Ads Instagrammu Sepi? Coba Ikuti Panduan Mudah Berikut

Jika kamu sedang menjalankan bisnis dan menggunakan Instagram ads, kamu sudah melakukan langkah tepat. Namun, mungkin kamu heran mengapa ads Instagrammu sepi, padahal kamu berharap dengan beriklan maka produkmu akan dapat lebih cepat populer. Jika hal ini terjadi, bisa jadi karena iklan yang kamu buat kurang menarik. Oleh sebab itu, mari cari tahu bagaimana cara membuat iklan menarik di Instagram dalam artikel dibawah ini.

Inilah Panduan Membuat Iklan Lebih Menarik di Berbagai Pilihan Instagram Ads

Instagram Ads punya beberapa pilihan supaya kamu dapat memilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Namun, pilihan apapun iklan tersebut, kamu harus bisa membuat iklanmu jadi iklan yang menarik. Jika tidak, apa yang kamu harapkan dari iklan tersebut tidak akan pernah tercapai. Berikut panduan membuat iklan lebih menarik di Instagram Ads:

1.     Image Ads

iklan yang menarik akan mendapatkan perhatian lebih dari pengikut. Oleh sebab itu hal penting saat membuat Image Instagram ads agar bisa menarik minat audiens tentu saja dengan menggunakan foto atau gambar berkualitas tinggi. Mengapa harus foto berkualitas tinggi?

Alasannya karena Instagram mengunggah banyak gambar setiap hari. Menggunakan foto atau gambar berkualitas tinggi membuat iklan terlihat lebih menarik sehingga tidak kalah saing dari iklan atau konten sejenis.

Gunakan resolusi 1080×1080 dengan rasio aspek yang disarankan: 1:1 dan format file JPG atau PNG dimana ukuran maksimal file gambar sebesar 30 MB. Teks utama berjumlah 125 karakter dengan judul 40 karakter dan jumlah tagar maksimum yaitu 30

Tak cukup hanya itu, kamu juga harus menyertakan pesan yang relevan dengan produk atau layanan dengan ajakan serta petunjuk jelas. Waktu yang diperlukan untuk beriklan hanya sedikit sehingga kamu harus menggunakan pesan singkat tetapi menarik pembaca supaya mereka segera membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu desain juga berperan penting dalam mendorong rasio klik-tayang (Click through rates).

2.     Video Ads

Saat ini, iklan video sedang menjadi tren dimana 93% merek di seluruh dunia mengklaim bahwa mereka mendapatkan pelanggan baru karena penggunaan video ads. Saat ini, Instagram memiliki fitur Reel yang mendukung tayangan video menggantikan IGTV. Reel menjadi sangat populer dimana format ini hampir sama dengan TikTok.

Video pendek ini dilengkapi dengan berbagai template dan alat pengeditan yang membantu Anda memahami preferensi pengguna berdasarkan audio, visual, tagar, dan waktu menonton. Instagram menyediakan bagian Jelajahi khusus untuk Reel yang dengan jelas menunjukkan bahwa mempromosikan Reel saat ini menjadi prioritas tinggi bagi Instagram.

Jadi, bagi kamu yang ingin beriklan menggunakan video ads, pastikan videomu menarik. Gunakan resolusi 1080×1080 piksel untuk iklan persegi atau 1080×1920 untuk iklan vertikal. Pastikan juga kamu memilih rasio aspek: 9:16 dengan format video berupa MP4 atau MOV. Edit sedemikian rupa dengan penayangan 60 detik dan dapat mewakili kehadiran produk atau jasamu. Ukuran video maksimum adalah 4MB.

3.     Story Ads

Story Ads adalah jenis iklan paling efektif karena pengunjung Instagram dapat langsung mengecek konten tersebut tanpa harus menggulir akun satu persatu. Cerita Instagram telah meningkatkan keseluruhan waktu yang dihabiskan di Instagram menjadi rata-rata 28 menit. Statistik menarik lainnya dari Omnicore Agency menunjukkan bahwa 58% pelanggan membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram Story.

Jika kamu hendak menggunakan story ads, gunakanlah foto dengan resolusi  1080 x 1080 piksel dan rasio aspek 9:16 dengan format JPG atau PNG. Sedangkan untuk ukuran gambar maksimum yang disarankan adalah sebesar 30 MB. Dan untuk video, pastikan format MP4 atau MOV dengan durasi maksimum 2 menit dengan ukuran maksimum 4 MB.

