Aplikasi communication merupakan salah satu aplikasi wajib yang ada di ponsel. Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk berkomunikasi. Cukup dengan aplikasi ini, kamu bisa terhubung dengan keluarga, saudara, teman, rekan kerja, dan kenalan lainnya tanpa batasan waktu dan lokasi. 

Selain untuk keperluan pribadi, aplikasi bisnis juga dapat digunakan untuk melancarkan bisnis. Perusahaan besar sering memanfaatkan aplikasi komunikasi untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau lebih banyak konsumen potensial, dan mendongkrak target penjualan.

Pentingnya Komunikasi Internal Perusahaan

Aplikasi Communication

Di perusahaan, aplikasi tersebut berfungsi untuk menjembatani komunikasi internal dari organisasi ke karyawan ataupun dari karyawan ke karyawan. Tujuan utamanya tentu saja untuk menciptakan tenaga kerja yang selaras dengan nilai, visi, dan tujuan perusahaan. Komunikasi internal yang efektif juga meningkatkan retensi karyawan, membantu membangun budaya perusahaan yang kuat, dan meminimalkan terjadinya konflik. 

Berkat aplikasi komunikasi, persentase keterlibatan karyawan meningkat sehingga budaya di lingkungan kerja pun makin positif. Komunikasi internal yang lancar juga berdampak positif pada produktivitas, inovasi, serta profitabilitas. Ketika karyawan memahami peran dan tanggung jawabnya, secara otomatis mereka akan lebih berkontribusi aktif terhadap kesuksesan perusahaan.

Perusahaan Aplikasi Communication Predikat Terbaik Dunia

Aplikasi Communication

Mengingat communication adalah salah satu kunci kelancaran komunikasi internal yang berdampak pada kesuksesan bisnis perusahaan, sangat penting memiliki aplikasi yang tepat. Berikut sejumlah aplikasi communication terbaik dan populer di dunia yang bisa dijadikan pilihan untuk mendukung bisnis perusahaan. 

Slack

Slack merupakan aplikasi komunikasi yang didesain oleh Slack Tecnologies dan dimiliki oleh Salesforce Inc. Aplikasi ini memudahkan anggota tim berkumpul dan melakukan kolaborasi secara fleksibel. 

Pengaturan aplikasi ini dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan tim mengakses dan memisahkan percakapan diskusi sesuai proyek yang berlangsung. Informasi tersebut juga bisa disimpan dan dilacak apabila diperlukan. Tak hanya pesan teks, kamu juga bisa berkomunikasi melalui panggilan suara maupun video. 

Bitrix24

Dibesut oleh Bitrix Inc, aplikasi Bitrix24 dapat digunakan untuk membantu komunikasi dan memudahkan manajemen tugas anggota tim. Aplikasi ini menyediakan fitur konferensi video dan ruang obrolan yang dapat dicek secara realtime. Melalui aplikasi communication ini, kamu bisa berbagi file, mendorong kolaborasi dengan kalender, dan mengundang pengguna eksternal, seperti klien.

Zoom

Qumu Corporation dan Zoom Video Communication merancang dan meluncurkan Zoom sebagai aplikasi yang pintar untuk berkomunikasi. Zoom membantu seluruh anggota tim terhubung, berkreasi, serta berinovasi melalui fitur kolaborasi komunikasi Zoom One, video inovatif Zoom Space, maupun acara virtual Zoom Event.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur whiteboard untuk membantu pembicara mengirimkan informasi menggunakan alat bantu visual virtual ke anggota tim dan audiens. Zoom memungkinkan kamu merekam rapat video maupun video. 

Microsoft Teams

Perusahaan teknologi Microsoft juga mempunyai aplikasi komunikasi tak kalah andal dan populer yang dinamakan Microsoft Teams. Aplikasi ini menjadi alat komunikasi internal, panggilan video, dan obrolan grup. Microsoft Teams memungkinkan rapat dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Microsoft Office 365 yang bisa digunakan untuk membuat diskusi tim dan rapat menjadi lebih nyaman. Adanya ruang Breakout juga memungkinkan kamu mengadakan rapat kecil, sedangkan Presenter Mode memungkinkan anggota melihat seluruh catatan slide. Hal ini sangat membantu anggota yang berhalangan hadir untuk tetap memahami jalannya rapat dan diskusi.

Google Workspace

Perusahaan raksasa Google merancang Google Workspace sebagai alat untuk kolaborasi yang membantu perusahaan terhubung dengan karyawan, klien, dan pihak luar lainnya. Integrasi Google Workspace memudahkan anggota tim beralih dari panggilan video, berkolaborasi, membalas chat, serta menjawab email dalam satu platform.

Berbekal aplikasi komunikasi tersebut, segala kegiatan bisnis maupun urusan pribadi menjadi lancar tanpa kendala berarti. Kalau kamu tertarik mempelajari seluk beluk ilmu komunikasi secara mendalam, jangan ragu mengambil jurusan Communication di BINUS @Malang. Suasana BINUS @Malang yang sejuk dilengkapi fasilitas mumpuni yang akan membuat perkuliahan makin menyenangkan. Tunggu apa lagi? Yuk, jadi BINUSIAN!