7 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Kampus BINUS @Malang

Selain pembelajaran dan fasilitas kampus yang mendukung, BINUS @Malang juga memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa dijadikan ajang untuk mengasah skill. Ya, UKM BINUS @Malang merupakan sebuah wadah berkumpulnya mahasiswa sesuai dengan bakat, minat, kegiatan, hobi, kreasi, dan kreativitas. Secara sederhana, UKM merupakan kegiatan ekstrakurikuler di perguruan tinggi.

Keberadaan UKM adalah untuk mengembangkan potensi dalam diri mahasiswa (soft skill), sehingga nantinya mereka tidak hanya unggul di dalam akademis saja. Secara tidak langsung, Unit Kegiatan Mahasiswa ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan pengalaman ini bisa menjadi nilai tambah ketika proses berwirausaha, berkarir, atau saat mencari kerja.

Manfaat Unit Kegiatan Mahasiswa

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki jenis UKM yang berbeda-beda, tidak terkecuali dengan BINUS @Malang. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih mengikuti UKM yang sesuai dengan minat agar nantinya kegiatan tersebut tidak sia-sia. Berikut adalah beberapa jenis Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa kamu ikuti di kampus BINUS @Malang:

  1. Kegiatan Olahraga

Buat kamu yang suka olahraga, BINUS memiliki UKM olahraga yang juga menjadi salah satu lembaga kemahasiswaan yang paling favorit dan cukup banyak peminatnya. Bagi pecinta olahraga seperti basket, olahraga, bulu tangkis, voli dan berbagai jenis olahraga lain, maka UKM ini sangat cocok untuk kamu ikuti. Siapa tahu, kamu menjadi lebih bisa mengasah skill dan berhasil menyabet kejuaraan di ajang tertentu, baik itu di dalam atau luar kampus.

  1. Dance

Dance memang identik dengan para gadis, namun jangan salah, UKM dance di BINUS juga banyak diisi oleh cowok-cowok yang gerakannya tidak kalah luwes seperti cewek. Dengan mengikuti UKM ini, kamu juga bisa menjadi terkenal seantero kampus, lho. Bagaimana tidak, setiap kampus memiliki even tertentu, pasti membutuhkan dancer sebagai hiburannya.

  1. Musik

Sama halnya dengan UKM dance, mengikuti UKM musik juga bisa membuatmu terkenal. Jika aktif mengikuti kegiatan di sini, maka skill kamu juga akan semakin bertambah. Tidak menutup kemungkinan, kamu juga bisa semakin terkenal karena diundang untuk memeriahkan acara di dalam maupun luar kampus.

  1. Jurnalistik

UKM jurnalistik adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang paling merajalela di berbagai kampus. Jika kamu tekun mengikuti kegiatan di dalamnya, maka skill menulis kamu juga akan semakin terasah dan tidak menutup kemungkinan tulisan kamu diangkat atau diterbitkan di majalah kampus atau sejenisnya. Dengan begitu, nama kamu juga akan semakin dikenal di kampus.

  1. Pengabdian Masyarakat

Kamu pasti juga heran, pengabdian masyarakat rupanya menjadi salah satu jenis UKM yang bisa diikuti di BINUS @Malang. UKM ini sangat unik dan tidak semua kampus memilikinya. Meski begitu, jika kamu mengikuti UKM pengabdian masyarakat, maka secara tidak langsung kamu juga mendukung upaya untuk memajukan atau mensejahterakan masyarakat.

Karya yang kamu berikan untuk masyarakat, maka secara tidak langsung juga akan membuatmu kampusmu menjadi dikenal dan nama kamu dikenang. Prestasi ini bisa membuatmu semakin terkenal di seantero kampus, lho.

  1. IT (Informasi dan Teknologi)

Buat kamu yang mengambil jurusan kuliah non IT, maka UKM IT bidang IT ini sangat disarankan untuk kamu ikuti. Meski tidak mendapatkan ilmunya di dalam materi perkuliahan, namun tetap bisa belajar dunia IT di sini. Biasanya, anak-anak yang bergabung UKM IT ini sangat keren karena memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

  1. Kerohanian

Tidak ada salahnya kamu juga mengikuti UKM kerohanian. Di samping bisa meningkatkan iman, di sini kamu juga bisa menambah pertemanan.

Daftar Organisasi Mahasiswa Tahun 2024

Beberapa jenis UKM ini bisa kamu ikuti saat kuliah di BINUS @Malang. Di antara ketujuh UKM ini, sebenarnya BINUS masih memiliki jenis Unit Kegiatan Kemahasiswaan lain yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat.

BINUS @Malang saat tahun 2024 ini juga menyediakan berbagai organisasi kemahasiswaan yang juga bisa kamu jadikan ajang untuk mengasah soft skill. Berikut adalah susunan organisasi kemahasiswaan tahun 2024 di BINUS @Malang yang wajib kamu ketahui.

  • UKM Penalaran Jurnalistik (PANORAMA)
  • UKM Dance (EPIC PARANOIA)
  • Olahraga Basket (HORZELS)
  • UKM Bulu Tangkis (SMASHER)
  • UKM Kemasyarakatan (TFI-SC)
  • Olahraga E-Sport (BINUSIAN GAMING)
  • UKM Band (PANCARAGAM)
  • UKM Penalaran Computer Club (BMCC)
  • Kerohanian Agama Hindu (MAHIBIMA)
  • Kerohanian Agama Budha (KMBD)
  • Kerohanian Agama Katolik (KMK)
  • Kerohanian Agama Kristen (LG)

Dampak Positif Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) BINUS @Malang

Mengikuti UKM BINUS @Malang ini tidak sekedar menyalurkan minat dan bakat semata. Ada banyak dampak positif yang bisa kamu rasakan, terlebih saat kamu sudah lulus dan memasuki dunia kerja nantinya. Berikut adalah beberapa dampak positif yang akan kamu dapat melalui kegiatan UKM untuk menambah semangatmu untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan ini:

  1. Melatih Mental

Memasuki dunia kerja, kamu tidak cukup jika hanya membawa ijazah saja, namun soft skill mumpuni juga sangat dibutuhkan. Mental kuat tidak bisa kamu dapat jika hanya berkutat di dalam kelas saja, maka dari itu ikutilah organisasi-organisasi yang dimiliki kampus dan ambil peran penting untuk dijadikan sebagai tempaan melatih mental.

  1. Membentuk Karakter Pemimpin

Dimanapun mahasiswa berada, karakter pemimpin juga sangat dibutuhkan dan hal ini tidak bisa datang dengan sendirinya. Kamu harus berani menghadapi tempaan serta pengalaman dalam berorganisasi agar jiwa kepemimpinan kamu bisa muncul. Ini juga bisa berdampak positif saat kamu sudah terjun di dunia kerja nanti.

  1. Belajar Menghargai Pendapat Orang Lain

Sudah pasti, sebuah organisasi tidak akan luput dari kegiatan musyawarah saat akan memutuskan sesuatu. Sikap menghargai pendapat orang lain ini juga bisa kamu dapatkan dari sini.

Bergabung di UKM BINUS @Malang sangat seru dan berdampak sangat baik di masa mendatang. So, tunggu apalagi? Yuk, segera join ke BINUS @Malang.