5 Contoh Algoritma Pemrograman Dilengkapi dengan Flowchart

Algoritma pemrograman merupakan kumpulan perintah yang harus diikuti komputer dalam melakukan perhitungan atau operasi pemecahan masalah. Definisi formal algoritma pemrograman adalah kumpulan instruksi terbatas yang dilakukan dalam urutan tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Perlu diketahui bahwa algoritma pemrograman bukan keseluruhan program atau kode.

Meski demikian, algoritma pemrograman merupakan logika sederhana masalah yang direpresentasikan sebagai deskripsi informal dalam bentuk diagram alur atau kode semu.

Cara Kerja Algoritma

Algoritma adalah prosedur langkah bertahap yang dirancang untuk memecahkan masalah tertentu dan melakukan tugas secara efisien di bidang computer science dan matematika. Algoritma adalah rangkaian instruksi yang kuat ini membentuk tulang punggung teknologi terkini untuk mengatur banyak faktor mulai dari penelusuran situs hingga artificial intelligence.

  1. Algoritma menggunakan data input dalam berbagai ragam format, antara lain angka, gambar, atau teks.
  2. Algoritma melakukan proses data masukan melalui rangkaian operasi logis dan matematis sebelum akhirnya memanipulasi dan mengubahnya sesuai kebutuhan.
  3. Algoritma akan mengeluarkan output atau keluaran setelah proses data masukan selesai yang dapat berupa hasil atau informasi dalam bentuk apapun.

Contoh nyata algoritma yang paling umum adalah pembelajaran mesin atau machine learning. Machine learning menggunakan beberapa algoritma untuk memprediksi hasil tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukannya.

Pembelajaran mesin menggunakan dua jenis, baik pembelajaran dengan pengawasan dan pembelajaran tanpa pengawasan. Ilmuwan data, dalam pembelajaran dalam pengawasan, menyediakan algoritma kompleks melalui data pelatihan berlabel serta melakukan penentuan variabel yang diinginkan agar algoritma menilai korelasinya. Input (masukan) dan output (keluaran) algoritma sudah ditentukan.

Machine learning tanpa pengawasan melibatkan algoritma yang dapat melatih data yang tak berlabel dan menyaringnya untuk mencari pola yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mengelompokkan suatu titik data ke suatu sub kumpulan. Mayoritas pembelajaran yang berkaitan dengan pembelajaran mendalam yang termasuk didalamnya jaringan saraf merupakan algoritma tanpa pengawasan.

5 Contoh Algoritma dan Flowchart untuk Referensi Belajar

Berikut adalah lima contoh algoritma dan flowchart sebagai cara menghitung berbagai bidang seperti:

1. Menghitung Keliling Lingkaran

r = jari-jari lingkaran dan phi

Keliling Lingkaran =2 x phi x r

Algoritmanya adalah menetapkan nilai phi = 3.14 dan menghitung jari-jari lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran adalah K=2*phi*r

Nilai K dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)

5 Contoh Algoritma dan Flowchart untuk Referensi Belajar: Menghitung Keliling Lingkaran

2. Menghitung Luas Segitiga

Petunjuknya adalah a = alas dan t = tinggi

Luas Segitiga = a x t / 2 atau L = 1/2*a*t

Algoritmanya adalah dengan memasukkan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t)

Penghitungan luas menggunakan rumus alas dengan tinggi yang sudah ditentukan

Nilai L akan tercetak sebagai keluaran ke perangkat keluaran atau perangkat output.

5 Contoh Algoritma dan Flowchart untuk Referensi Belajar: Menghitung Luas Segitiga

3. Mengirim Surat

Algoritma mengirim surat adalah menulis surat, kemudian menyiapkan amplop, memasukkan surat ke amplop tersebut, lalu amplop surat dilem dan menuliskan alamat tujuan surat, dengan mencari dulu alamat tersebut, lalu tulis alamat di amplop surat tersebut. Kemudian amplop ditempeli perangko lalu menuju ke kantor pos dan menyerahkan suratnya kepada petugas.

Mengirim Surat

4. Menghitung Luas Persegi Panjang

Input adalah p = panjang dan l = lebar

Luas Persegi Panjang atau L = p x l

Algoritmanya adalah inputkan panjang dan inputkan lebar

Nilai L akan dicetak sebagai output ke perangkat output

Menghitung Luas Persegi Panjang

5. Menghitung Keliling Persegi yang Diketahui Luas

Input L = Luas , S= sisi

Cara menghitung sisi adalah S = L : 2

Cara menghitung keliling persegi : K= 4 x S

Algoritmanya adalah dengan menginput Luas Persegi dengan menghitung sisi dan menghitung keliling persegi dengan rumus tersebut diatas.

Nilai K = Keliling Persegi akan dicetak sebagai output ke perangkat output

Menghitung Keliling Persegi yang Diketahui Luas

Mengapa Perlu Algoritma

Algoritma diperlukan karena beberapa alasan berikut ini:

1. Skalabilitas

Algoritma membantu pemahaman pengguna tentang skalabilitas. Ketika programmer mempunyai masalah dunia nyata yang cukup besar, programmer harus memecahnya menjadi langkah-langkah kecil agar dapat dianalisis dengan cepat.

2. Penyelesaian

Dunia nyata sulit untuk dipecah menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Jika suatu permasalahan dapat dengan mudah dipecah menjadi langkah-langkah yang lebih kecil, hal ini menunjukkan bahwa permasalahan tersebut layak untuk diselesaikan.

3. Efisiensi

Aspek kunci dari algoritma adalah efisiensinya. Efisiensi ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan dengan sumber daya seminimal mungkin.

4. Optimasi

Perancang algoritma terus mencari cara untuk mengoptimalkan algoritma mereka. Dengan demikian, algoritma menjadikannya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.

5. Implementasi

Algoritma diimplementasikan dalam berbagai bahasa pemrograman. Hal ini memungkinkan komputer untuk mengaksesnya dan menghasilkan hasil yang diinginkan.

Jika kalian punya minat dan bakat di bidang sains komputer, tentunya kalian harus memahami bahasa pemrograman. Sebagai media yang menghubungkan pengembang website dengan komputer untuk berkomunikasi, bahasa pemrograman sangat penting untuk dipelajari secara mendalam. Bisa dikatakan jika ini adalah dasar dari sains komputer.

Terlebih di era modern ini pengembangan bahasa pemrograman harus memecahkan masalah melalui tingkat abstraksi lebih canggih. Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat kalian harus lebih banyak belajar berbagai fitur terbaru bahasa pemrograman yang dapat mengekspresikan ragam ide lebih kompleks untuk menyediakan instruksi komputasi.

Lebih jauh tentang pemrograman, baca juga : Jenis-jenis Bahasa Pemrograman dan Penjelasannya.