Yuk, Kepoin 10 Tips Masuk PTN Favoritmu

PTN atau Perguruan Tinggi Negeri tetap menjadi tujuan pertama bagi para lulusan SMA. Meskipun memiliki seleksi yang ketat namun kenyataannya hal ini selalu diminati. Terbukti dari selalu ramainya SNBP, SNBT atau seleksi mandiri PTN. Lantas kira-kira bagaimana cara mengalahkan ribuan pendaftar PTN tujuanmu? Yuk, cek tips masuk PTN favoritmu di sini.

Jalur Masuk PTN

Perlu diketahui, setiap peserta yang mendaftar ke PTN harus masuk melewati jalur yang sudah ditentukan. Berikut 5 jalur masuk PTN yang harus kamu tahu!

  1. SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi)

Jalur masuk ini biasanya diadakan secara serentak tanpa seleksi dalam bentuk ujian tertulis melainkan menggunakan nilai pada rapor. Nah, karena menggunakan nilai rapor, maka ada beberapa hal yang jadi pertimbangan yakni prestasi akademis, partisipasi ekstrakulikuler, serta portofolio.

  1. SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)

Jalur masuk satu ini juga diadakan serentak dan melibatkan tes tertulis. Keunggulan dari jalur ini adalah kemampuannya untuk menerima peserta yang berasal dari 2 hingga 3 tahun sebelumnya. Pola jalur masuk ini juga terbilang yang paling fleksibel, efisien dan terjangkau.

  1. Mandiri

Ini adalah jalur seleksi yang membebaskan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi yang diminati tanpa harus ujian bersama. Dibandingkan jalur SNBT, jalur mandiri kurang diminati padahal kuotanya terbilang besar sehingga persaingannya tidak seketat seleksi nasional. Namun biaya pendidikan untuk jalur mandiri biasanya memberlakukan uang pangkal dan UKT tiap semester yang dibayar ketika pertama kali masuk.

  1. Beasiswa Prestasi

Ini adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa yang berprestasi baik akademis atau non akademis sesuai program studi yang dipilih. Ketentuannya setiap perguruan tinggi bisa saja berbeda-beda namun umumnya penerima beasiswa ini tidak mengikuti tes masuk.

  1. Beasiswa Bidikmisi

Ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa dengan latar belakang pra sejahtera atau kurang mampu namun memiliki potensi akademik yang baik. Program ini merupakan program bantuan dari pemerintah Indonesia. Adapun untuk bisa masuk lewat jalur ini peserta harus mengikuti seleksi administrasi, tes tulis, serta wawancara.

Tips Masuk PTN

Di atas sudah dibahas 5 jalur masuk untuk PTN. Selanjutnya mari kita bahas tips kuliah di PTN.

  1. Pilih Jalur Seleksi yang Tepat

Ada 5 jalur masuk ke PTN, pilihlah jalur seleksi yang mana kamu memiliki semua persyaratan dan karakteristiknya. Misalnya SNBP yang mengambill nilai rapor sebagai acuannya. Artinya kamu harus memastikan jika nilai rapormu masuk dalam 40% tertinggi untuk sekolah dengan akreditasi A, 25% untuk akreditasi B dan 5% untuk akreditasi C.

Sedangkan untuk SNBT karena berdasarkan dari ujian tertulis, maka kuatkanlah kemampuan penalaran dan potensi skolastikmu.

  1. Kenali Minat dan Kompetensi Diri

Kebanyakan calon mahasiswa gagal bukan karena kurang pintar namun karena memilih prodi yang tidak tepat. Oleh karena itu ketahuilah minat pribadimu. Analisa kemampuan diri dan bandingkan dengan prodi yang hendak dipilih. Selain itu analisa daya tampung untuk mengetahui seberapa besar persaingannya.

  1. Buatlah Timeline Belajar per Hari

Bagilah waktu terkait dengan materi dan mapel yang ingin dikuasai. Jadwal dan deadline akan memudahkanmu untuk menguasai materi yang sulit. Namun ingat, selalu perhatikan dirimu dengan memberikan waktu untuk istirahat dan selalu jaga pola makan.

  1. Perbanyak Latihan

Ketika mengikuti seleksi, kesiapan mental sangatlah penting. Banyak yang gagal karena grogi ketika mengerjakan soal. Jadi sebaiknya mulai sekarang perbanyak latihan dengan meminjam atau membeli buku soal SNBT/UTBK. Baca Juga: Cek Cara Melihat Skor UTBK dan Download Sertifikat UTBKl.

  1. Pelajari Kembali Soal yang Kurang Kamu Kuasai

Jangan pernah bosan mempelajari konsep dasar. Ketika kamu memahami konsep dasar dengan baik maka apapun soalnya pasti bisa dijawab.

  1. Pahami Prosedur Seleksi PTN

Seleksi kuliah di PTN biasanya melibatkan beberapa tahapan. Kadang peserta ada yang gagal karena kekeliruan administrasi. Oleh karena itu pastikan untuk memahami semua prosedur seleksi dengan baik.

