Rebranding ilmu komunikasi menjadi Digital Communication memang menjadi hal yang tepat di era saat ini. Langkah ini sangat relevan serta memberikan perubahan signifikan akan fokus pembelajaran tentang komunikasi. Perubahan nama ini bukan sekadar kebutuhan gaya-gayaan, melainkan sebuah transformasi yang mengedepankan pergeseran cara berkomunikasi di dunia digital.

Rebranding Ilmu Komunikasi Menjadi Digital Communication

Istilah Digital Communication secara langsung memposisikan program studi ini sesuai dengan kebutuhan industri di dunia digital. Ilmu ini bukan lagi hanya mempelajari kebutuhan media massa secara konvensional seperti koran, majalah atau televisi. Namun, memberikan pemahaman yang lebih mendalam agar mahasiswa dapat menguasai cara berkomunikasi secara tepat di platform modern.

Apa Bedanya Ilmu Komunikasi dan Digital Communication?

Perbedaan ilmu komunikasi dan digital communication cukup signifikan mengingat terjadinya perubahan yang cukup besar akan cara berkomunikasi di era digital ini. Perbedaan tersebut mencakup:

1.    Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari cara penyampaian, penerimaan dan pemrosesan pesan, baik secara verbal maupun nonverbal lewat media konvensional. Intinya, ilmu komunikasi fokus pada bagaimana pesan dapat disampaikan secara efektif dari satu pihak kepada pihak lain sehingga pesan tersebut dapat dipahami.

Ilmu komunikasi dasar menerapkan teori dan praktik komunikasi lewat media massa konvensional seperti televisi, radio, surat kabar, dan majalah. Ilmu jurnalistik dan hubungan masyarakat juga menjadi kurikulum dalam ilmu komunikasi. Selain itu, mahasiswa ilmu komunikasi juga mempelajari komunikasi pemasaran seperti strategi komunikasi dalam mempromosikan produk atau jasa.

2.     Digital Communication

Fokus utama dari program studi ini adalah menciptakan output kreatif di berbagai media digital, termasuk YouTube, TikTok, Instagram, dan platform konten lainnya. Mahasiswa juga diarahkan untuk mampu menjadi content creator profesional yang tidak hanya menguasai aspek teknis produksi, tetapi juga memiliki kemampuan analisis audiens, storytelling, dan strategi branding yang kuat agar pesan yang disampaikan dapat berdampak luas di dunia digital.

Proses Rebranding Jurusan Ilmu Komunikasi

Proses rebranding jurusan Ilmu Komunikasi artinya peralihan teori klasik ke praktik digital. Kurikulum yang diimplementasikan berfokus pada analisis data media sosial, seperti strategi konten, kemudian Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan semacamnya. Teori komunikasi masih relevan, meski penerapannya disesuaikan dengan konteks digital. Jadi, rebranding ini berfokus tak hanya pada kemahiran lulusan dalam berkomunikasi, tetapi juga terhadap literasi teknologi yang bagus. Karena itulah perlu ada proses sebagai berikut:

1.     Evaluasi Kurikulum

Integrasi mata kuliah yang berfokus pada digital dan menjadi inti dari kurikulum. Yang paling umum adalah strategi komunikasi digital dan media sosial dimana mahasiswa tak hanya mempelajari cara merancang kampanye digital tetapi juga mengelola komunitas daring, dan menggunakan platform media sosial secara efektif dan beretika.

2.     Pengembangan Kompetensi Dosen

Kompetensi dosen tentu harus mengalami perkembangan melalui project based learning yang relevan dengan dunia industri. Peran dosen tidak hanya di kelas, namun juga mengadakan proyek nyata. Dalam hal ini, dosen perlu mendapatkan pelatihan dari industri dan profesional untuk bekerja sama mengaplikasikan kurikulum bersama dengan para praktisi dan profesional di bidang komunikasi digital. Dengan demikian, materi yang mereka ajarkan relevan dengan kebutuhan industri.

