Jurusan Kuliah untuk Programmer: Pengertian, Pelajaran, dan Peluang Karirnya

Apa kata pertama yang ada di benakmu ketika mendengar kata programmer? “Jenius”. Ya, jenius bisa jadi adalah kata yang terlintas. Hal ini lantaran profesi seorang programmer membutuhkan pengetahuan dan juga kepiawaian yang tinggi dalam mengutak atik perangkat lunak komputer.

Memang menjadi seorang programmer tak harus mereka yang memiliki gelar S1, S2, bahkan S3. Namun, bagi kamu yang ingin belajar menjadi seorang programmer, kamu butuh suatu sarana bukan? Nah, sarananya adalah masuk ke jurusan kuliah untuk programmer. Salah satunya adalah Jurusan Computer Science.

Apa Saja yang Dipelajari?

Menjadi seorang programmer bisa diwujudkan ketika kamu belajar dengan baik. Nah, kamu bisa memujudkan hal tersebut dengan masuk ke jurusan kuliah yang ditujukan untuk menjadi seorang programmer.

Dalam jurusan kuliah untuk programmer, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan juga keterampilan yang akan mengantarkanmu untuk menjadi pakar dalam menyusun algoritma dalam programming, mengembangkan perangkat lunak beserta sistemnya hingga membuat sebuah komputer mampu menjalankan fungsinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Untuk bisa mencapai beberapa hal diatas, artinya kamu akan belajar beberapa mata kuliah seperti pemrograman sistem, jaringan komputer, analisis numerik, data science and analytics, rekayasa perangkat lunak, teori dan bahasa automata, sistem digital, sistem cerdas, desain dan analisis algoritma, dan sebagainya.

Jurusan untuk Programmer di Indonesia

Di Indonesia, sampai sekarang masih belum ada jurusan yang spesifik ditujukan untuk menjadi seorang programmer. Namun beberapa jurusan ada yang relevan dengan pemrograman yang lantas bisa dijadikan sebagai dasar untuk menjadi seorang programmer. Berikut beberapa jurusan kuliah programming di Indonesia yang bisa kamu pilih:

  1. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ini membekalimu dengan konsep dasar matematika dan ilmiah yang sering digunakan pada program perangkat lunak komputer. Selain itu jurusan ilmu komputer juga membantumu memahami konsep AI, merancang bahasa pemrograman, struktur data, merancang software dan juga hardware. Jurusan ilmu komputer juga sering disebut dengan jurusan Computer Science.

  1. Jurusan Teknik Komputer

Jurusan ini biasanya berada dibawah naungan fakultas teknik. Oleh karena itu jurusan ini akan lebih berfokus pada pengembangan hardware. Meski begitu lulusan dari jurusan ini memiliki kualifikasi yang tinggi dalam pembuatan berbagai macam desain sistem juga komponen elektronik yang mana dalam pembuatannya membutuhkan integrasi antara dua bidang ilmu yakni teknik elektro dan ilmu komputer.

  1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan ini akan membekalimu berbagai pengetahuan serta keterampilan yang berkaitan dengan programmer mulai dari jaringan komputer, dasar-dasar fisika, dasar-dasar matematika, sistem informasi, software engineering, dan sebagainya. Selain itu kamu juga akan belajar untuk mengkaji pemrograman dan komputasi.

Lebih jelas tentang jurusan ini, Baca Juga : Jurusan Teknik Informatika: Keahlian, Pelajaran, Serta Prospek Karirnya.

  1. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan ini membekalimu dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan data mulai dari pengamanan, pengiriman, pengambilan serta penyimpanan. Kamu juga akan mendapatkan cukup banyak materi yang berkaitan dengan cyber security, database management juga desain sistem informasi.

  1. Matematika

Jurusan ini mempelajari banyak hal terkait aljabar, kalkulus serta geometri. Kamu juga akan belajar matematika murni dan terapan. Kenapa jurusan matematika termasuk jurusan kuliah programmer? Karena seorang programmer menggunakan bahasa matematika dalam pengembangan kode mereka. Misalnya dalam pembuatan sistem kecerdasan buatan atau pembuatan aplikasi yang digunakan untuk analisis data.

Peluang Karir Lulusan Jurusan Kuliah untuk Programmer

Selain menjadi seorang programmer, ketika kamu mengambil jurusan kuliah untuk programmer di atas, kamu juga berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan lain yang masih berhubungan dengan programming. Diantaranya adalah:

  1. Programmer/Software Developer

Sebagai seorang programmer atau software developer, kamu memiliki tugas dan tanggung jawab membuat perangkat lunak baik itu di perangkat seluler atau komputer yang mampu memudahkan suatu pekerjaan. Selain membuat, kamu juga harus mengembangkan, menguji dan juga memeliharanya dengan baik. Untuk itulah kamu harus bisa menggunakan coding dan menguasai bahasa pemrograman.

  1. IT Project Manager

Seorang IT Project Manager memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menganalisis berbagai masalah teknis dari klien ataupun perusahaan yang bersangkutan. Kamu juga wajib memiliki keterampilan tinggi dalam problem solving, memiliki keterampilan public speaking yang baik serta memiliki pengetahuan yang luas terkait sistem komputer dan juga teknologinya.

  1. Data Scientist

Tugas dan tanggung jawab profesi ini adalah meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, mengoptimalkan penjualan dan juga menganalisis big data. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang logis, detail, teliti dan suka bergelut dengan data atau angka.

  1. Game Developer

Ruang lingkup dari pekerjaan ini tak hanya menciptakan game namun semua proses di dalamnya mulai dari penciptaan karakter, membuat alur cerita, menciptakan mekanisme permainan hingga ke dokumentasi proses desain permainan.

  1. Technopreneur

Jika kamu memiliki jiwa wirausaha, selain menjadi seorang programmer kamu juga bisa technopreneur. Seorang technopreneur akan mengembangkan usaha yang dimilikinya menggunakan berbagai macam inovasi berbasis teknologi. Namun untuk bisa menjadi seorang technopreneur yang sukses, kamu juga harus menguasai dua bidang yakni bisnis dan teknologi.

Kesimpulannya, bagi kamu yang ingin menjadi seorang programmer, kamu bisa mendaftar ke beberapa jurusan kuliah untuk programmer di atas. Nah, di antara beberapa jurusan kuliah untuk di atas, ilmu komputer atau Computer Science adalah jurusan yang dinilai paling dekat untuk bisa mencapai tujuanmu.