  1. Mengikuti Tryout atau Simulasi SNBT/UTBK

Carilah informasi terkait dengan simulasi SNBT yang dilakukan disekitarmu untuk melihat peluang dan kemampuanmu.

  1. Ikut Bimbingan Belajar

Ikutilah bimbingan belajar untuk membantumu memahami setiap materi ujian. Tutor akan banyak membantumu dalam menyelesaikan berbagai macam soal yang sulit sekalipun.

  1. Usaha Maksimal dengan Doa dan Tawakal

Apapun yang kamu lakukan, jangan pernah lupa berdoa dan selalu tawakal. Dengan ini semua yang kamu usahakan tidak akan ada yang sia-sia.

  1. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Tak hanya fisik yang harus dijaga, namun juga mental. Tentu kamu tak mau kan ketika hari H justru sakit atau stress karena kelelahan belajar. Karena itu jagalah kesehatanmu dengan baik.

Jurusan Unggulan di PTN

Di bawah ini beberapa jurusan unggulan di PTN. Karena peminatnya tinggi, maka persaingannya juga sangatlah ketat:

  1. Ilmu Komputer

Perkembangan teknologi membuat lulusan dari jurusan ini akan selalu dibutuhkan bahkan hingga 10 tahun kedepan. Selain itu prospek karirnya juga sangat cemerlang sehingga jurusan ini tak pernah sepi peminat.

  1. Kedokteran

Jurusan kedokteran memiliki prospek karir yang tinggi serta memiliki dampak positif dalam hubungannya dengan kemasyarakatan. Selain itu seperti kita ketahui, kebutuhan akan petugas kesehatan juga tak pernah surut.

  1. Teknik Informatika

Prodi satu ini juga masuk kategori peminat terbanyak. Alasannya sama dengan prodi ilmu komputer karena teknologi yang pesat membuat kebutuhan akan lulusan teknik informatika akan selalu tinggi.

  1. Psikologi

Jurusan satu ini cukup diminati karena prospek karirnya yang cukup luas. Lulusan prodi psikologi bisa menjadi seorang konsultan, ahli psikometri, atau talent acquisition di perusahaan.

  1. Hukum

Lulusan hukum tak hanya berkarir sebagai pengacara namun bisa menjadi hakim, jaksa, atau notaris. Atau kamu juga bisa menjadi staff hukum atau menjadi HRD. Selain memiliki prospek yang luas, gaji nya juga cukup tinggi lho.

  1. Manajemen Bisnis

Bagi kamu yang menyukai dunia korporat, manajemen bisnis jadi salah satu jurusan yang direkomendasikan. Namun peminatnya sangatlah banyak. Tak jarang dari ribuan pendaftar yang diambil kurang dari 100 orang.

  1. Teknik Sipil

Kebutuhan infrastruktur yang kian berkembang jelas membuat lulusan teknik sipil sangat dibutuhkan. Apalagi Indonesia yang masih dalam tahap bertumbuh. Namun karena hal inilah jurusan teknik sipil memiliki peminat yang tinggi.

  1. Akuntansi

Program studi ini menjadi yang sangat diminati karena seorang akuntan banyak dibutuhkan oleh semua jenis bisnis mulai dari bisnis kecil hingga besar. Selain menjadi seorang karyawan, lulusan jurusan akuntansi juga bisa membuka praktik akuntan secara independen.

  1. Hubungan Internasional

Prodi ini sangat tepat bagi kamu yang tertarik dengan diplomasi, politik atau masalah global. Lulusan HI seringkali mendapatkan kesempatan untuk berkarir pada perusahaan multinasional, organisasi internasional, bahkan menjadi duta besar.

  1. Farmasi

Mengingat peran apoteker yang sangat dibutuhkan, maka jurusan inipun juga menjadi salah satu yang paling diminati. Adapun prospek kerjanya tak sebatas di apotek saja melainkan juga di laboratorium, klinik, lembaga penelitian, serta rumah sakit.

Memilih prodi yang tepat adalah langkah awal meraih sukses, meski begitu sebaiknya jangan terfokus pada kampus PTN saja. Banyak kampus swasta yang kualitasnya bahkan lebih bagus dari kampus PTN besar. Salah satunya BINUS.

BINUS @Malang adalah salah satu rekomendasi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Meskipun kampus swasta, namun BINUS mampu membuktikan keunggulannya dengan masuk peringkat 10 besar Universitas Terbaik di Indonesia selama bertahun-tahun. Selain itu BINUS juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, mendapatkan akreditasi unggul dan akreditasi Internasional dari AACSB, ABET, AUN-QA, serta mendapatkan beberapa akreditasi Internasional lainnya.

Ini adalah bukti bahwa BINUS adalah kampus terbaik dengan standar yang tinggi untuk kualitas edukasinya. Tunggu apa lagi? Gabung ke BINUS @Malang sekarang juga!