10 Pilihan Jurusan untuk Programmer di Indonesia yang Bisa Kamu Pilih

Tak dapat dimungkiri, pesatnya perkembangan teknologi seiring berjalannya waktu menuntut kita untuk lebih memahami dan melek teknologi, terlebih karena kurun waktu ini sebagian besar aspek kehidupan masyarakat semakin memerlukan kemajuan informasi. Menyikapi hal ini, sebagian besar kampus-kampus di Indonesia kini telah membuka jurusan kuliah yang memfasilitasi mahasiswanya untuk mempelajari ilmu teknologi lebih dalam dan lanjut melalui beberapa jurusan kuliah programmer, jurusan informatika misalnya. Jurusan informatika di Indonesia sendiri sekarang sudah banyak dibuka oleh kampus di berbagai kota.

Tidak sedikit bagi mereka yang bercita-cita menjadi programmer bertanya untuk bisa jadi programmer, kuliah jurusan apa? Nah, apabila kamu salah satu yang mempertanyakan itu, tidak perlu khawatir! Saat ini pilihan jurusan kuliah programmer bagi calon mahasiswa yang berminat untuk memperdalam ilmunya di bidang teknologi informasi sudah semakin banyak sehingga calon mahasiswa dapat mempertimbangkan mana yang paling cocok untuknya.

Apakah kamu ingin menjadi programmer? Berikut adalah pilihan jurusan untuk programmer di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk menunjang karirmu:

  1. Jurusan Teknik Komputer

Jika kamu memilih jurusan ini, hal utama yang akan dipelajari nantinya adalah cara untuk mengimplementasikan software atau perangkat lunak pada perangkat keras. Materi mengenai perangkat lunak sendiri kira-kira sekitar 45%, lebih sedikit daripada materi perangkat keras yang porsi belajarnya mencapai 55%. Dari sini, dapat dilihat bahwa jurusan teknik komputer ini fokusnya lebih terpusat pada pengembangan perangkat keras dalam perangkat komputasi.

Setelah lulus nanti, mahasiswa jurusan teknik komputer dapat memilih pekerjaan yang butuh ahli dalam mendesain sistem dan pembuatan komponen-komponen elektronik.

  1. Jurusan Ilmu Komputer

Meskipun nama jurusan ini sekilas terdengar mirip dengan teknik komputer, tetapi sebenarnya kedua jurusan ini mempelajari hal yang berbeda. Jika teknik komputer berfokus pada perangkat keras dan lunak, maka jurusan ilmu komputer ini fokusnya lebih dititik beratkan pada konsep dasar matematika dan ilmah yang nantinya dipakai dalam pemrograman komputer. Mahasiswa yang memilih jurusan ilmu komputer juga akan diajarkan untuk memahami lebih dalam mengenai struktur data, bahasa pemrograman serta konsep kerja AI atau Artificial intelligence.

Tentu saja, ketika mempertimbangkan jurusan ini, akan lebih baik jika calon mahasiswa mempunyai kemampuan analisis teori dan logika yang cukup baik.

  1. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi merupakan salah satu jurusan kuliah programmer yang juga cukup populer dan banyak diminati. Dalam jurusan ini, mahasiswa mempelajari banyak hal terkait perbaikan peralatan yang berhubungan dengan teknologi, perencanaan, konfigurasi, penerapan sampai pengembangan perangkat lunak. Tidak hanya itu, materi lain yang akan dieksplor lebih dalam juga meliputi database management, cyber security dan juga desain sistem informasi.

  1. Jurusan Sistem Informasi

Walaupun nama-nama dari jurusan kuliah programmer terkesan mirip dan hampir sama, namun jangan sampai terkecoh ya, karena ilmu yang dipelajari tentu saja berbeda antara satu dengan yang lain. Pada jurusan sistem informasi, mahasiswa akan sedikit mempelajari ilmu komputer, dan di samping itu juga akan lebih fokus pada materi terkait ilmu manajemen.

Di jurusan ini, konsentrasinya adalah pada analisis kebutuhan dan pengembangan perangkat lunak yang nantinya digunakan memenuhi keperluan suatu perusahaan. Oleh karena itu ilmu manajemen juga ditekankan.

  1. Jurusan Komputer Jaringan

Sesuai dengan namanya, jurusan komputer jaringan mendalami ilmu mengenai jaringan-jaringan yang ada pada internet. Nantinya, jaringan itu juga yang akan digunakan koneksi internet pada bermacam-macam jaringan komputer.

  1. Jurusan Teknik Informatika

Berikutnya, teknik informatika masuk dalam daftar jurusan programmer yang akan memberi materi mengenai pengetahuan dan keterampilan secara luas yang mana juga mencakup sistem informasi, jaringan komputer dan software engineering. Ilmu dasar matematika dan fisika juga tidak luput untuk dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik informatika.

  1. Matematika

Jangan salah, matematika adalah ilmu penting yang harus dikuasai oleh seseorang yang berminat menjadi programmer. Materi-materi yang berhubungan dengan pemrograman banyak dipelajari dalam jurusan matematika, contohnya seperti aljabar, geometri dan kalkulus. Walaupun tidak terkait dengan komputer, jurusan ini juga masih termasuk jurusan yang dulunya ditekuni para programmer.

  1. Jurusan Ilmu Data dan Statistik

Membuka peluang bagi lulusannya untuk menjadi seorang Data Scientist, jurusan kuliah ini juga cukup banyak diminati. Adapun salah satu materi yang akan dipelajari yaitu membantu urusan-urusan yang terkait dengan programming.

  1. Jurusan Elektronika dan Robotik

Jurusan ini terhubung erat dengan ilmu lebih dalam perihal pengembangan robotik serta teknologi elektronika. Karena keduanya masih termasuk dalam dunia pemrograman, maka jurusan elektronika dan robotik layak dipertimbangkan bagi kamu yang tertarik dengan profesi sebagai programmer.

  1. Jurusan Teknik Cyber Security

Hal yang menjadi prioritas dalam maraknya perkembangan teknologi salah satunya meliputi keamanan data di dalamnya. Dengan memasuki jurusan teknik cyber security dan mempelajari bagaimana menjaga keamanan suatu data, peluang untuk mendapat pekerjaan yang menjanjikan pun sangat luas, baik di perusahaan maupun lembaga negara.

Kamu tertarik dengan salah satu jurusan programmer yang telah disebutkan di atas? Dari antara banyaknya pilihan kampus yang ada, tidak perlu bingung memilih. BINUS @Malang dapat menjawab kegundahanmu dalam memilih kampus dan dapat pastinya sebagai kampus yang meraih peringkat 10 besar universitas terbaik di Indonesia dan menyaingi puluhan perguruan tinggi negeri lainnya, memasang standar edukasi yang tinggi juga untuk diberikan pada setiap mahasiswanya. Terlebih, melihat akreditasinya yang telah unggul dan terakreditasi secara internasional.

Tidak hanya dalam skala nasional, peringkat yang telah diraih BINUS University juga mendapat andil dan dikeluarkan oleh QS World University Rankings, UniRank, dan WUR.

So, tunggu apalagi? Yuk segera join ke BINUS @Malang!