Desain adalah proses. Hal ini terus ditekankan kepada para desainer komunikasi visual untuk mengandalkan proses desain sebagai orientasi utamanya selain hasil. Terdapat beberapa pendekatan dalam memproses desain. Salah satunya adalah proses desain yang dipaparkan oleh Robin Landa. Dalam bukunya berjudul “Graphic Design Solution” (2011), Robin Landa memaparkan 5 fase dalam proses desain. Fase tersebut adalah orientationanalysisconceptsdesign, dan implementation. Kelima tahapan ini merupakan tahapan berjenjang dan bertingkat. Sehingga masing-masing tahapan harus dilalui untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

5 tahap proses desain menurut Robin Landa

 

Pada materi kali ini tahapan proses desain oleh Robin Landa yang akan dibahas adalah tahap Analysis.

 

Analysis

Tahap analysis adalah tahap desainer melakukan tinjauan, menemukan, serta merencanakan. Desainer tidak melakukan konsepsi ide maupun mendesain. Data-data yang telah dikumpulkan pada tahap orientation sebelumnya mulai dianalisis di tahap ini. Terdapat beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan pada tahap analysis, seperti:

  • Meninjau setiap bagian masalah.
  • Menentukan bagian-bagian dari masalah secara konsisten dan akurat.
  • Mengorganisasikan informasi penting sehingga mudah untuk dianalisis.
  • Membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis sehingga dapat dijalankan pada tahap selanjutnya.

Tahap analysis ini dilakukan sekaligus untuk menentukan positioning dari project yang dikerjakan. Sehingga dapat ditentukan strategi desain yang tepat bagi desain. Penentuan strategi di tahap ini dilakukan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa pesan yang ingin disampaikan dan apa saja yang dibutuhkan untuk menyampaikannya?
  • Siapa audiensnya?
  • Siapa kompetitornya? Apakah mereka memiliki permasalahan serupa?
  • Bagaimana kondisi dan situasi marketplace saat ini?
  • Apa aksi yang diharapkan pada audiens saat melihat pesan?

Setelah tahap analysis ini selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya yang dilakukan oleh desainer adalah memulai pembuatan konsep desain. Konsep desain yang dibuat tentu saja berdasarkan hasil yang telah dikumpulkan pada tahap orientation dan analysis.

 

Next: Concept

 

Source:

Landa, Robin. 2011. Graphic Design Solutions, 4th Edition. USA: Wadsworth.