12 Perguruan Tinggi Negeri dengan Jurusan Bisnis Digital Akreditasi BAN PT

Bisnis digital menjadi salah satu jurusan yang lulusannya sangatlah dibutuhkan. Hal ini lantaran kemajuan teknologi dan bisnis yang kian cepat dan pesat. Selain itu minat akan jurusan ini juga kian tinggi. Jadi tak heran banyak siswa jenjang akhir yang tertarik mencari informasi tentang PTN dengan jurusan bisnis digital.

Jurusan ini juga sangat menantang bagi anak muda karena ada banyak materi ajar yang dirancang secara khusus untuk menjalankan bisnis digital. Beberapa keilmuan yang akan kamu dapatkan ketika masuk jurusan ini antara lain bisnis, teknik informatika, manajemen serta sistem informasi.

Berikut Daftar Universitas Negeri dengan Jurusan Bisnis Digital Terbaik Akreditasi BAN PT

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari PTN dengan jurusan bisnis digital, di bawah ini kami berikan daftar universitas dengan jurusan bisnis digital yang telah mendapatkan akreditasi BAN-PT:

  1. Politeknik Negeri Bali

Jenjang: D4

Status akreditasi: Baik Sekali

Jika kamu berdomisili di Pulau Dewata, beruntunglah karena disini ada PTN dengan jurusan bisnis digital yang sudah terakreditasi Baik Sekali. Prodi Bisnis Digital di PNB fokus pada pengembangan keahlian terapan dalam mengelola perkantoran bisnis digital menggunakan pendekatan ekraf dalam industri pariwisata. Ada beberapa kompetensi lulusan yang difokuskan disini yaitu digital office manager, digital marketing specialist, dan digital entrepreneur.

  1. Institut Teknologi Kalimantan

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

Raihan ITK atas status akreditas Baik dari BAN-PT menjadi bukti nyata dari kerja keras, dedikasi serta komitmen dari semua civitas akademika dalam menghadirkan kualitas pendidikan yang unggul dalam mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital.

  1. Politeknik Negeri Jember

Jenjang: D4

Status akreditasi: Baik

Dengan status akreditasi Baik, PTN dengan jurusan bisnis digital ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang tertarik terjun menjadi seorang technopreneur. Polije terletak di Jember Jawa Timur dan saat ini telah memiliki 8 jurusan dengan total 22 prodi. Menariknya Polije menjadi salah satu PTN penyelenggara pendidikan vokasional yang mengarahkan proses pembelajarannya pada tingkat keterampilan, keahlian serta memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

  1. UPN Veteran Jawa Timur

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

Kampus ini telah mendapatkan akreditasi A, sedangkan jurusan bisnis digitalnya berhasil meraih status akreditasi Baik. UPN Veteran berdiri pada tahun 1959. Awalnya ini adalah perguruan tinggi swasta. Namun pada tahun 2014 lalu perguruan tinggi ini resmi berubah menjadi negeri. Saat ini UPN Veteran memiliki 8 fakultas dengan 22 prodi.

  1. Politeknik Negeri Banyuwangi

Jenjang: D4

Status akreditasi: Baik

Politeknik ini bisa jadi pilihan terbaik bagi peminat jurusan bisnis digital. Pasalnya kampus ini tidak kalah hebat dengan politeknik lainnya seperti Politeknik Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau Politeknik Jakarta. Kampus ini memiliki motto yakni Job Maker – Innovative – Networking – Growth Excellent – Go Green and Clean – Opportunity. Jika disingkat kamu akan mendapatkan kata yang unik “JINGGO”.

  1. Universitas Bangka Belitung

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

UBB berdiri sejak tahun 2006 dengan 5 fakultas utama yakni fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi. Tujuan utama dari UBB adalah membangun peradaban dengan lulusan yang  profesional, berkarakter kebangsaan serta berkualitas yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini.  UBB juga menjadi salah satu universitas negeri yang menyelenggarakan Prodi Bisnis Digital.

