8 Kampus di Indonesia dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik Versi Edurank

Jurusan Teknik Informatika merupakan program studi di perguruan tinggi yang berfokus pada pengembangan dan penerapan teknologi informasi. Apakah kamu berminat memilih program ini? Jika iya, di sini kamu akan banyak belajar tentang berbagai hal seperti pemrograman, desain perangkat lunak, jaringan komputer, sistem keamanan informasi, database, dan semacamnya.

Memang, sudah sangat terkenal jika jurusan Teknik Informatika menawarkan peluang karir yang sangat luas dengan kebutuhan yang diperlukan perusahaan modern. Mereka yang sudah pro akan memiliki berbagai kemampuan seperti pengembang perangkat lunak, ahli keamanan informasi, administrator jaringan dan semua hal yang terkait dengan TI.

Namun perlu diingat, tidak semua kampus akan menjadi akses terbaik untuk meraih mimpimu sebagai ahli teknik informatika. Hanya kampus terbaik dengan kualitas pendidikan dan fasilitas terbaik yang akan mengantarkan pada kesuksesan.

Agar kamu bisa lebih mudah dalam memilih kampus, berikut daftar 8 PTN dan PTS Informatika terbaik versi EduRank.

8 Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik Versi EduRank Beserta Alamatnya

EduRank merupakan lembaga independen yang menentukan peringkat universitas di Indonesia berdasarkan performa riset di bidang IT. Dalam menentukan peringkat, EduRank tentu saja tidak asal. Berikut beberapa PTN dan PTS Informatika terbaik:

  1. Universitas Indonesia (UI) Depok

Fakultas Ilmu Komputer UI atau Fasilkom UI memang menjadi salah satu program studi terpopuler di Indonesia. Berdiri sejak 1972, Fasilkom UI adalah tujuan utama bagi mereka yang ingin berkarir di bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Fakultas ini menawarkan riset yang sudah modern dengan fasilitas canggih untuk pembelajaran modern dengan fasilitas robot.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung

Salah satu kampus tertua di Indonesia ini juga memiliki jurusan Sistem dan Teknologi Informasi. Seperti halnya di kampus lain, jurusan Sistem dan Teknologi Informasi di ITB juga mencakup Pemrograman dan Struktur Data, Desain Algoritma, Jaringan Komputer, Sistem Informasi dan semacamnya.

  1. Telkom University Bandung

Telkom University merupakan salah satu kampus dengan spesialisasi di bidang Teknologi Informasi yang ada di Bandung. Kampus ini sudah banyak berhasil meluluskan tenaga kompeten di bidang sistem operasi, keamanan informasi, pengembangan perangkat lunak, dan kecerdasan buatan.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

Lulusan Jurusan Teknik Informatika dari UGM telah terbukti memiliki peluang karir yang luas, termasuk menjadi pengembang perangkat lunak, analis sistem, administrator jaringan, ahli keamanan informasi, dan profesional TI lainnya. Program studi ini biasanya terus diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terbaru sesuai dengan kurikulum terbaru

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Jurusan Teknik Informatika ITS di Surabaya ini tidak hanya berfokus pada pengembangan sistem informasi tetapi juga implementasi sekaligus manajemennya. Kualitas pendidikan di ITS sudah sangat ternama di seluruh Indonesia dimana lulusan Teknik Informatika ITS mendapatkan kepercayaan dari berbagai perusahaan raksasa berbasis teknologi.

  1. BINUS University @Malang

Universitas BINUS menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang telah terbukti berada di peringkat tinggi EduRank. Hal ini sangat wajar mengingat BINUS di seluruh Indonesia (Greater Jakarta, Bandung, Semarang, dan Malang) memang berfokus pada program studi berbasis teknologi informatika.

Salah satu kampus BINUS terfavorit adalah BINUS @Malang yang menghadirkan delapan jurusan yang menawarkan program studi yang sangat dibutuhkan di dunia kerja modern. Jurusan Computer Science di BINUS @Malang memiliki akreditasi internasional dengan mata kuliah seperti Multimedia Programming Foundation, Big Data Processing, Web Programming, dan sebagainya.

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Kampus yang terletak di kota Semarang ini juga hadir dengan jurusan terpopulernya, Program Studi Informatika yang berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Matematika. Jurusan ini berfokus pada pemrograman komputer termasuk memahami bahasa pemrograman penting, database dan juga sistem operasi serta jaringan komputer yang menjaga keamanan jaringan.

  1. Universitas Brawijaya (UB) Malang

Terletak di kota Malang sebagai kota pendidikan, Universitas Brawijaya menghadirkan jurusan Sistem Informasi. Bidang studi ini bernaung di bawah Fakultas Ilmu Komputer. Mahasiswa jurusan ini tentunya dapat bersiap belajar tentang sistem informasi yang terbentuk dari komunikasi sistem. Kampus ini menghadirkan sarana dan prasarana yang canggih untuk memenuhi kebutuhan sistem informasi canggih dan modern.

Sebagai calon mahasiswa jurusan Teknik Informatika, tentu kalian ingin memilih PTN dan PTS Informatika terbaik bukan? Oleh karena itu pilihlah BINUS @Malang. Kenapa? Karena diantara ke-10 terbaik di atas, BINUS memegang peringkat pertama dengan menjadi peringkat pertama di Indonesia, peringkat ke-10 di Asia dan 61 di dunia.

Selain itu BINUS @Malang adalah kampus dengan peringkat terbaik secara konsisten di EduRank. Tidak hanya itu, BINUS @Malang juga selalu menjadi salah satu kampus swasta terbaik di peringkat QS World University Rankings, UniRank dan juga WUR. BINUS juga masuk dalam daftar versi Webometrics lho.

Jadi sudah pasti kamu tidak akan salah pilih karena BINUS @Malang juga telah terakreditasi unggul serta mendapatkan pengakuan akreditasi internasional dari ABET, AACSB, Tedqual, AUN-QA, dan akreditasi internasional lainnya.

Untuk masalah pekerjaan kamu tidak perlu khawatir karena lulusan BINUS @Malang selalu menjadi prioritas perusahaan ternama dari berbagai jenis industri seperti teknologi, pemerintahan, kesehatan, perbankan dan semacamnya.

Jadi, jangan ragu bergabung di BINUS @Malang!