Kalender Pendidikan Jawa Timur Tahun 2023 dan 2024 Lengkap Beserta Kegiatannya

Kalender pendidikan berperan penting bagi para pengajar dan belajar untuk berpedoman pada jadwal pendidikan. Kalender pendidikan merupakan adalah jadwal yang dibuat oleh Dinas Pendidikan setiap provinsi di Indonesia. Jadwal tersebut perlu dibuat untuk mengatur aktivitas belajar mengajar yang disesuaikan dengan hari besar di Indonesia.

Informasi Penting pada Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan menetapkan ragam kegiatan dan acara yang terkait dengan lingkungan pendidikan. Jadwal yang ada termasuk jadwal akademik sekolah, jadwal libur sekolah dan ujian di setiap jenjang, serta program akademik khusus untuk siswa di jenjang terakhir pendidikan, baik SD, SMP, maupun SMA. Kalender pendidikan telah resmi dikeluarkan dari Dinas Pendidikan yang bisa berbeda tiap provinsi.

Bahkan, kalender pendidikan juga masih dibagi menjadi kalender untuk berbagai jenjang. Kalender pendidikan untuk sekolah dasar tentu berbeda dengan kalender untuk sekolah menengah atau perguruan tinggi.

Informasi Terkait Kalender Pendidikan di Jawa Timur

Kalender pendidikan biasanya mencakup:

  • Tanggal dan bulan awal tahun ajaran baru dan akhir tahun ajaran di tahun terkait.
  • Jadwal libur sekolah yang mencakup libur nasional, libur semester, dan libur terkait akademik yang bisa berbeda untuk setiap jenjang.
  • Jadwal ujian untuk berbagai jenjang, baik itu ujian tengah semester, ujian akhir semester ataupun ujian akhir untuk siswa di jenjang terakhir.
  • Kegiatan berkala: Kegiatan berkala seperti pendaftaran siswa baru

Namun demikian, terkadang masing-masing sekolah atau lembaga pendidikan memiliki kalender pendidikan tersendiri, meski masih disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan lokal.  Tentunya kalender tersebut tidak melenceng dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan lokal.

Kegiatan pada Kalender Pendidikan Jawa Timur 2023/2024

Kegiatan pada kalender pendidikan Jawa Timur 2023 – 2024 terdiri dari libur semester, libur permulaan puasa, libur hari raya dan kegiatan tengah semester.  Lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  • Awal dan Akhir Tahun Pelajaran

Awal pelajaran pada kalender pendidikan 2023/2024 adalah 17 Juli 2023. Sedangkan akhir tahun pelajaran adalah pada 22 Juni 2024.

  • Hari Pertama Kegiatan Belajar Mengajar

Hari pertama kegiatan belajar mengajar dikenal dengan nama MPLS yang merupakan kepanjangan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS berlangsung sejak 17 hingga 20 Juli 2023.

  • Penilaian Hasil Belajar

Penilaian hasil belajar di akhir satuan pendidikan terdiri dari Ujian Satuan Pendidikan (USP) atau Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ). Penilaian tersebut akan tertuang dalam buku laporan penilaian perkembangan peserta didik. USP atau PSAJ untuk jenjang SD dan SMP adalah pada Mei 2024,sedangkan SMA dan SMK pada April 2024.

  • Libur Sekolah

Libur semester gasal berlangsung enam hari sedangkan libur semester genap berlangsung delapan belas hari. Untuk penetapan hari libur dapat disesuaikan dengan kebijakan sekolah dan dilaporkan ke Dinas Pendidikan, tanpa mengurangi jam efektif belajar mengajar dalam satu tahun pelajaran.

  • Libur Ramadan dan Idul Fitri

Libur awal puasa berlangsung tiga hari efektif di awal bulan Ramadan, sedangkan libur hari raya Idul Fitri dihitung dua hari sekolah efektif sebelum 1 Syawal, dan enam hari sesudah 2 Syawal. Libur Idul Fitri dimulai sejak tanggal 5 April 2024 sampai tanggal 18 April 2024.

Hari Besar dalam Kalender Pendidikan Jawa Timur Tahun 2023/2024

Kalender pendidikan Jawa Timur juga mencantumkan beberapa hari besar dimana kegiatan belajar mengajar libur. Terhitung sejak awal tahun ajaran baru 2023/2024, beberapa hari besar tersebut adalah:

Tahun 2023

Bulan Tanggal Kegiatan
Juli 19 Tahun Baru Hijriyah 1445 H
Agustus 17 Hari Kemerdekaan RI
September 8 Maulid Nabi Muhammad SAW
Oktober
Nopember
Desember 25 Hari Natal

Tahun 2024

Bulan Tanggal Kegiatan
Januari 1 Tahun Baru
Februari 8

10

Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Tahun Baru Imlek 2575

Maret 11

29

Hari raya Nyepi Tahun Saka 1945

Wafat Yesus Kristus

April 10-11 Idul Fitri 1445 H
Mei 1

9

23

Hari Buruh Internasional

Kenaikan Isa Almasih

Waisak 2568

Juni 1

16

Hari Lahir Pancasila

Idul Adha 1445 H

Kegiatan Tengah Semester pada Kalender Pendidikan Jawa Timur

Kegiatan tengah semester termasuk kegiatan Pekan Olahraga dan Seni atau PORSENI, lomba kreativitas atau praktik pembelajaran yang memiliki tujuan untuk kembangkan kreativitas siswa akan dilaksanakan dalam waktu tiga hari.

Pelaksanaan Ujian dalam Kalender Pendidikan Jawa Timur

Waktu pelaksanaan ujian untuk semua jenjang pendidikan yang diatur dalam kalender pendidikan Jawa Timur adalah sebagai berikut:

  1. Ujian SDLB dilaksanakan pada pekan ketiga bulan Mei 2024
  2. Ujian SMPLB dilaksanakan pada pekan kedua bulan Mei 2024
  3. Ujian SMA, SMK, dan SMALB dilaksanakan pada minggu ketiga Maret hingga minggu pertama April 2024
  4. USK atau Uji Sertifikasi Kompetensi dan UKK atau Uji Kompetensi Keahlian untuk SMK dilaksanakan pada Februari 2024 hingga Mei 2024

Persiapan Masuk Perguruan Tinggi

Apakah kamu saat ini sedang bersiap ujian akhir di jenjang SMA/SMK dan hendak masuk perguruan tinggi? Kamu tak perlu bingung karena kamu sudah bisa mendaftarkan diri ke BINUS @Malang. BINUS University telah meluncurkan kampus Malang yang siap hadir untuk kamu yang memiliki minat tinggi di bidang teknologi informasi.

Ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan minat dan bakatmu. Tertarik untuk kuliah di kampus mewah kreatif berteknologi canggih? Jadilah salah satu dari BINUSIAN yang berdaya saing tinggi di berbagai perusahaan berskala global dengan mendaftar ke BINUS @Malang.