10 Perguruan Tinggi Terbaik dengan Ilmu Komunikasi Terbaik Versi THE WUR

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi jurusan dengan peminat yang cukup banyak. Tak heran karena jurusan ini mempelajari segala bentuk dan strategi komunikasi dalam segala lini yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja mulai dari komunikasi personal, publik, organisasi, hingga massa. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, yuk cari tahu perguruan tinggi Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings (THE WUR).

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Versi WUR Tahun 2024

Bagi kamu yang ingin masuk jurusan Ilmu Komunikasi, yuk cari tahu 10 perguruan tinggi Ilmu Komunikasi terbaik versi THE WUR tahun 2024.

  1. Universitas Gadjah Mada

Jurusan Ilmu Komunikasi di UGM masuk fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau Fisipol memiliki skor keseluruhan 29,8 – 32,8. Lulusan program studi ini akan dibekali dengan tiga penguasaan media konsentrasi yang membuatnya unggul dari kampus lainnya yakni konsentrasi media, perspektif media, serta sistem penunjang media. Selain itu hal menarik yang membuat Ilmu Komunikasi UGM berbeda dari yang lain adalah adanya pembelajaran di bidang relasi industri.

  1. Universitas Indonesia

Sama dengan UGM, skor keseluruhan yang didapat UI yakni 29,8 – 32,8 dan menempatkannya di peringkat dua nasional. Jurusan ini juga unggul dalam bidang relasi internasional dengan skor yang cukup tinggi yakni 67. Bagi kamu yang berminat mengambil jurusan Ilmu Komunikasi di UI, kamu perlu tahu jika disana pembelajarannya terbagi dalam beberapa program peminatan antaranya komunikasi media, periklanan, jurnalisme dan hubungan masyarakat.

  1. Universitas Airlangga

Kampus yang berada di Surabaya ini mendapatkan skor keseluruhan 23,4 – 29,7 dengan bidang relasi internasional dan kualitas riset yang menjadi keunggulannya. UNAIR memiliki dua program peminatan yaitu media dan korporat. Bagi kamu yang berminat ke UNAIR, kamu harus bersiap karena peminat jurusan ini di UNAIR cukup tinggi.

  1. BINUS University

Dalam peringkat sepuluh besar jurusan Ilmu Komunikasi terbaik nasional, BINUS University berhasil menduduki peringkat keempat dan menjadi satu-satunya PTS yang masuk 10 besar. BINUS University unggul dalam bidang hubungan internasional dan kualitas riset dengan total skor keseluruhan 11,3-23,3.

  1. Universitas Brawijaya

Kampus ini memiliki skor keseluruhan yang sama dengan BINUS @University yakni 11,3-23,3. Pembelajaran di UB memiliki tiga peminatan antara lain public relations, manajemen komunikasi dan kajian media. Universitas yang ada di Malang ini juga memiliki peminat yang cukup tinggi sehingga kamu harus bersiap-siap membuat alternatif pilihan jurusan atau kampus jika tidak diterima disini.

  1. Universitas Diponegoro

Universitas satu ini memiliki skor keseluruhan yang tidak jauh berbeda dari Unibraw dan juga BINUS yakni 11,3-23,3 dengan keunggulannya dalam bidang hubungan internasional dan hubungan industri. Program Ilmu Komunikasi di UNDIP menggunakan pembelajaran dengan dua peminatan yakni jurnalisme multimedia dan komunikasi strategis. Lulusannya sudah banyak yang bekerja di perusahaan nasional, internasional serta instansi pemerintahan.

  1. Universitas Padjadjaran

Unpad menawarkan tiga jurusan komunikasi yang mana ini berbeda dari kampus-kampus lainnya. Ada Ilmu Komunikasi, Ilmu Komunikasi PKSDU Pangandaran serta Manajemen Komunikasi. Adapun skor yang didapat dari THE WUR sama dengan UNDIP  yakni 11,3-23,3. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang digital communication planner, scientific communication profesional atau social entrepreneur, maka Unpad bisa jadi solusinya.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

UPI merupakan kampus yang berada di Bandung. Bagi kamu warga Bandung dan suka dengan jurusan Ilmu Komunikasi, kamu bisa jadikan UPI sebagai salah satu tujuanmu. Secara keseluruhan UPI memiliki skor sebanyak 11,3-23,3 dengan nilai tertinggi pada bidang kualitas penelitian.

  1. Universitas Sebelas Maret

Kampus satu ini memiliki koneksi ke industri yang terbilang cukup outstanding. Kurikulumnya sengaja dirancang agar lulusannya mampu memiliki kompetensi yang tinggi sebagai seorang jurnalis, perencana periklanan, peneliti komunikasi, broadcaster, PR officer, dan bahkan seorang konsultan komunikasi.

  1. Universitas Negeri Malang

Jurusan Ilmu Komunikasi di UM juga unggul dalam bidang hubungan internasional dan mendapatkan skor 11,3-23,3. Peringkat terbaik ini selaras dengan visi UM untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif sampai ke tingkat ASEAN dalam bidang komunikasi di tahun 2030 nanti.

Baca Juga:  10 Universitas Jurusan Informatika Terbaik Di Indonesia Menurut Edurank

Sambil Memilih PTN Yuk Lihat Jurusan Komunikasi BINUS @Malang

Semua siswa jenjang akhir biasanya memiliki cita-cita masuk ke PTN. Namun karena kuota jurusan yang terbatas membuat banyak diantaranya yang harus menggugurkan keinginan mereka. Sebagaimana kita ketahui, jurusan Ilmu Komunikasi di kampus manapun selalu menjadi favorit. Jadi tidak heran jika hal ini terjadi bukan?

Nah, untuk mengantisipasi rasa kecewa yang berlarut-larut, sedari kini buatlah pilihan alternatif kampus tujuan yang memiliki kualifikasi seperti PTN yang kamu tuju. Yakni yang memiliki kualitas pendidikan tinggi dengan banyak fasilitas penunjang. Kamu bisa memilih alternatif berdasarkan dari daftar perguruan tinggi Ilmu Komunikasi terbaik diatas. Dan bagi kamu yang berada di sekitar Indonesia bagian timur, kami rekomendasikan BINUS @Malang sebagai kampus pilihanmu.

BINUS @Malang merupakan bagian dari BINUS University. Dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum yang dirancang khusus untuk menyiapkan lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan profesional yang sanggup bersaing dalam dunia kerja.

Selain itu lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi BINUS @Malang juga mahir dalam menciptakan konten berkualitas yang dibutuhkan oleh pengguna media dan industri saat ini. Dengan penguasaan yang baik inilah, para alumni tentu mampu menjadi lulusan yang siap untuk bersaing di dunia kerja.

Jadi tunggu apa lagi? Mau daftar ke PTN dulu atau langsung ke BINUS @Malang?

Apapun pilihannya, BINUS @Malang menjadi salah satu tujuanmu!