Yuk, Simak Daftar Organisasi Mahasiswa di Kampus BINUS @Malang

Universitas Bina Nusantara atau BINUS University adalah salah satu perguruan tinggi swasta dengan predikat terbaik yang ada di Indonesia. Hal ini selain didukung dari pembelajaran dan fasilitas kampus yang mendukung, ternyata juga ada peran dari organisasi yang berdiri di sana. Organisasi mahasiswa BINUS @Malang juga cukup banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan minat maupun kegemaran para mahasiswa.

Mengikuti organisasi ini juga bisa dijadikan ajang untuk mengasah skill. Sehingga nantinya  mahasiswa tidak hanya pintar di akademis saja. Kampus BINUS juga dikenal sebagai salah satu kampus yang berhasil mencetak founder start-up unggulan, lho. Tidak heran jika sebagian besar lulusan BINUS mayoritas adalah founder start-up di berbagai bidang bisnis.

Tupoksi Organisasi Mahasiswa

Selain mendapat materi perkuliahan, BINUS @Malang juga menawarkan berbagai unit kegiatan dan himpunan mahasiswa yang bisa kamu ikuti untuk menunjang hard skill maupun soft skill. Organisasi mahasiswa bisa dikatakan sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas dari kemahasiswaan yang berupa aspirasi, ide hingga gagasan yang dimiliki melalui beragam kegiatan yang sesuai dengan tujuan dari pendidikan.

Seluruh regional kampus BINUS baik itu BINUS @Greater Jakarta, BINUS @Malang, BINUS @Bandung, BINUS @Semarang dan BINUS @Malang, organisasi kemahasiswaannya terbagi menjadi dua. Pertama ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Himpunan Mahasiswa di BINUS @Malang

Himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang dimiliki oleh BINUS @Malang yang berada dibawah binaan kemahasiswaan BINUS @University. Anggota dari HMJ ini adalah para mahasiswa yang berada di program studi yang dipilih. Sampai saat ini, BINUS telah memiliki 26 HMJ dari seluruh regional.

Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah daftar dari himpunan mahasiswa jurusan yang ada di kampus BINUS @Malang:

  1. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI)
  2. Himpunan Mahasiswa Entrepreneur (HIMPRENEUR)
  3. Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI)
  4. Himpunan Mahasiswa Communication (HIMMCOMM)
  5. Himpunan Mahasiswa Jurusan Public Relations atau United Student Public Relations (USPR)
  6. Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (HIMDKV)

Unit Kegiatan Mahasiswa di BINUS @Malang

BINUS @Malang juga memiliki unit kegiatan mahasiswa (UKM). Ini merupakan wadah untuk para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kreativitas dan kegemaran di bidang tertentu untuk berkumpul dan melakukan kegiatan ekstrakurikuler.

BINUS saat ini memiliki 42 UKM yang terbagi menjadi empat rumpun besar. Mulai dari rumpun olahraga dan beladiri, rumpun UKM penalaran, rumpun UKM kerohanian dan kemasyarakatan dan rumpun UKM kesenian dan media informasi. Berikut adalah cakupan UKM di BINUS tersebut di antaranya:

  1. Rumpun Olahraga dan Beladiri (Sport and Martial Arts)
  • Badminton
  • Basket
  • Voli
  • Sepakbola
  • Binusian Gaming (BG)
  1. Rumpun UKM Penalaran (Reasoning and Knowledge)
  • International marketing community of BINUS (IMCB)
  • Bina nusantara computer Club (BNCC)
  1. Rumpun UKM Kerohanian dan Kemasyarakatan (Religion and Society)
  • Majelis Taklim Al Khawarizmi (MT)
  • Persekutuan Oikumene (PO)
  • Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK)
  • Keluarga Mahasiswa Hindu (KMH)
  • Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana (KMBD)
  • Teach For Indonesian Student Club (TFI-SC)
  1. Rumpun UKM Kesenian dan Media Informasi (Arts and Information Media)
  • Modelling Club BINUS (MCB)
  • Band
  • Pojok Aksi dan Informasi Bina Nusantara (PANORAMA)
  • Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (PARAMABIRA)
  • Seni Tari Mahasiswa Bina Nusantara (STAMANARA)

Macam-macam Kegiatan Organisasi Mahasiswa BINUS @Malang

  1. BINUSIAN dan Organisasi

Kegiatan organisasi yang dilakukan di BINUS biasanya ada talkshow yang mengundang beberapa alumni BINUS yang dulunya pernah menjadi pengurus beberapa organisasi kemahasiswaan yang ada di sana. Pada acara ini, para alumni akan berbagai pengalaman serta manfaat yang mereka rasakan sebagai pengurus organisasi tersebut.

Para alumni juga akan menyampaikan berbagai organisasi yang dimiliki BINUS, jenis organisasi, jumlah organisasi hingga prestasi yang diraih dari organisasi kemahasiswaan tersebut. mahasiswa juga diperbolehkan untuk aktif ketika sesi tanya jawab diberikan.

  1. BINUSIAN dan Aktivitas

Untuk sesi ini biasanya diadakan pada hari sabtu. Untuk sesi ini, seluruh organisasi kemahasiswaan (OK) di BINUS membuka booth di kampus Anggrek. Nantinya, setiap organisasi akan maksimal dan total untuk mendekorasi setiap boothnya.

Para pengurus OK juga akan menunjukkan skill yang dimiliki, misalnya dalam menyanyi, menari, bermain alat musik dan mengajak semuanya agar ikut terlibat. Bahkan di sini juga ada tantangan yang apabila ada seseorang yang mampu menyelesaikan tantangan tersebut, maka bisa masuk UKM secara cuma-cuma alias gratis.

  1. BINUSIAN dan Religi

Sesi ini biasanya dilaksanakan setiap hari Jumat. Tepatnya setiap gelombang general orientasi (GO), yaitu sekitar pukul 11 siang sampai pukul 1 siang. Seluruh UKM yang masuk di dalam rumpun kerohanian yang ada di BINUS juga akan dilibatkan dan melakukan kegiatan ibadah bersama-sama sesuai dengan kepercayaan atau agama yang dianut oleh masing-masing.

Selain kegiatan beribadah bersama, di sini juga ada kegiatan untuk saling berbagi pengalaman. Dengan begitu, diharapkan bisa meningkatkan ilmu serta nilai-nilai keagamaan setiap Binusian dan kepercayaan mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah informasi tentang organisasi mahasiswa BINUS @Malang yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti organisasi di BINUS ini, diharapkan kamu bisa memberikan dampak yang semakin positif serta kesiapan yang lebih matang untuk menghadapi dunia yang sesungguhnya setelah lulus kuliah.

Melalui kegiatan organisasi ini, secara tidak langsung kamu sedang belajar tentang menjadi pemimpin, membangun koneksi, mengelola waktu, keterampilan, dan banyak hal lain yang sangat berguna di masa mendatang.

So tunggu apalagi? Yuk, segera join BINUS @Malang dan dapatkan potongan biaya sumbangan hingga 25% hanya di sini https://binus.ac.id/malang/.