Simak! 9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1 Gratis

Kebanyakan siswa dengan perekonomian menengah ke bawah yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan pasti akan mencari cara mendapatkan beasiswa kuliah. Kuliah gratis sekarang memang bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan. Kini cukup banyak lembaga yang menyediakan beasiswa untuk kuliah S1 gratis. Bahkan pemerintah juga memilikinya lewat program KIP.

Namun untuk mendapatkan beasiswa kuliah S1 gratis tentu bukanlah hal yang mudah. Selain semua persyaratan harus lengkap, seorang pencari beasiswa juga harus siap untuk bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan pemburu beasiswa. Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah? Mari simak informasinya dibawah ini sampai tuntas!

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Perjuangan mendapatkan beasiswa jelas bukan hal yang mudah namun bukan hal yang mustahil. Tak hanya berdoa, kamu juga harus tahu cara dan strategi untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Melakukan riset dan kumpulkan informasi seputar beasiswa

Cara mendapatkan beasiswa yang pertama adalah melakukan riset dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait dengan beasiswa yang sesuai dengan minatmu. Saat ini proses riset dan pengumpulan data juga jauh lebih mudah dengan adanya internet. Anda bisa mencari tahu lewat laman web resmi atau laman medsos kampus tujuanmu. Cari tahu sebanyak mungkin informasi beasiswa dari berbagai kampus sedetail mungkin agar kamu bisa dengan mudah membandingkan antara satu dengan yang lain dan memilih mana yang beasiswa yang hendak diambil.

  1. Menguasai bahasa asing sebaik mungkin

Jika kamu menyasar kuliah di luar negeri, kamu harus membekali dirimu dengan kemampuan berbahasa asing. Ini adalah kunci yang sangat penting.

Namun ada pula kampus dalam negeri yang juga mempersyaratkan skor minimal tertentu untuk uji kompetensi berbahasa bagi para calon penerima beasiswa lho. Jadi, mulai sekarang latihlah penguasaan bahasa asingmu.

  1. Mempunyai riwayat prestasi

Banyak beasiswa kuliah yang mempersyaratkan prestasi, oleh karena itu semakin banyak prestasi yang kamu miliki, semakin lebar peluang untuk mendapatkan beasiswa. Prestasi disini tak hanya terkait prestasi akademik namun juga non akademik.

  1. Memenuhi persyaratan dan dokumen yang diperlukan

Program beasiswa baik itu dalam ataupun luar negeri selalu memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Kamu harus memenuhi semua persyaratannya jika ingin mendapatkan beasiswa. Ingat, setiap lembaga mungkin saja memiliki persyaratan yang berbeda, jadi selalu pastikan dengan detail apa saja persyaratan dari setiap lembaga.

  1. Memilih perguruan tinggi kedinasan

Beberapa perguruan tinggi kedinasan memiliki fasilitas berupa kuliah gratis yang bisa kamu manfaatkan. Selain kuliah gratis, lulusan sekolah kedinasan biasanya akan cepat mendapatkan pekerjaan sejalan dengan bidang perkuliahan yang kamu ambil serta kamu akan dibekali dengan banyak kemampuan hardskill dan softskill.

  1. Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

KIP merupakan program pemerintah bagi mereka dengan perekonomian yang kurang mampu. Program ini bisa digunakan untuk mendaftar di semua PTN ataupun PTS lewat semua jalur seleksi.

  1. Mendapatkan beasiswa LPDP

Beasiswa ini dibiayai oleh pemerintah dan dikelola oleh LPDP. Menariknya beasiswa LPDP tak hanya memberi beasiswa untuk kuliah gratis namun juga uang saku pada para penerima beasiswanya. Selain S1, LPDP juga membuka beasiswa untuk jenjang S2, S3 dan Profesi baik dalam dan luar negeri.

  1. Mendapat beasiswa Bidikmisi

Program beasiswa ini membuatmu bisa berkuliah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Selain itu bidik misi juga memberikan tambahan uang biaya hidup bagi para penerima beasiswanya.

