7 Pilihan Karier Menjanjikan untuk Lulusan Visual Communication Design (DKV)

Di era serba modern dan canggih seperti sekarang, desain jadi satu kebutuhan yang banyak dicari. Tidak sedikit perusahaan yang mencari desainer profesional dan terlatih untuk membuat visual yang bisa menarik minat masyarakat luas. Ini artinya, para lulusan Visual Communication Design alias DKV punya banyak pilihan karier yang menjanjikan. Apa saja? 

Pilihan Karier Lulusan Visual Communication Design (DKV)

Salah satu pertimbangan penting saat memilih jurusan kuliah adalah prospek kariernya. Faktanya, kamu punya banyak pilihan karier setelah lulus kuliah di jurusan tersebut. Adapun prospek karier yang bisa kamu pertimbangkan adalah: 

  • Desainer Grafis

Pertama, kamu bisa menjadi desainer grafis di agensi atau perusahaan. Bisa dibilang, posisi ini menjadi incaran banyak lulusan Visual Communication Design. Belum lagi, lowongan kerja untuk area ini terbilang sangat luas. Hal ini karena banyak perusahaan memerlukan visual yang menarik untuk kebutuhan promosi. 

Seorang desainer grafis memiliki lingkup kerja untuk membuat desain yang menarik dengan mengombinasikan gambar, warna, tipografi, dan unsur lainnya untuk bisa menarik perhatian calon pelanggan potensial.

  • Web Designer

Selain itu, para lulusan DKV juga bisa berkarier sebagai website designer. Namun, kamu juga perlu memperhatikan kalau ada skill lain yang harus kamu kuasai untuk bisa menjadi seorang web desainer. Selain keahlian komunikasi visual secara umum, kamu juga harus menguasai keahlian coding. 

  • Illustrator

Selain desain grafis, illustrator juga menjadi rekomendasi karier lulusan Visual Communication Design yang banyak dipilih. Terutama untuk kamu yang senang menggambar. Sesuai dengan namanya, seorang ilustrator harus bisa menyuguhkan gambar yang tidak hanya menarik, tetapi juga mampu menyampaikan pesan. Misalnya, ilustrasi untuk poster, iklan, sampul buku, dan lainnya. 

  • Video Editor

Tidak melulu soal gambar, lulusan DKV juga bisa berkarier sebagai video editor. Kalau kamu sudah akrab dengan berbagai alat editing video seperti Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro, dan lainnya, maka itu artinya kamu bisa menjajal profesi satu ini. 

Tugas utama seorang video editor adalah mengedit video supaya terlihat lebih menarik. Tidak hanya itu, kamu juga harus bisa memilih musik dan efek suara yang tepat untuk membuat video semakin terlihat estetik dan unik.

  • Art Director

Tidak banyak yang mengetahui profesi satu ini. Padahal, art director sedang banyak dicari di industri digital, termasuk pula media seperti koran, majalah, televisi, dan industri hiburan. Tugas utama seorang art director adalah mendesain gambar untuk banyak media, mulai dari majalah sampai film. 

Jadi, art director akan membuat keseluruhan visual desain pada satu proyek. Mulai dari video, foto, dan konten lainnya sebagai pendukung. Selain itu, seorang art director juga harus mampu mengarahkan orang lain supaya bisa menciptakan artwork atau layout yang sebelumnya sudah ada. 

  • Brand Designer

Posisi satu ini juga masih tinggi peminatnya. Brand designer memiliki tanggung jawab utama untuk menyampaikan ide yang dimiliki oleh suatu brand melalui desain. Biasanya, kamu akan langsung berhubungan dengan art director perusahaan dan klien. Bisa jadi, kamu juga ikut dalam peluncuran produk dan berperan sebagai pendukung visual brand perusahaan. 

  • Product Designer

Tak sedikit pebisnis yang mempunyai ide cemerlang, tetapi merasa kebingungan saat hendak mewujudkannya. Termasuk membuat desain produk yang baik. Inilah sebabnya, bisnis saat ini sangat memerlukan seorang desainer produk yang andal, tentunya untuk membantu merealisasikan ide yang ada jadi produk yang pas. 

Seorang desainer produk tidak hanya wajib mempunyai skill visual yang mumpuni. Kamu juga harus bisa memahami bisnis dengan baik dan menguasai technical skill. 

Itu tadi beberapa pilihan karier yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih kuliah di jurusan Visual Communication Design. Kalau kamu sedang mencari kampus terbaik, tentu saja BINUS UNIVERSITY @Malang tempatnya. Tidak hanya belajar teori visual secara umum, BINUSIAN juga dibekali dengan bermacam keahlian untuk bisa bersaing di bursa kerja. Cari kampus terbaik? Yuk, kuliah di BINUS UNIVERSITY!