Simak, 6 Strategi Jitu untuk Memasuki Pasar Global Beserta Contohnya

Tantangan bisnis di pasar global pastinya lebih sulit dengan tantangan yang beragam. Kamu pasti juga bertanya-tanya, bagaimana bisa sejumlah perusahaan Indonesia berhasil masuk dan bersaing di kancah internasional. Bahkan produk yang ditawarkan juga lebih sesuai dengan target pasar luar negeri. Salah satu pencapaian ini bisa diraih karena adanya strategi pasar global.

Melalui strategi ini, perusahaan bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dengan berbagai varian produk yang ditawarkan. Pastinya setiap wilayah memiliki budaya yang berbeda. Oleh sebab itu, perusahaan harus bisa beradaptasi untuk mengetahui kebutuhan masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Baca juga: Contoh Business Plan dan Langkah-langkah Membuatnya

Keuntungan Melakukan Pemasaran Global?

Melalui strategi pemasaran global ini, perusahaan atau pelaku usaha akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Kesempatan Profit yang Lebih Banyak

Harus kamu ketahui sebelumnya, bahwa menggunakan metode ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun ini juga sebanding dengan apa yang akan diperoleh perusahaan kedepannya, yaitu sebuah peluang baru yang juga bisa mendatangkan pendapatan yang jauh lebih tinggi.

  1. Brand Awareness yang Semakin Meningkat

Strategi pemasaran global juga bisa membangun brand awareness, sehingga bisa menambah kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan. Dengan begitu, konsumen akan terpuaskan saat membeli dan menggunakan produk tersebut.

  1. Peningkatan Produk

Saat strategi ini berhasil diterapkan dengan baik sambil terus meningkatkan kualitas produk sesuai standar yang berlaku, maka permintaan produk juga bisa mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk menjaga pencapaian ini, maka jaga kepercayaan konsumen.

Ada baiknya perusahaan juga tidak hanya memahami produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan saja. Namun sesuaikan juga dengan sistem pembayaran yang dilakukan orang-orang di wilayah tersebut.

Contoh Strategi Pemasaran Global

Agar kamu bisa lebih paham tentang strategi pemasaran global, ada contoh perusahaan di Indonesia yang telah sukses menerapkan strategi ini, yaitu produk jamu tradisional. Meski terbilang tradisional dan sarat akan kearifan lokal, namun produk jamu ini bisa tembus hingga pasar Eropa.

Awalnya, kebanyakan orang luar negeri sangat pesimis dengan pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit dan lebih percaya dengan pengobatan ala medis. Terlebih lagi, kualitas rendah yang kadung melekat sejak zaman dahulu membuat banyak orang semakin ragu menggunakan produk jamu ini.

Nah, untuk bisa melewati tantangan ini, maka perusahaan harus bisa meningkatkan kualitas produknya agar bisa memenuhi standar internasional. Dengan begitu, orang luar negeri akan menilai bahwa produk jamu tradisional tersebut telah mumpuni bagi mereka. Pada akhirnya, produk jamu ini berhasil masuk ke pasar global dan digemari oleh banyak orang.

Elemen yang Terdapat Pada Strategi Pasar Global

Keberhasilan dari pasar global ini sangat menggiurkan karena mendatangkan keuntungan yang sangat tinggi. Keberhasilan ini harus dibarengi dengan perencanaan dan pelaksanaan strategi yang matang agar bisa berhasil sejak awal memulainya. Berikut adalah beberapa elemen yang ada di dalam strategi pemasaran global yang wajib kamu ketahui agar mencapai keberhasilan:

  1. Target Pasar

Ada baiknya membuat sasaran target pasar yang sesuai dan spesifik supaya produk bisa diterima oleh negara tujuan. Riset konsumen juga dibutuhkan agar strategi ini bisa berhasil maksimal. Pertimbangkan, apakah produk yang kamu tawarkan tersebut bisa menjadi solusi atas masalah yang dialami oleh target pasar atau tidak.

  1. Waktu

Terdapat dua pilihan waktu untuk memasuki pasar global. Pertama, menjadi pionir sektor bisnis untuk masuk pasar global. Kedua, menunggu kompetitor masuk ke pasar global terlebih dahulu dan memperhatikan kesuksesan serta kegagalan yang dialaminya.

  1. Skala Bisnis

Perusahaan baik skala besar maupun kecil tetap bisa memasuki pasar global, semua tergantung dari berbagai pertimbangan yang dilibatkan. Mulai dari proses pembiayaan hingga banyaknya konsumen yang membeli produk tersebut.

Cara Memasuki Pasar Global yang Bisa Dilakukan Perusahaan?

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki pasar global agar bisa mendapatkan hasil maksimal dan proses operasional perusahaan tidak terganggu. Berikut adalah cara memasuki pasar global yang wajib diketahui:

  1. Ekspor Produk

Langkah terbaik untuk masuk ke pasar global adalah dengan menawarkan produk atau jasa ke pasar internasional. ini merupakan metode awal yang bisa diambil karena minim risiko dan dianggap lebih efektif dari segi pembiayaan.

  1. Lisensi (Perizinan)

Siapkan perizinan perusahaan di negara yang dituju untuk menggunakan properti perusahaan yang umumnya bersifat intangible (tidak terlihat), seperti hak paten, trademark hingga langkah produksi. Perusahaan lain akan membayar lisensi kepada kamu selaku pemilik hak cipta suatu produk.

  1. Franchise

Franchise biasanya memiliki sejumlah aturan yang memang harus dipatuhi oleh pemiliknya di daerah atau negara lain. Dari bahan baku hingga proses pembuatannya, bahkan harus mengikuti ketentuan dari perusahaan yang asli.

  1. Join Venture

Join venture adalah dua perusahaan yang kemudian mendirikan anak perusahaan baru dimana target marketnya adalah pasar global. Keuntungan menggunakan metode ini adalah, perusahaan menjadi tahu lebih detail terkait budaya serta kebutuhan masyarakat yang akan dituju.

  1. Investasi Langsung

Dalam metode ini, perusahaan secara langsung akan menginvestasikan fasilitas yang akan digunakan di pasar global. Metode ini sering digunakan untuk membentuk perusahaan baru ataupun mengakuisisi perusahaan yang ada sebelumnya.

  1. Partnership (Piggybacking)

Secara harfiah, Piggybacking berarti menggendong. Dalam artian di sini, dua perusahaan yang tidak saling bersaing melakukan kerja sama untuk menjual produk ke negara tujuan. Menjaga kepercayaan dua perusahaan sangat penting agar terhindar dari berbagai risiko.

Strategi pasar global perlu dilakukan agar bisa mendatangkan keuntungan yang lebih baik bagi perusahaan yang kamu gawangi. Buat kamu yang ingin mempelajari lebih dalam terkait strategi ini dan menjadi pebisnis sukses, jangan ragu lagi untuk bergabung dengan BINUS @Malang. Cari informasi dan artikel tentang bisnis dan entrepreneur lainnya di website https://binus.ac.id/malang/.