Algoritma Pemrograman: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Hal pertama jika ingin menjadi seorang programmer handal adalah harus bisa memahami algoritma pemrograman dengan baik. Tapi tenang saja, ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari.

Secara sederhana, algoritma pemrograman merupakan sebuah cara berpikir secara logika dalam bentuk tahapan-tahapan yang sistematis untuk menyelesaikan masalah pada pemrograman komputer.

Tentang Algoritma dan Algoritma Pemrograman

Istilah tunggal algoritma sangat erat kaitannya dengan matematika dan informatika (ilmu komputer). Algoritma secara khusus dirancang secara sistematis untuk menyelesaikan masalah atau tugas tertentu. Sementara istilah algoritma pemrograman adalah dasar sebuah program di dalam komputer berupa langkah-langkah yang secara sistematis juga bisa menyelesaikan masalah.

Algoritma memang dirancang secara sistematis dan logis supaya mudah diikuti maupun diimplementasikan oleh komputer ataupun sistem pemrosesan sebuah data lainnya. Dalam artian sederhana, algoritma pemrograman dasar logika dalam pembuatan program komputer supaya bisa berjalan sesuai perintah.

Dalam kehidupan sehari-hari, pemrograman sering digunakan dalam berbagai bidang. Diantaranya matematika, komputasi dan ilmu data. Baik itu untuk memecahkan masalah yang sederhana maupun masalah yang bersifat kompleks.

Algoritma adalah aspek paling penting saat developer membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman apapun. Pasalnya, hasil akhir dari program yang dibuat tersebut tergantung dari algoritma yang telah ditulis.

Fungsi Algoritma Pemrograman

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, algoritma ini bertujuan untuk membantu memecahkan masalah secara lebih sistematis dan terstruktur, sehingga solusi dapat ditemukan dengan mudah. Untuk fungsi utama dari algoritma sendiri adalah membantu para programmer dalam merancang maupun menulis kode secara efektif, efisien dan bisa dipahami dengan mudah.

Selain yang sudah disebutkan di atas, berikut adalah beberapa fungsi lain dari algoritma pemrograman yang wajib kamu ketahui.

  1. Menyederhanakan program yang rumit dan besar menjadi lebih sederhana, sehingga penggunaannya bisa lebih efektif dan efisien.
  2. Memudahkan untuk cepat menemukan kesalahan dalam program saat terjadi eror dan bisa segera diatasi segera karena alurnya yang jelas dan runtut.
  3. Proses modifikas menjadi lebih mudah karena tidak perlu merubah seluruh modul, namun cukup mengubah modul yang berkaitan saja.
  4. Membantu menyelesaikan permasalahan yang kompleks pada programs serta meminimalisir kesalahan penghitungan matematis tingkat tinggi.
  5. Script yang telah dibuat secara urut dan sistematis membuat proses pengembangan menjadi lebih mudah.
  6. Bisa digunakan berulang kali dan tidak perlu repot menuliskan kembali program yang sama, sehingga lebih memudahkan dalam membuat program.
  7. Ada dua pendekatan yang digunakan dalam algoritma pemrograman untuk memudahkan proses pembuatan program, yaitu top down dan divide & conquer.

Cara Kerja Algoritma Pemrograman

Terdapat tiga aspek utama di dalam pemrograman, yaitu ada input, proses dan output. Saat pengguna memasukkan data (perintah), maka komputer akan melakukan analisa dan mengeksekusinya sesuai dengan alur algoritma agar output yang dihasilkan bisa sesuai dengan harapan.

Sebagai contoh sederhana, saat kamu melakukan pencarian di mesin Google, langkah logika dari algoritma google adalah sebagai berikut. Menulis query pencarian – sistem memproses perintah yang kamu tulis – sistem menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan perintah yang kamu masukkan tersebut.

Pada praktiknya, konstruksi pada algoritma pemrograman ini terdiri dari tiga macam. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  1. Algoritma Percabangan (Conditional)

Konstruksi logaritma ini menjalankan keputusan dengan berdasarkan pada kondisi tertentu dengan dua ataupun lebih percabangan. Contohnya, jika nilai ujian mencapai lebih dari 75, maka hasilnya adalah lulus.

  1. Algoritma Sekuensial (Linear Sequence)

Konstruksi ini merupakan algoritma dengan prosedur yang berjalan pada satu proses menuju proses selanjutnya hingga mencapai hasil akhir. Misalnya, merebus ketela mentah hingga matang.

  1. Algoritma Pengulangan (Looping)

Ini merupakan konstruksi algoritma dengan menjalankan urutan perintah yang berulang-ulang sampai beberapa kali. Misalnya, menampilkan bilangan kelipatan 5 mulai dari angka 0 hingga 100.

Persamaan Linear dan Matriks

Dalam algoritma, terdapat dua persamaan yang umum digunakan. Yaitu yang pertama persamaan linear dan yang kedua ada persamaan matriks. Persamaan linear adalah salah satu metode yang paling banyak dijumpai di sejumlah disiplin ilmu, seperti fisika, matematika, statistika, teknik, bisnis dan sebagainya.

Sementara persamaan matriks adalah konsep matematika yang di dalamnya melibatkan matriks. Matriks sendiri merupakan susunan sejumlah elemen dalam baris atau kolom. Matriks juga bisa dioperasikan melalui penjumlahan, pengurangan dan perkalian.

Dua Cara Menyusun Algoritma

Dalam menyusun algoritma pemrograman terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan flowchart dan pseudocode. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Flowchart merupakan diagram yang di dalamnya menampilkan proses dan langkah dalam pengambilan keputusan di dalam sebuah program. Tujuannya adalah menyederhanakan rangkaian dari prosedur sehingga bisa mengurangi risiko kesalahan tafsir.

Selain sederhana, keuntungan lain yang bisa didapat dari flowchart ini adalah lebih mudah dimengerti karena menampilkan algoritma secara visual. Dengan begitu kesalahan bisa ditemukan dengan mudah dan keakuratannya juga dianggap lebih terperinci.

2. Pseudocode merupakan cara penulisan program informal sesuai kaidah sendiri, ketimbang menggunakan aturan dari bahasa pemrograman yang sudah ditetapkan. Tujuannya adalah agar alur logika yang sudah ditulis bisa dipahami dengan mudah oleh manusia.

Sesuai dengan namanya, pseudocode berarti palsu atau bukan yang sebenarnya, sehingga pseudocode berarti hanya berisi hasil fundamental dari sebuah kode. Kegunaannya biasanya untuk menulis representasi algoritma secara cepat.

Jika kamu tertarik untuk mendalami tentang ilmu algoritma pemrograman ini, jangan ragu untuk bergabung bersama BINUS @Malang. BINUS @Malang memiliki berbagai macam jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minat kamu. Didukung para dosen berkualitas dan fasilitas yang mumpuni, siapa tahu nanti kamu juga bakalan bisa membuat program sendiri.

Yuk, cari tahu artikel lain tentang algoritma dan pemrograman dalam artikel Algoritma dan Pemrograman: Fondasi Kesuksesan dalam Dunia Teknologi.