Contoh Strategi Bisnis Digital yang Harus Diterapkan, Apa Saja?Pic by Freepik

Bisnis digital menjadi bisnis yang sangat menjanjikan beberapa tahun belakangan ini. Perkembangan teknologi khususnya internet yang sangat pesat menjadi salah satu penyebabnya. Pebisnis yang tidak bisa mengikuti perkembangannya bisa-bisa mengalami penurunan omzet yang drastis. Tak hanya berlaku bagi perusahaan kecil, namun hal ini juga mungkin terjadi pada perusahaan besar. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat agar bisnis digital dapat terus berjalan dengan baik.

Nah, bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis digital, berikut contoh strategi bisnis digital yang harus Anda terapkan.

Apa itu Strategi Bisnis Digital?

Untuk mencapai suatu tujuan, kita harus punya strategi. Begitupun ketika kita ingin menjadi seorang pebisnis digital, kita harus memiliki strategi khusus untuk bisa mencapai target. Strategi bisnis digital berisikan serangkaian kebijakan dalam proses penciptaan produk baru atau penyederhanaan internal yang dibuat oleh perusahaan dengan tujuan meningkatkan kinerja bisnis.

Dalam arti lain, strategi bisnis digital digunakan untuk menentukan keunggulan kompetitif baru atau arah perusahaan yang dirancang lalu dibuat menggunakan teknologi. Strategi ini berperan untuk memaksimalkan upaya serta aset data pada penggunaan teknologi.

Strategi bisnis digital yang baik bisa diraih dengan kerjasama tim yang solid. Artinya semua komponen perusahaan mulai dari marketing, eksekutif, hingga bagian IT harus mampu bekerjasama.

Strategi ini bisa dikenali dari cirinya yang selalu memanfaatkan teknologi terbaru, fokus pada pelanggan, bersifat transformatif, dan membuat keputusan didasarkan pada data.

Contoh Strategi Bisnis di Era Digital

Peluang usaha bisnis digital sangatlah menjanjikan. Sayangnya peluang ini juga penuh tantangan. Jika Anda bisa menciptakan dan memilih strategi yang tepat dan memanfaatkannya dengan bijak, keberhasilan ada didepan mata. Begitupun sebaliknya. Lantas apa saja contoh strategi bisnis digital?

  1. Optimalkan Penggunaan Teknologi

Dalam ranah bisnis digital, teknologi adalah hal yang sangat penting. Namun teknologi bisa jadi tantangan terbesar bagi para pebisnis lama. Alasannya karena banyak diantaranya yang sudah terbiasa dengan cara konvensional sehingga ketika dihadapkan dengan berbagai macam teknologi, mereka merasa kebingungan.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi keraguan atau kebingungan dalam perencanaan strategi bisnis digital, Anda diwajibkan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Khususnya teknologi yang berkaitan dengan bisnis yang Anda geluti.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Strategi bisnis selanjutnya yang ampuh menggaet pelanggan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial saat ini menjadi salah satu tempat yang lebih ramai dibandingkan dengan pasar konvensional. Ya, ada banyak orang dari berbagai kalangan bisa bertemu, berkumpul dan saling berkomunikasi disini secara daring.

Banyaknya pengguna media sosial memudahkan Anda sebagai pebisnis untuk menciptakan komunikasi yang efektif dengan calon pelanggan. Anda juga bisa membuat promosi di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, X, dan TikTok baik secara gratis maupun berbayar.

Dari ulasan diatas, kesimpulannya strategi bisnis digital dengan  memanfaatkan media sosial adalah cara yang sangat efektif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya minimalis.

  1. Optimalkan Digital Marketing

Digital marketing merupakan cara pemasaran menggunakan media elektronik dan media digital. Jadi tak hanya memanfaatkan media sosial, disini Anda juga bisa memanfaatkan teknologi lainnya untuk memperluas pasar. Misalnya pemasangan iklan TV, penggunaan SEO, mengirimkan email marketing dan pemasangan billboard elektronik.

  1. Lakukan Inovasi

Contoh strategi yang terakhir yaitu dengan selalu melakukan inovasi. Perlu diingat, bisnis bersifat dinamis dengan perubahan yang sangat cepat. Bahkan antara hari ini dan besok tren bisnis bisa saja mengalami perubahan. Inovasi adalah solusi dari permasalahan tersebut.

Inovasi akan memunculkan produk unggulan yang mampu berdaya saing dan tentunya lebih unggul dari kompetitor. Memang melakukan inovasi bukanlah hal yang mudah. Namun inovasi yang tepat akan membawa dan mempertahankan bisnis Anda di puncak.

Manfaat Menggunakan Teknologi dalam Strategi Bisnis di Era Digital

Strategi bisnis digital yang tepat tentu saja yang menambahkan teknologi kedalamnya hingga mampu memberi manfaat bagi bisnis Anda.

  1. Meningkatkan Agilitas Bisnis

Teknologi dalam bisnis digital memungkinkan bisnis yang Anda geluti bisa bertindak lebih gesit ketika merespon perubahan pasar. Peningkatan kolaborasi yang diawali dari integrasi teknologi membuat proses pengembangan produk dan jasa menjadi semakin baik. Contohnya adalah  peningkatan fitur, inovasi serta peluncuran produk yang lebih cepat.

  1. Peningkatan Koordinasi dan Kolaborasi Staf

Perkembangan teknologi komunikasi memungkinkan pengaturan perusahaan jauh lebih mudah. Sebagai contoh penggunaan G Suite yang mampu meningkatkan kolaborasi tim. Adapun sistem conference call yang memungkinkan karyawan untuk menjaga interaksinya secara daring. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan  membantu menciptakan work life balance  bagi karyawan serta meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

  1. Otomasi dan Produktivitas

Teknologi dalam bisnis digital membantu meningkatkan efisiensi bagi perusahaan kecil dan menengah untuk bisa seperti perusahaan besar. Dengan memanfaatkan perangkat lunak otomasi serta internet Anda bisa menangani berbagai tugas penting dengan lebih cepat dan lebih baik.

  1. Menghemat Pengeluaran

Kelebihan lainnya dari pemanfaatan teknologi dalam bisnis digital adalah penghematan terhadap pengeluaran.

Salah satu contohnya adalah kemunculan software seperti video conference yang memungkinkan kita untuk bisa berkomunikasi secara daring dari manapun tempatnya. Hal ini tentu saja lebih menghemat pengeluaran karena Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk akomodasi dan transportasi. Selain itu kemunculan layanan cloud juga sangat membantu dalam menurunkan biaya penyimpanan data.

Baca Juga: Bisnis Internasional: Pengertian, Tantangan, dan Tahapannya

Dari ulasan di atas kita bisa mengambil kesimpulan jika bisnis digital adalah solusi bagi para pebisnis yang berdaya saing. Penerapan strategi ini juga tak hanya soal tren namun juga sebagai upaya untuk membuat perusahaan lebih responsif terhadap perubahan tren pasar yang sangat cepat.