4.     Carousel Ads

Ini adalah jenis iklan yang menjadi favorit bagi seseorang yang ingin mempromosikan beberapa produk dalam sekali tayang. Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Social Insider dan Sked Social, iklan carousel menghasilkan tingkat keterlibatan tertinggi untuk profil kecil (di bawah 5 ribu pengikut) dan akun besar (di atas 100 ribu pengikut).

Cara membuat iklan menarik di Instagram tipe carousel ads yaitu dengan menyiapkan foto beresolusi 1080 x 1080 piksel dengan rasio aspek: 1:1 dan berformat JPG atau PNG. Ukuran untuk masing-masing gambar maksimum adalah 30 MB.  Sedangkan untuk video gunakan ukuran 600 x 600 piksel hingga 1080 x 1080 piksel dengan rasio aspek 1:1. Pastikan format MP4 dengan ukuran video maksimum 4 GB per video atau kartu. Maksimalkan videomu karena durasi maksimum hanya 60 detik.

5.     Collection Ads

Sesuai namanya, jenis iklan ini menampilkan kombinasi gambar atau video sekaligus daftar produk. Pengunjung lebih mudah berbelanja hanya dengan melakukan klik pada iklan tersebut dan langsung menuju halaman koleksi produk di toko online. Jadi, pengunjung dapat dengan mudah melakukan pembelian.

6.     Reels Ads

Konsepnya sama dengan story ads dimana reel harus berdurasi kurang dari 90 detik serta memiliki rasio aspek vertikal layar penuh yaitu 9:16. Cara meningkatkan reel ads adalah dengan mengisi detail iklan lalu memilih Sasaran, Audiens, Anggaran dan Durasi.  Setelah semuanya lengkap, iklan akan ditinjau sesuai kebijakan tim iklan Instagram.  Perlu diingat bahwa reel yang menggunakan musik dengan cipta, GIF, stiker interaktif, atau filter kamera dari pihak ketiga tidak dapat ditingkatkan.

Step by Step Membuat Instagram Ads

Penjelasan diatas tentu sudah dapat memberikan gambaran tentang iklan yang paling tepat untuk produk atau jasa yang kamu miliki. Kini, setelah kamu mempersiapkan foto dan video dengan format yang sudah siap, maka ada beberapa langkah atau cara membuat iklan menarik di Instagram. Berikut diantaranya:

1.     Masuk ke Facebook Ads Manager

Bagi kamu yang ingin membuat iklan di Instagram, kamu dapat memilih menu Facebook Ads Manager. Kamu akan diarahkan ke Meta Ads Manager untuk membuat iklan. Setelahnya kamu akan menemukan banyak pengaturan iklan di Instagram yang bisa kamu sesuaikan sesuai dengan kebutuhanmu.

2.     Atur Tujuan Promosi

Dalam laman ini kamu dapat mengatur tujuan promosi dengan berbagai pilihan yang tersedia.  Kamu dapat memilih tiga level, yaitu level kampanye, set iklan dan level iklan.

3.     Melakukan Konfigurasi Audiens

Pada tahapan ini kamu dapat menentukan konfigurasi audiens sesuai dengan umur, gender dan juga unsur demografi.

4.     Menentukan Tempat Beriklan

Kamu dapat memilih memasang iklan di Instagram saja atau kamu beriklan di produk Meta lainnya seperti Facebook atau Messenger.

5.     Atur Biaya Dan Jadwal Tayang

Biaya dan jadwal tayang disini sangat fleksibel sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan anggaran dan kebutuhan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

6.     Pilih Medium Beriklan

Medium beriklan adalah pilihan seperti yang sudah dijelaskan di atas seperti Story Ads, Reel Ads dan semacamnya.

Baca Juga: Estimasi Biaya Mengiklan di Instagram Ads dan Faktor Penentu Besarnya Biaya

Diatas merupakan panduan cara membuat iklan menarik di Instagram yang bisa kamu praktikkan. Selama ini, memang kita dapat mengunggah produk atau jasa kita lewat media sosial secara gratis. Tetapi, Instagram ads dapat memudahkan produk atau jasa kita sampai ke target pasar yang lebih tepat. Hal ini karena Meta telah menawarkan kemudahan untuk mencapai target pasar yang sesuai dengan keinginan kita. Oleh sebab itu, manfaatkanlah dengan baik.