  1. Mempersiapkan diri untuk wawancara beasiswa

Cara mendapatkan beasiswa yang terakhir adalah menyiapkan diri untuk wawancara. Sesi ini bisa dibilang sebagai sesi yang sangat menegangkan. Namun karena berhubung ini adalah sesi yang sangat penting, pastikan kamu banyak berlatih untuk sesi ini. Kamu bisa berlatih dengan guru, teman atau keluarga. Cari tahu pula apa saja yang perlu dibahas dalam wawancara beasiswa agar kamu kian siap.

Nah, di atas adalah beberapa cara mendapatkan beasiswa, baik dalam ataupun luar negeri secara umum. Namun biasanya persyaratan beasiswa S1 luar negeri cenderung lebih rumit. Oleh karena itu jika kamu berniat kuliah ke luar negeri, pastikan mempelajari cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Bagaimana? Sudah tahu cukup banyak bukan cara mendapatkan beasiswa kuliah S1 gratis? Mulai sekarang jika kamu ingin kuliah namun memiliki kendala dalam bidang perekonomian, jangan ragu untuk mengikuti program beasiswa. Ada banyak program beasiswa yang diberikan oleh berbagai lembaga di seluruh Indonesia, tak terkecuali di BINUS @Malang. Ingin tahu apa saja beasiswa di BINUS @Malang? Simak ulasan di bawah ini!

Mengenal Beasiswa BINUS @Malang

Seperti yang diulas di atas, beasiswa disediakan oleh banyak pihak, salah satunya PTS seperti BINUS @Malang. Sebagai kampus elit dengan akreditasi A dan fasilitas serta kurikulum yang sangat mendukung, BINUS @Malang memiliki beberapa program beasiswa yang ditawarkan untuk para calon mahasiswanya. Berikut di antaranya:

  1. Beasiswa TPKS

Beasiswa ini ditujukan untuk para siswa berprestasi yang berhasil mengikuti dan lulus dalam tes TPKS yang diselenggarakan oleh BINUS. Untuk mendapatkan beasiswa ini kamu perlu mendaftar ke website resmi BINUS https://binus.edu/admissions lalu ikuti semua panduan pendaftarannya. Setelah pendaftaran diterima, kamu tinggal mengikuti dan lulus tes TPKS untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa ini akan memberikan pengurangan biaya up to 100% di biaya DP3  lho.

  1. Beasiswa Widia Scholarship

Beasiswa selanjutnya dari BINUS adalah Widia Scholarship. Beasiswa membuatmu bisa kuliah di BINUS tanpa dikenakan biaya apapun sampai berakhirnya masa studi. Sama seperti beasiswa TPKS, kamu bisa mendapatkan beasiswa ini dengan terlebih dulu mendaftar lewat laman resmi BINUS https://binus.edu/admissions lalu lampirkan dokumen pendukung yaitu fotokopi piagam kompetensi dan sertifikat minimal 3 tahun terakhir. Setelah itu ikuti dan lulus tes TPKS.

  1. Beasiswa BINUSIAN Community Scholarship

Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki orang tua atau saudara kandung yang saudara kandung/orang tua yang telah lulus atau yang sedang aktif berkuliah di BINUS UNIVERSITY. Beasiswa ini akan memberikan pengurangan biaya minimal 25% di biaya DP3  lho.

Jika kamu memenuhi kriteria dari beasiswa ini, lakukan pendaftaran dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan lewat laman resmi BINUS yaitu https://binus.edu/admissions.

Dokumen tersebut meliputi ijazah atau BINUSIAN Card dari orang tua atau saudara kandung yang telah atau masih kuliah di BINUS University. Dokumen lain yang juga harus disertakan adalah kartu keluarga. Selain syarat administrasi berupa dokumen, sama halnya dengan syarat beasiswa lainnya, kamu harus mengikuti dan lulus tes TPKS.

BINUS @Malang merupakan salah satu kampus swasta bergengsi yang sudah banyak meluluskan orang-orang yang sukses. Nah, bagi kamu yang memiliki kendala dalam bidang keuangan, kamu bisa kuliah disini secara gratis. Tak perlu malu menjadi penerima beasiswa, justru banggalah. Kenapa? Karena hanya mereka yang memiliki prestasi terbaik yang akan terpilih.