12 Contoh Copywriting Facebook Ads yang Ampuh dan Efektif
Pic by Freepik
Facebook Ads menjadi alat yang tepat untuk meningkatkan penjualan karena kemampuannya dalam menjangkau audiens. Tak hanya itu, Facebook Ads juga mampu menargetkan audiens secara spesifik, memiliki biaya yang sangat fleksibel, mendukung berbagai jenis bisnis, serta mampu mengakomodasi berbagai tujuan pemasaran. Namun untuk memaksimalkan semua hal tersebut kamu membutuhkan keahlian copywriting.
Salah satu elemen untuk meningkatkan kesuksesan kampanye Facebook Ads adalah copywriting. Copywriting yang dimaksud tak hanya mengenai tampilan, namun copywriting yang mampu menginspirasi tindakan dari pengguna. Bagi kamu yang ingin meningkatkan penjualan menggunakan Facebook Ads, mari simak beberapa elemen yang perlu diperhatikan beserta contoh copywriting Facebook Ads berikut.
1. Headline yang Menarik Perhatian
Headline merupakan bagian pertama yang akan dilihat calon pelanggan. Headline biasanya terletak di bagian paling atas dari sebuah iklan dengan font yang lebih menonjol dari bagian lainnya. Oleh sebab itu penting membuat headline yang mampu menarik perhatian calon pelanggan hanya dalam satu kali lihat.
Contoh headline:
- Dapatkan Diskon 50% untuk Produk Perawatan Kulit
- Kursus Memasak Online dengan Harga Terjangkau!
- THR Habis, Saatnya Berbisnis!
2. Menggugah Rasa Penasaran dengan Kalimat Singkat
Cara lain untuk menarik perhatian adalah dengan membuat mereka berpikir. Berikan pertanyaan yang relevan dengan produk yang kamu iklankan.
Contoh pertanyaan:
- Pengen BB Ideal Agar Lebih Pede?
- Pusing Harus Mengatur Toko di Berbagai Marketplace?
- Ingin Kuliah dengan Biaya Hemat?
3. Menawarkan Solusi untuk Masalah Audiens
Copywriting Facebook Ads lainnya yang mampu menarik perhatian calon pelanggan adalah copywriting yang menawarkan solusi dari masalah yang mereka hadapi.
Contoh:
- Jadi Lebih Produktif dengan Rutin Lakukan ini!
- Atasi Kulit Kusam dengan Produk Kecantikan Ini!
4. Menggunakan Angka untuk Menarik Perhatian
Menggunakan angka dalam copywriting Facebook Ads dinilai lebih kredibel, menarik serta meyakinkan. Penambahan angka juga membantu calon pelanggan dalam memahami informasi dengan lebih pasti, lebih jelas dan lebih cepat.
Contoh:
- Belanja 5 Buku dan Dapatkan Diskon 50%!
- Hanya Hari Ini! Beli 3 Gratis 1!
- Beli Sekarang dan Nikmati Potongan Hingga 20%
5. Memberikan Penawaran Eksklusif yang Terbatas
Penawaran eksklusif terbatas atau limited time offer merupakan senjata yang ampuh untuk menciptakan rasa urgensi dari calon pelanggan. Perasaan ini akan mendorong mereka segera melakukan pembelian sebelum penawaran berakhir.
Contoh:
- Promo Terbatas Hanya Hari Ini. Jangan Sampai Kehabisan!
- Diskon 40% Hanya di PayDay Sale!
- Kesempatan Terakhir! Diskon 35% Akan Berakhir Malam Ini!
- Stok Terbatas, Segera Habiskan!
6. Mengajak Interaksi dengan Pertanyaan
Kamu juga bisa membuat copywriting yang mengajak calon pelanggan untuk melakukan interaksi menggunakan pertanyaan. Umumnya ini digunakan untuk membangun brand, awareness dan kedekatan dengan calon pelanggan.
Contoh:
- Sudahkah Anda Mencoba Tips Ini?
- Sudahkah Anda Minum Air Putih?
- Bagaimana Cara Sukses dengan Modal dari Nol?
7. Menggunakan Humor untuk Mencairkan Suasana
Humor mampu mencairkan suasana dan membuat iklan jadi lebih mudah diingat.
Contoh:
- Sabtu Harga Naik, Minggu Harga Turun Karena Kita Baik!
- Liburan ke Luar Negeri Gratis? It’s My Dream, Mas!
8. Memanfaatkan FOMO (Fear of Missing Out)
Selain membuat penasaran, kamu juga bisa membuat iklan Facebook Ads dengan memanfaatkan FOMO. Copywriting yang digunakan disini kesannya menakut-nakuti calon pelanggan hingga membuatnya menerima yang kamu tawarkan. Sederhananya, ini adalah ancaman dengan kemasan yang unik dan menarik.
Contoh:
- Hindari Hal Ini jika Tidak Mau Gendut!
- Siapkan Hak Berikut Agar Kamu Tidak Menyesal!
- Bahaya Siap Mengancam Jika Kamu Tidak Memiliki Asuransi!
9. Memberikan Testimoni Pelanggan yang Memikat
Dalam membuat iklan di Facebook Ads, kamu bisa gunakan testimoni dari pelanggan.
Contoh:
- Saya sudah mencoba produk ini dan hasilnya berat badan saya turun 5 kg dalam seminggu.
- Saya sangat puas dengan pelayanan di toko ini. Kualitas produknya sangat bagus dengan harga yang terjangkau. Sama sekali tidak murahan.
10. Menekankan Keunggulan Produk atau Layanan
Headline ini membantu calon pelanggan mengetahui manfaat apa saja yang akan didapatkannya ketika menggunakan suatu produk atau jasa.
Contoh:
- Dijamin Bikin Ngiler, Kenikmatan Roti Bolu yang Memanjakan Lidahmu!
- GoDiet, Ahlinya Menurunkan Berat Badan Hanya Dalam Hitungan Jam!
- Lulus Tes TOEFL Bersama Imago Course!
11. Call to Action yang Jelas dan Meyakinkan
Dalam sebuah iklan, kamu juga harus memberikan call to action yang jelas dan meyakinkan. Tujuannya agar calon pelanggan terdorong melakukan aksi lebih lanjut seperti membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
Contoh:
- Beli Sekarang Juga!
- Yuk Berlangganan Sekarang!
- Hubungi Kamu Sekarang juga Disini!
- Coba Komen di Postingan Ini!
- Jangan Lupa Share ke Teman Kamu!
12. Gunakan Emoji untuk Menarik Perhatian
Dalam sebuah iklan kamu bisa menambahkan emoji agar iklan bisa jadi lebih menarik. Emoji bisa memperkuat pesan dan juga bisa menjadi umpan balik terhadap pesan. Emoji juga mampu memperjelas maksud dan bahkan mengubah makna kalimat agar lebih baik.
Contoh:
- Liburan ke Luar Negeri dengan Harga Hemat Hanya Dengan Maskapai Airlines (emoji pesawat)
- Modal Tipis, Harga Bombastis (emoji bom)
Baca Juga: S1 Digital Business Innovation
Di Atas adalah beberapa contoh copywriting Facebook Ads yang bisa kamu coba. Memaksimalkan iklan dan perluas jangkauan dengan Facebook Ads sekarang juga!
Bagi kamu yang tertarik mempelajari bisnis digital seperti Facebook Ads, Kamu bisa melanjutkan studi Sarjana dengan memilih jurusan Digital Business Innovation. Jurusan yang ada di BINUS @Malang ini siap mengantarkan menjadi seorang profesional di era digital.
Comments :