Daftar 10 Kampus dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Jurusan ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang belakangan tak pernah sepi peminat. Tak heran karena jurusan ini memang disebut sebagai salah satu jurusan yang bakal eksis hingga 5 tahun atau bahkan 10 tahun kedepan. Menariknya, dimanapun kampusnya jurusan ini selalu penuh tak terkecuali di BINUS @Malang. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, sebelum menentukan pilihan kampus, yuk cari tahu universitas jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia.

Memilih jurusan adalah hal yang penting ketika hendak kuliah, namun disamping itu kita juga harus mempertimbangkan tempat dimana kita kuliah. Pertimbangan ini penting mengingat setiap kampus memiliki nilai akreditasi yang berbeda. Selain itu beberapa kampus diistimewakan atau memiliki privilege khusus ketika dihadapkan pada dunia kerja. Kenapa bisa terjadi?

Alasannya karena kualitas pendidikan kampus tersebut yang memang sudah tidak bisa diragukan, nilai akreditasi yang baik, serta penilaian dari lembaga pengukuran peringkat perguruan tinggi Internasional seperti Times Higher Education.

Times Higher Education (THE) merupakan sebuah lembaga pengukuran peringkat untuk perguruan tinggi yang membuat laporan terkait dengan pendidikan tinggi. THE juga dikenal karena mereka selalu menerbitkan peringkat perguruan tinggi terbaik dunia setiap tahunnya berdasarkan 13 indikator kerja yang lantas dibagi menjadi 5 kelompok (teaching, research, citation, international outlook, dan industry income).

Tahun ini lembaga Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) kembali merilis daftar kampus jurusan ilmu komunikasi terbaik yang ada di Indonesia. Nah, bagi kamu yang ingin masuk jurusan Ilmu Komunikasi, yuk cek 10 universitas berikut dan jadikan salah satunya sebagai tujuanmu.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)Peringkat 501-600 dengan skor 29,8-32,8

Program studi S1 jurusan Ilmu Komunikasi di UGM menjadi jurusan yang selalu kebanjiran peminat dalam seleksi masuk perguruan tinggi untuk bidang sosial humaniora. Tentu saja hal ini tak lepas dari kualitas pendidikan untuk jurusan tersebut.

Jurusan Ilmu Komunikasi UGM juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Persaingan untuk masuk ke jurusan ini sangat ketat karena hanya tersedia 75 kursi yang diperebutkan. Padahal yang mendaftar ada ribuan setiap tahunnya.

  1. Universitas Indonesia (UI)Peringkat 501-600 dengan skor 29,8-32,8

Banyak yang menyebutkan jika UI adalah kampus terbaik dan paling bergengsi di Indonesia. Hal ini memang benar karena kenyataannya kualitas pendidikan UI memang cukup luar biasa. Salah satu bisa terlihat dari jurusan Ilmu Komunikasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi di UI telah terakreditasi A dari BAN-PT dan memiliki kursi yang terbatas. Pada tahun 2022 misalnya, kursi yang disediakan hanya 100 dengan pendaftar keseluruhan yang mencapai 6 ribuan.

  1. Universitas Airlangga (Unair) Peringkat 601-800 dengan skor 23,4-29,7

UNAIR adalah perguruan tinggi pertama yang berdiri di Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 1954, kini UNAIR telah memiliki total 14 fakultas dengan 1 sekolah pasca sarjana yang terbagi dalam 3 kampus. Sama halnya dengan dua kampus diatas (UI dan UGM), UNAIR juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan Ilmu Komunikasi. Dengan begini sudah bisa dipastikan bahwa UNAIR memiliki sistem pendidikan yang bagus untuk jurusan Ilmu Komunikasinya.

