5 Tips Tetap Kreatif Selama Jadi Mahasiswa Interior Design

Sebagai mahasiswa interior design, kita pasti dituntut untuk selalu kreatif. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar kreativitas tersebut selalu terjaga.

Industri desain interior menuntut adanya kreativitas yang tinggi, entah itu soal pemilihan warna, padu padan desain, tema, hingga peletakan furnitur. Hal ini memang bukan sesuatu yang dimiliki oleh semua orang, beberapa bahkan ada yang menyebutnya sebagai bakat. Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa menjadi sosok yang kreatif.

Percaya atau tidak, kreativitas merupakan suatu hal yang bisa diasah melalui peningkatan soft skill. Bahkan mereka yang telah terjun di dunia profesional pun membutuhkan keterampilan baru untuk bisa selalu kreatif. Sebagai mahasiswa Interior Design, kita juga perlu melakukan hal ini.

Sebagai informasi, ada beberapa tips yang bisa diterapkan supaya jiwa kreativitas kita senantiasa terasah. Di antaranya:

1. Ikut Serta pada Setiap Program Pengembangan Kreativitas

Meskipun banyak yang menganggap hal ini sebagai bakat, percaya atau tidak, kreativitas pasti membutuhkan stimulasi. Untuk mengembangkannya, kita bisa mengikuti kompetisi desain interior yang banyak diselenggarakan dan bisa diikuti oleh mahasiswa baik secara individu atau kelompok.

Dengan mengikuti kompetisi, kita punya kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dengan melihat kemampuan lawan. Jika ada bandingannya, kita bisa mengukur sebesar apa potensi yang dimiliki. Tidak perlu menang ketika mengikuti kompetisi karena pengalaman yang didapat akan bermanfaat dan membuat kita senantiasa kreatif.

2. Gunakan Metode Kreativitas Tertentu

Secara keilmuan, ada beberapa metode yang bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi kreativitas. Salah satunya, metode The Osborn-Parnes. Metode ini banyak digunakan oleh profesional untuk menjaga kreativitas. Metode ini punya 6 tahapan, yaitu:

  • Mess-Finding: Tahapan menganalisa tujuan dan objek kreativitas
  • Fact Finding: Tahapan mengumpulkan data
  • Problem Finding: Tahapan memahami masalah
  • Idea-Finding: Tahapan mengumpulkan ide
  • Solution Finding: Tahapan menguatkan dan mengevaluasi ide
  • Acceptance Finding: Tahapan menerapkan ide

Jadi ketika kamu merasa macet dan merasa tidak kreatif, metode The Osborne-Parnes bisa diikuti untuk menstimulasi kreativitas.

3. Selalu Terlibat dalam Diskusi dengan Teman atau Dosen

Selain dua hal yang telah disebutkan, kita juga bisa menjaga kreativitas dengan selalu melibatkan diri ke dalam suatu diskusi. Secara tidak langsung, diskusi akan membuat kita penasaran dan mencari jawaban tentang suatu hal yang ingin diketahui. Aktivitas ini tentu saja akan membuat kita selalu kreatif.

Diskusi tersebut bisa dilakukan di dalam kelas ataupun di luar kelas. Tidak perlu ada momen khusus untuk diskusi, kita juga bisa melakukan diskusi secara santai setiap menemukan masalah baru. 

4. Jangan Takut Membuat Kesalahan

Banyak yang menganggap berbuat salah adalah sesuatu yang harus dihindari. Mindset semacam ini tidak sepenuhnya benar. Sebagai mahasiswa, kita masih perlu banyak belajar. Jadi membuat kesalahan adalah sesuatu yang wajar. Justru dari kesalahan yang dibuat, kita tahu mana hal yang perlu diperbaiki.

Dengan menyadari kesalahan yang dibuat, kita juga punya ruang untuk berkembang dan terbuka dengan segala masukan. Selain itu, dengan membuat kesalahan kita bisa lebih dan menemukan ide baru yang lebih original.

5. Belajar Budaya Lain

Sebagai mahasiswa desain interior, kita perlu mengenal banyak budaya dan gaya. Dengan mempelajari atau mengenal budaya dari negara lain, kita bisa membandingkan desain interior khas suatu negara dengan negara lain. Proses ini secara tidak langsung akan membuat kita senantiasa kreatif.

Jadi jangan ragu untuk belajar budaya lain baik secara langsung atau melalui buku dan internet. Bukan tidak mungkin, pengetahuan yang diperoleh akan membuat kita muncul dengan ide baru yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa tips untuk senantiasa kreatif selama menjadi mahasiswa desain interior. Salah satu kampus di Indonesia yang memiliki jurusan ini adalah BINUS @Malang. Sebagai World Class University, BINUS tidak hanya menyediakan lingkungan belajar modern dan lengkap, tetapi juga yang dapat menstimulasi kreativitas mahasiswa. Salah satunya dengan program andalan mereka yaitu Enrichment Program (2+1)+1.