Masuk era digital yang apa-apa serba cepat, visual adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis untuk berkomunikasi dengan audiens. Terutama untuk membangun dan memperkenalkan suatu merek. Di sini, Peran DKV dalam pemasaran global sangat vital. Selain untuk mengenalkan suatu merek, DKV juga sangat berperan dalam membangun identitas, menyampaikan pesan dan memberikan pengalaman menarik kepada pengguna.

Saat ini dunia bisnis juga berkembang cepat dan sangat kompetitif. Kondisi tersebut membuat para pebisnis harus mampu beradaptasi agar bisa bersaing dengan para kompetitor secara sehat dengan membentuk identitas merek yang kuat. Salah satu bidang ilmu yang bisa membantu dalam hal ini adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Dengan strategi desain yang sesuai, DKV membuat suatu merek dapat dikenal dan diingat oleh audiens.

Inilah 8 Peran Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam Pemasaran Digital

Tidak sekedar teks, penyampaian pesan DKV memang lebih difokuskan pada berbagai elemen visual seperti warna, tipografi, gambar dan tata letak. Komunikasi yang jelas dan menarik dari para desainer DKV ini dinilai lebih mudah diterima, sehingga membangun hubungan dengan audiens yang dapat mempengaruhi tindakan-tindakan tertentu.

Inilah 8 peran Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam pemasaran digital:

1.     Menciptakan Identitas Visual Merek yang Kuat

Menciptakan identitas merek yang kuat dan mudah diingat bisa dilakukan desainer DKV dengan melibatkan sejumlah elemen seperti warna, logo dan tipografi yang konsisten. Identitas yang kuat dari suatu merek akan membuat merek kamu memiliki ciri khas atau pembeda dari kompetitor. Contoh merek yang berhasil diciptakan dengan identitas visual yang kuat adalah Coca-Cola, Apple dan sebagainya.

2.     Membuat Konten Digital yang Memikat dan Informatif

Identitas visual merek yang kuat tentu lebih memikat dan dianggap informatif. Ini tentu dapat meningkatkan brand awareness serta keterlibatan target audiens karena mereka jadi lebih mudah memahami pesan yang kompleks melalui desain yang efektif tersebut. Desainer DKV tidak sekedar berupaya membuat konten yang menarik saja, namun juga memastikan pesan pada konten bisa diterima dengan jelas serta menciptakan hubungan emosional dengan audiens.

3.     Meningkatkan Pengalaman Pengguna (User Experience)

Konten yang menarik dan kreatif saat ini memang lebih mudah dalam menarik audiens. Terlebih kian banyaknya media sosial juga memudahkan penggunanya dalam membagikan postingan di medsosnya. Secara tidak langsung, pemilik media sosial ini juga turut membantu suatu merek tertentu agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Caranya bisa dengan membuat konten visual interaktif seperti membuat polling atau kuis. Cara seperti ini tidak hanya membuat audiens jadi lebih terlibat dengan merek kamu, namun juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan.

4.     Menguatkan Branding Melalui Cerita Visual yang Menarik

Peran DKV dalam pemasaran global lainnya dapat membantu suatu merek agar menonjol di antara kompetitor, mendorong interaksi dengan berbagai konten menarik dan membangun persepsi yang positif. Dengan memilih video, gambar serta desain yang menarik dan ditambah struktur naratif yang konsisten sesuai merek, juga bisa menciptakan hubungan emosional serta loyalitas dari konsumen atau pelanggan dalam jangka panjang.

5.     Memudahkan Penyampaian Informasi yang Rumit Agar Lebih Mudah Dipahami

DKV juga berperan dalam menyederhanakan informasi yang kompleks melalui visual yang lebih menarik dan efektif. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna, mendorong interaksi dan keterlibatan pengguna dan menciptakan identitas merek yang kuat. Desainer DKV bisa mengubah data yang rumit menjadi bentuk diagram, grafik dan sebagainya, sehingga audiens lebih mudah memahami dan mengingat pesan yang ingin disampaikan.

6.     Menyesuaikan Desain Sesuai Target Pasar atau Audiens yang Dituju

Pemasaran global membutuhkan cara promosi yang tidak hanya menarik, namun juga efektif dan sesuai kebutuhan dan preferensi target audiens. Hal ini penting dilakukan untuk membuka peluang pesan yang diterima bisa dipahami dan diingat untuk mencapai tujuan tertentu. Mulai dari membangun kesadaran merek, mendorong aksi hingga mempengaruhi perilaku audiens, sehingga sangat penting bagi DKV memahami karakteristik, kebiasaan hingga budaya mereka.

7.     Memanfaatkan Tren Desain Terbaru untuk Menarik Perhatian

Memanfaatkan tren desain terbaru juga sangat penting agar relevan dengan keinginan audiens. Ini bisa dilakukan melalui riset terlebih dahulu agar DKV bisa mengenali seperti apa karakteristik target audiens, sehingga tidak secara mentah-mentah mengikuti tren semata. Selain itu, pastikan tren yang dibuat juga sesuai dengan identitas merek supaya tidak hilang arah.

8.     Mendukung Kampanye Digital di Berbagai Platform Sekaligus

Peran DKV juga turut dalam mendukung kampanye digital dalam berbagai platform. Peran di sini adalah menciptakan konten visual yang tidak hanya menarik, namun juga konsisten serta sesuai dengan karakteristik dari masing-masing platform.

Sejumlah elemen seperti, warna, logo hingga tipografi yang telah terintegrasi akan membentuk suatu identitas yang kohesif. Dengan begitu, tampilan konten akan menjadi responsif dan bisa berinteraksi secara sempurna, baik itu dalam berbagai perangkat maupun dalam berbagai platform.

Sangat jelas, DKV memiliki peran cukup vital di era digital yang serba cepat seperti sekarang. Terutama dalam menentukan kesuksesan suatu produk, merek hingga kampanye. Peran DKV dalam pemasaran global tidak semata membantu menyampaikan pesan secara cepat dan jelas, namun juga membantu menciptakan identitas visual yang kuat dan meningkatkan koneksi dan keterlibatan target audiens.

Jika kamu tertarik dengan bidang Desain Komunikasi Visual, ingin mempelajarinya lebih mendalam, dan ingin mengetahui bagaimana cara mengimplementasikannya, yuk daftar jurusan DKV di BINUS @Malang.