  1. BINUS UniversityPeringkat 801+ dengan skor 11,3-23,3

Sebagai kampus swasta, BINUS University berhasil menunjukkan kemampuannya untuk bersaing dengan kampus negeri ternama. Tidak heran karena BINUS University telah menerapkan kurikulum Internasional dalam pembelajarannya. Selain itu BINUS University juga metode pembelajaran berbasis online (LMS) sehingga pembelajaran bisa dilakukan dimana saja tanpa dibatasi tempat dan waktu.

BINUS University juga telah mendapat akreditas A oleh BAN-PT yang kian mengukuhkannya sebagai salah satu kampus dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia.

  1. Universitas Brawijaya (UB)Peringkat 801+ dengan skor 11,3-23,3

Universitas yang terletak di Malang Jawa Timur ini juga memiliki akreditasi A untuk jurusan Ilmu Komunikasinya. Berdiri sejak tahun 1963, UB saat ini memiliki 79 jurusan yang terbagi menjadi 29 jurusan soshum dan 50 jurusan saintek UB. Untuk jurusan Ilmu Komunikasi masuk dalam jurusan Soshum.

Meski memiliki banyak jurusan, jurusan Ilmu Komunikasi UB tetap memiliki jumlah pendaftar yang sangat banyak.

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP)Peringkat 801+ dengan skor 11,3-23,3

Berada di Semarang Jawa Tengah, Undip menjadi peringkat ke-6 sebagai kampus jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia. Sama halnya dengan kampus lainnya, peminat jurusan Ilmu Komunikasi juga cukup tinggi. Di UNDIP sendiri jurusan Ilmu Komunikasi menempati posisi kelima berdasarkan dari banyaknya pendaftar pada tahun 2023 lalu.

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD)Peringkat 801+ dengan skor 11,3-23,3

Kampus yang terletak di Sumedang, Jawa Barat ini berdiri sejak tahun 1957. Bagi anda yang bertempat tinggal di Indonesia bagian barat, UNPAD bisa menjadi salah satu tujuan kuliah jurusan Ilmu Komunikasi.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)Peringkat 801+ dengan skor 11,3-23,3

UPI berdiri sejak tahun 1954 dan menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Kualitas pendidikan UPI juga terbukti sangat baik karena dari tahun ke tahun universitas ini kerap masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik Indonesia.

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS)Peringkat 801+ dengan skor 11,3-23,3

Universitas jurusan ilmu komunikasi terbaik selanjutnya adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Jebres, Surakarta. Selain memiliki program S1, UNS juga memiliki beberapa program pendidikan lain yakni jenjang vokasi, magister dan doktoral.

  1. Universitas Negeri Malang (UM)Peringkat 801+ dengan skor 11,3-23,3

Peringkat kesepuluh dari jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia untuk subject tahun 2024 adalah UM. Terletak di Malang, UM menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki banyak peminat.

Nah, yang paling menarik, BINUS University masuk dalam daftar kampus dengan lulusan yang cepat mendapat pekerjaan versi QS Graduate Employability Rankings (GER) pada tahun 2022 lalu. Artinya kualitas pendidikan di BINUS sudah pasti luar biasa. Sedangkan berdasarkan peringkat diatas BINUS University juga disebut sebagai salah satu kampus yang masuk dalam daftar 10 besar universitas jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia. Luar biasa bukan?

BINUS University juga memiliki beberapa kampus yang tersebar di Nusantara. Bagi kamu yang berada di kawasan timur Indonesia, kamu bisa daftarkan dirimu ke BINUS @Malang.

BINUS @Malang adalah bagian dari BINUS University yang terletak di Jawa Timur. Meskipun terpaut jarak, namun sistem pembelajaran di antara BINUS @Malang dengan BINUS di kota lainnya sama. Tak hanya kualitas pendidikannya yang memiliki standar tinggi, fasilitas yang ada di BINUS @Malang juga tidak kalah saing dibandingkan kampus lainnya.

Konsep smart and green campus menjadi salah satu alasan penting kenapa kamu harus kuliah di BINUS @Malang. So tunggu apalagi? Yuk segera Join BINUS @Malang.