3.     Pembaharuan Fasilitas

Fasilitas program studi Ilmu Komunikasi tentunya wajib mengikuti perkembangan zaman supaya dapat mengaplikasikan digital komunikasi secara nyata. Kelengkapan perangkat keras dan perangkat lunak dapat menjadi sarana pendukung utama dari kemudahan berkomunikasi secara digital dengan cepat dan akurat. Alat analis digital menjadi keharusan sehingga mahasiswa dapat belajar mengukur efektivitas periklanan serta menganalisis tren.

Perubahan ini memang menuntut investasi lebih besar terutama dalam infrastruktur teknologi. Terlebih juga penyediaan perangkat lunak terbaru serta dan dosen yang memiliki keahlian praktis di bidang komunikasi digital. Tak hanya itu, fasilitas juga dapat memudahkan mahasiswa untuk lebih mahir dalam membuat konten visual yakni fotografi dan videografi serta dan tulisan atau copywriting yang menarik untuk platform digital.

4.     Branding dan Identitas Baru

Universitas yang menawarkan Ilmu Komunikasi perlu memperkenalkan jurusan tersebut dengan branding dan identitas baru. Branding ini juga dapat menggunakan teori komunikasi digital sehingga dapat menyasar target yang tepat, yaitu calon mahasiswa yang ingin terjun ke dunia komunikasi atau pemasaran.

Identitas baru tersebut dapat menonjolkan identitas visual yang modern supaya calon mahasiswa dapat mengenal dengan baik. Branding dapat berupa situs web interaktif serta tampilan media sosial yang aktif. Branding tersebut dapat menonjolkan story telling kisah sukses alumni yang bekerja di bidang digital dan tunjukkan portofolio proyek-proyek mahasiswa yang inovatif.

5.     Kerjasama dengan Industri Digital

Kampus perlu menjalin kemitraan dengan perusahaan yang berbasis digital seperti perusahaan teknologi atau dan startup. Para profesional di bidang tersebut dapat menjadi dosen tamu atau mentor, atau juga menjadi pembicara dalam workshop. Kerja sama tersebut juga dapat dalam bentuk program magang.

Baca Juga: Keren! Begini Deretan Fasilitas BINUS UNIVERSITY Malang yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Rebranding Jurusan Bagi Mahasiswa

Rebranding dari ilmu komunikasi menjadi Digital Communication menjadi langkah strategis serta visioner. Kampus dengan jurusan Digital Communication dapat tetap membuat ilmu komunikasi relevan serta menarik minat mahasiswa yang berorientasi masa depan. Tak hanya itu, kampus dengan jurusan Digital Communication dapat menghasilkan lulusan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Manfaat lain dari rebranding ini adalah peluang karier yang luas dimana lulusan Digital Communication memiliki prospek karier yang lebih beragam dalam bidang media, periklanan, public relations, pemasaran, jurnalistik dan juga pemerintahan. Di era digital, kemampuan berkomunikasi yang baik di platform online menjadi sangat penting karena jurusan ini dapat membantu individu menguasai cara menyampaikan pesan secara efektif melalui berbagai platform teknologi digital seperti media sosial dan email.

Yuk Gabung Digital Communication di BINUS @Malang!

Segera daftarkan dirimu di Jurusan Digital Communication BINUS @Malang. Fasilitas yang lengkap dan canggih dapat dijamin mampu memaksimalkan pengalaman belajarmu di bidang komunikasi. BINUS @Malang hadir dengan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri terkini sehingga kamu tak perlu khawatir lulus tanpa mendapatkan pekerjaan. BINUS @Malang juga memiliki rekognisi internasional dan kemitraan dengan perusahaan dan kampus di berbagai negara di dunia yang akan meningkatkan kesempatan untuk bekerja atau membangun bisnis secara global.

tambahin deskripsi kalau fokusnya lebih membuat output di media digital melalui youtube, tiktok, dan juga content creator juga bisa di mention