8 Universitas dengan Program Kuliah Bisnis Digital Terfavorit

Jurusan kuliah bisnis digital belakangan cukup terkenal di kalangan anak muda setelah banyak pemeran dalam drama Korea alias drakor yang menggeluti pekerjaan dalam bidang ini. Selain itu kemajuan teknologi yang kian pesat membuka banyak peluang bagi lulusan bisnis digital. Keberadaan dari jurusan ini sangatlah penting sebagai upaya mempersiapkan tenaga kerja profesional yang ahli dalam bidang pasar daring, startup digital, kecerdasan buatan dan big data.

Di Indonesia banyak kampus yang telah menawarkan jurusan bisnis digital untuk memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga kerja yang kompeten dalam ranah bisnis digital. Namun tentu tidak semua kampus memiliki kualifikasi yang sama bukan? Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan bisnis digital, mari cari tahu dimana kuliah bisnis digital terfavorit di Indonesia.

8 Universitas dengan Jurusan Bisnis Digital Terfavorit

Ada banyak kampus yang menawarkan jurusan bisnis digital. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Universitas Padjadjaran

UNPAD memiliki jurusan S1 Bisnis Digital dengan peminat yang cukup banyak. Semua ini lantaran prospek karirnya yang terbilang sangat cemerlan. Nah, di UNPAD akan ada banyak mata kuliah yang dipelajari dan berikut beberapa diantaranya: Sistem Database, Digital Marketing, CRM, UI/UX, Supply Chain Management dan Ilmu Komputer & Algoritma.

  1. Universitas Negeri Jakarta

UNJ juga memiliki jurusan Bisnis Digital yang baru berdiri pada tahun 2021 lalu. Meskipun tergolong baru, namun prodi ini memiliki peminat yang cukup banyak. Pada tahun 2022 misalnya, dari sekitar 1200 an calon mahasiswa hanya 26 kuota penerimaannya.

  1. Telkom University

Tempat kuliah bisnis digital terfavorit selanjutnya adalah Telkom University. Disini kamu bisa mengambil program vokasi atau D3 Digital Marketing. Meskipun jurusan Digital Marketing, namun kamu disini akan banyak belajar tentang manajemen SDM, analisis data, riset pemasaran, manajemen produk, manajemen bsinis, pengelolaan media sosial dan sebagainya.

  1. Universitas Gadjah Mada

Industri bisnis digital sudah pasti membutuhkan seorang yang profesional dalam bidang marketing, komputer serta memiliki skill komunikasi yang baik bukan? Oleh karena itu kamu bisa memilih jurusan Komunikasi di UGM. Jurusan ini tak hanya mempelajari berbagai hal tentang komunikasi namun juga memberi banyak wawasan dalam bidang industri digital.

  1. IPB University

IPB memiliki jurusan Bisnis yang didalamnya kamu akan banyak menerima materi yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dan teknologi informasi yang terupdate. Di IPB jurusan Bisnis menjadi salah satu jurusan dengan peminat terbanyak. Selain belajar tentang bisnis, kamu juga akan banyak mendapatkan materi yang berhubungan dengan dunia digital marketing, manajemen dan materi lain yang masih erat kaitannya dengan bisnis digital.

  1. BINUS University

BINUS @Malang adalah salah satu kampus BINUS yang memiliki jurusan Digital Innovation Business. Jurusan bisnis digital ini siap menciptakan lulusan yang kreatif dan inovatif dalam industri digital. BINUS @Malang juga menggunakan kurikulum yang dirancang khusus agar para BINUSIAN mampu dengan mudah menyerap materi yang diajarkan.

  1. Universitas Prasetya Mulya

Tempat kuliah bisnis digital tergavorit selanjutnya adalah universitas Prasetya Mulya dengan jurusan Digital Business Technology. Disini kamu akan mendapatkan materi tentang Database Design, Project Management, Business Communication, E-commerce Specialization dan sebagainya.

  1. Universitas Indonesia

UI juga memiliki jurusan bisnis digital yakni jurusan Teknik Informatika. Jurusan ini memiliki mata kuliah yang akan mendukungmu untuk menguasai teknologi digital beserta perkembangannya.

Prospek Karir

Ada beberapa bidang studi yang melekat dan dipelajari pada jurusan bisnis digital antara lain manajemen, teknik informatika, sistem informasi dan ilmu bisnis. Bidang yang dipelajari tentu sejalan dengan prospek karir jurusan bisnis digital.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, yuk ketahui gambaran prospek karir jurusan bisnis digital di bawah ini:

  1. Digital Marketing Specialist

Pekerjaan ini memiliki ruang lingkup yang cukup luas. Tanggung jawab utamanya adalah semua hal terkait dengan branding yang meliputi peningkatan brand awareness, visibilitas dan traffic web perusahaan.

  1. Technopreneur

Ketika kamu mempelajari setiap mata kuliah jurusan bisnis digital dengan baik, dan memiliki kemampuan analisis kreatif untuk memahami teknologi maka kamu bisa jadi seorang technopreneur yang sukses. Belakangan pekerjaan ini begitu diminati karena perkembangan teknologi yang kian pesat.

  1. Konsultan Digital Marketing

Profesi ini bekerja sebagai pemberi saran dan panduan kepada klien atau pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka menggunakan strategi digital marketing. Tak hanya berperan sebagai penasihat, konsultan digital marketing juga bertugas untuk memberikan solusi, mengawasi perkembangan perusahaan serta mengidentifikasi masalah yang dihadapi klien.

  1. SEO Specialist

Sebuah perusahaan memerlukan website untuk meningkatkan kepercayaan kustomer. Nah, dalam hal ini dibutuhkan SEO Specialist yang bertanggung jawab meningkatkan performa website di mesin pencari.

  1. Manajer e-commerce

Perkembangan toko online yang kian ramai membuat banyak peluang kerja yang bermunculan. Salah satunya manajer e-commerce. Tugas utama dalam pekerjaan ini adalah membuat konten, strategi pemasaran dan periklanan.

Di atas adalah sedikit ulasan tentang tempat kuliah bisnis digital terfavorit beserta prospek kerjanya. Jika ingin tahu lebih lengkap tentang jurusan bisnis digital,

Baca juga: Jurusan Bisnis Digital: Mata Kuliah, Keahlian dan Prospek Kerjanya

Selain itu jika kamu ingin kuliah namun terkendala biaya, kamu bisa daftar ke BINUS @Malang. Sebagai salah satu kampus terbaik dari BINUS University, BINUS @Malang menawarkan program beasiswa bagi para calon BINUSIAN yang berhasil lolos dalam seleksi yang diadakan oleh BINUS. Menarik bukan?

Yuk cari tahu sebanyak mungkin tentang jurusan Digital Business Innovation dan langsung gabung ke BINUS @Malang.