  1. Universitas Lampung

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

Termasuk dalam daftar PTN dengan jurusan bisnis digital terbaik Indonesia, UNILA juga menjadi universitas tertua dan terbaik di Lampung. Prodi Bisnis Digital di UNILA berada dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Bagi kamu yang tertarik dengan UNILA, kamu bisa mendaftar ke kampus ini lewat jalur reguler, kerja sama atau prestasi.

  1. Universitas Diponegoro

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

Jurusan Bisnis Digital termasuk jurusan baru di UNDIP dan berada di bawah naungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 1957 dengan nama universitas Semarang. Namun pada tahun 1960 universitas ini berganti nama menjadi Universitas Diponegoro. Sebagai PTN terkemuka, UNDIP memiliki sederetan prestasi  yang tidak bisa diragukan. Salah satunya mendapat peringkat 1 dalam THE Asia Universities Summit tahun 2022 dan menempati peringkat 10 besar universitas terbaik di Indonesia.

  1. Politeknik Negeri Banjarmasin

Jenjang: D4

Status akreditasi: Baik

Terletak di Banjarmasin, perguruan tinggi ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi yang unggul dan berkualitas dalam bidang sains terapan. Selain jurusan Bisnis Digital, Polban juga memiliki jurusan lain yaitu jurusan Teknik Mesin,  Teknik Akuntansi, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan sebagainya.

  1. Universitas Sebelas Maret

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

Berlokasi di Surakarta, prodi Bisnis Digital UNS bertujuan menghubungkan pengetahuan dunia digital dengan dunia bisnis sehingga lulusannya memiliki berbagai macam keahlian yang mampu diaplikasikan pada dunia bisnis digital.

  1. Universitas Negeri Medan

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

PTN selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Universitas Negeri Medan. Kampus ini telah mendapatkan akreditasi Baik dari BAN PT yang membuatnya layak disandingkan dengan kampus besar dengan jurusan Bisnis Digital lainnya.

  1. Universitas Negeri Makassar

Jenjang: S1

Status akreditasi: Baik

Bagi kamu yang berada di Indonesia bagian timur, kamu bisa mendaftar ke Universitas Negeri Makassar. Tak perlu khawatir untuk kualitas pendidikannya karena UNM telah mendapat akreditasi Baik dari BAN PT.

Sambil Memilih PTN Yuk Lihat Jurusan Bisnis Digital  BINUS @Malang

Selain PTN, ada banyak PTS yang juga memiliki jurusan bisnis digital. Salah satu yang terbaik adalah jurusan Digital Business Innovation yang ada di BINUS @Malang. Berbeda dari jurusan bisnis digital lainnya, Digital Business Innovation memiliki fokus pembelajaran pada pengembangan kemampuan bisnis inovatif dalam dunia digital serta jurusan ini telah terakreditasi AACSB.

AACSB merupakan organisasi nirlaba yang sudah diakui secara internasional untuk meninjau sekolah bisnis dunia. Nah, di Indonesia baru 4 universitas yang mendapat akreditasi ini. BINUS adalah salah satunya.

Jurusan Digital Business Innovation merupakan jurusan double program yang mempelajari Entrepreneurship Business Creation dan Sistem Informasi. Karena double program, maka di akhir studi BINUSIAN akan mendapatkan dua gelar akademik sekaligus yakni Sarjana Bisnis (S. Bns.) dan Sarjana Komputer (S. Kom.). Kamu juga memiliki peluang kerja yang lebih luas karena memiliki dua program akademik. Kamu bisa menjadi seorang technopreneur, business developer, small business consultant, system analyst, information system consultant, system developer, business planner, dan sebagainya.

Tertarik untuk menjadi bagian dari jurusan Digital Business Innovation di BINUS @Malang? Segera daftarkan dirimu sekarang juga!