujukan bagi kamu yang ingin berkarir dalam bidang bisnis digital karena banyaknya prestasi yang pernah diraih.

10. Universitas Sebelas Maret

Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan bisnis digital PTN, UNS adalah pilihan yang tepat. Prodi Bisnis Digital UNS akan memiliki kontribusi tinggi pada pengembangan keilmuan khususnya dalam bidang tata kelola digital, keuangan digital serta pemasaran digital.

11. Universitas Negeri Medan

PTN ini telah mendapatkan akreditasi Baik dari BAN-PT dan menjadi rujukan bagi kamu yang tinggal di Sumatera. Bagi kamu yang berminat berkarir dalam bidang bisnis digital seperti business creator, pengusaha, ataupun konsultan bisnis, kamu bisa mendaftar ke Universitas Negeri Medan.

12. Universitas Negeri Makassar

Berdomisili di Sulawesi namun ingin berkarir dalam bidang bisnis digital? Kamu bisa mendaftar ke Universitas Negeri Makassar. PTN ini memiliki jenjang S1 yang sudah terakreditasi Baik sehingga layak disandingkan dengan PTN negeri lainnya.

13. Universitas Negeri Jakarta

Bagi kamu yang ingin kuliah Bisnis Digital, Universitas Negeri Jakarta menjadi salah satu rekomendasinya. Kamu bisa mendaftar masuk lewat jalur reguler, prestasi atau tes.

14. Universitas Padjadjaran

Sebagai salah satu PTN negeri terbaik di Indonesia, kamu bisa menjadi seorang pebisnis digital ahli dengan mendaftar di PTN ini. UNPAD memiliki jenjang S1 dengan akreditasi Baik untuk jurusan Bisnis Digital.

Di atas adalah jurusan bisnis digital PTN terbaik di Indonesia. Selain PTN, ada juga PTS yang dengan jurusan Bisnis Digital dan telah terakreditasi oleh BAN-PT yakni BINUS University. Jurusan Bisnis Digital di BINUS juga telah terakreditasi oleh AACSB. Perlu diketahui, di Indonesia hanya ada 5 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang mendapatkan akreditasi ini. Salah satunya adalah BINUS.

BINUS University memiliki banyak cabang, dan salah satu yang memiliki jurusan Digital Business Innovation terletak di BINUS @Malang. Jika kamu menjadi salah satu bagian dari jurusan ini, kamu juga berkesempatan mendapatkan dua program sarjana sekaligus karena jurusan Digital Business Innovation merupakan double program dari BINUS @Malang yang membuatmu memiliki dua program sarjana (S. Kom. dan S. Bns.).