10 Strategi Bisnis yang Paling Efektif dan Menguntungkan untuk Perusahaan

Ketika berbisnis kita harus memiliki strategi. Strategi bisnis disebut penting untuk menentukan arah tujuan perusahaan dengan mengidentifikasi pesaing, pelanggan, pasar, dan sebagainya. Lantas strategi bisnis seperti apa yang efektif dan menguntungkan bagi keberlanjutan perusahaan? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu strategi bisnis?

Strategi bisnis merupakan tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan target bisnis. Dalam kata lain strategi bisnis disebut sebagai aksi serta proses perusahaan untuk mendukung segala aktivitas dalam bisnisnya dengan tujuan merealisasikan visi misi dan mencapai target bisnis. Strategi bisnis juga berperan menjadi peta jalan cerdas yang dirancang perusahaan agar bisa jadi lebih unggul di antara para pesaing.

Adanya strategi bisnis membantu perusahaan untuk mengatur dan mengontrol jalannya bisnis lewat identifikasi pasar, konsumen, kompetitor dan aspek lainnya. Strategi bisnis juga berfungsi menyatukan seluruh departemen untuk bekerjasama dalam pengambilan keputusan.

Strategi bisnis juga berperan sebagai tameng perusahaan untuk menghadapi berbagai macam tren yang selalu berkembang. Dengan begitu hambatan bisnis bisa dilalui dengan mudah. Kesimpulannya, strategi bsinis adalah suatu cara untuk memandu perusahaan menuju kesuksesan.

10 Strategi Bisnis yang Paling Efektif

Ada banyak strategi bisnis di lapangan, dan dibawah ini adalah 10 diantaranya yang paling efektif untuk diterapkan.

1. Diferensiasi Produk atau Layanan

Strategi bisnis ini ditujukan untuk meningkatkan brand awareness. Konsumen disini diharapkan mampu mengidentifikasi keunikan dan kualitas suatu produk. Misalnya Tesla. Brand ini mampu membedakan dirinya dengan para pesaingnya dari desainnya yang inovatif, high end dan belakangan menggunakan keunggulan mobil listrik sebagai strategi diferensiasi produk mereka

2. Biaya

Sebuah perusahaan tentunya memiliki kebebasan untuk menentukan harga produk. Artinya anda bebas menawarkan skema harga yang lain dari biasanya. Atau bahkan membuat paket bundling. Tujuan dari strategi ini tentu saja menarik pelanggan dengan cara yang unik dan mengeksplorasi cara baru dalam menentukan harga atau biaya.

Jika strategi ini diterapkan, perusahaan harus mampu mengkalkulasi dengan cermat harga dan biaya yang ditawarkan apakah masih memberi keuntungan atau tidak. Memang margin keuntungan bisa saja kecil namun jika ini mampu menguatkan minat pelanggan dan mampu membuat bisnis tumbuh berkelanjutan, maka perlu dicoba bukan?

3. Inovasi Produk dan Layanan

Bayangkan ketika anda memiliki sebuah bisnis besar yang beroperasi di pasar yang kompetitif atau anda memiliki startup yang terhitung masih baru. Perkembangan jaman yang cepat akan memaksa pergeseran tren secara terus menerus yang membuat anda kesulitan untuk bersaing. Jika hal ini terjadi anda harus memiliki inovasi produk dan layanan yang terperinci untuk membantu bisnis anda bisa mencapai tujuan atau target.

Salah satu cara memenangkan hati pelanggan adalah memberikan inovasi pada produk dan layanan. Ini sangat penting namun anda juga harus hati-hati dalam menentukan apa inovasi yang hendak dilakukan. Lakukan riset terlebih dulu untuk memastikan jika inovasi anda bisa diterima dengan baik.

4. Ekspansi Pasar

Lakukanlah ekspansi pasar dengan mengembangkan produk baru. Tujuannya tentu untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Strategi bisnis ini sangatlah penting khususnya bagi perusahaan dengan produk utama yang mulai jenuh dipasaran. Ekspansi pasar juga penting bagi perusahaan yang ingin masuk ke pasar yang berbeda.

Namun ingat, melakukan ekspansi pasar bukanlah hal yang mudah. Perusahaan harus meriset terlebih dulu tentang kebutuhan dan preferensi konsumen agar produk yang dihasilkan bisa berhasil.

5. Orientasi Pelanggan

Dalam membangun sebuah bisnis, orientasi pelanggan sangatlah penting dalam kaitannya dengan reputasi perusahaan. Pelayanan yang baik tentu berdampak pada hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang lebih kuat. Dalam arti yang lain ini membuat produk yang anda miliki berbeda dari para pesaing. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyiapkan layanan pelanggan yang cepat, solutip dan juga responsif baik itu lewat pusat panggilan ataupun platform online.

Selain itu anda juga bisa membuat produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Dengarkanlah apa yang mereka butuhkan dan wujudkanlah keinginan mereka dalam berbagai produk atau layanan yang anda miliki.

6. Kemitraan Strategis

Maksud dari kemitraan strategis adalah kerjasama yang melibatkan pembagian sumber daya antara beberapa individu atau perusahaan dengan tujuan mencapai kesuksesan. Mitra strategis adalah mitra yang saling berbagi risiko bahkan berbagi manfaat atas semua keputusan yang disetujui oleh pihak terkait. Mitra strategis tidak termasuk dalam bisnis yang bersaing dan tujuannya menciptakan nilai bagi perusahaan dengan cara menawarkan layanan, informasi atau sumber daya lain yang hanya bisa diakses lewat pertukaran finansial.

Ini adalah sebuah strategi yang sangat efektif untuk saling berbagi keahlian, mendapatkan sumber daya dan bahkan modal. Sebagaimana kita ketahui, perusahaan yang masih dalam tahap pengembangan, perusahaan kecil atau perusahaan start up sangat membutuhkan modal untuk bisa bertahan. Nah, modal ini bisa didapat dari mitra kerja dan juga investor.

Namun strategi bisnis ini tentu saja memiliki tantangannya sendiri. Ya, strategi ini memerlukan negoisasi dengan mitra kerja atau investor dalam menentukan keputusan. Keputusan harus mampu menguntungkan kemitraan secara penuh dari berbagai perspektif.

7. Keberlanjutan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)

CSR merupakan ide atau gagasan dalam bisnis yang merupakan tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat disekitarnya. Penerapan CSR biasanya dilakukan perusahaan dengan cara memberdayakan masyarakat sekitar untuk bertindak bersama memberikan dampak positif baik bagi sekitar. Adapun dampak yang dimaksud disini bisa dalam lingkup sosial, lingkungan, serta ekonomi.

Dalam prakteknya CSR menjadi perwujudan quadruple bottom line yang mana sebuah perusahaan harus unggul dalam People atau karyawan, Planet atau lingkungan, Profit atau finansial dan Prosperity atau kesejahteraan masyarakat.

8. Penggunaan Teknologi

Saat ini teknologi adalah penggerak bisnis yang paling cepat. Salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi yang digunakan untuk mendominasi dan meningkatkan efisiensi pasar. Teknologi bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan hingga merekrut tenaga kerja yang kompeten dibidangnya.

Dulunya penggunaan teknologi hanya digunakan pada bisnis berbasis digital, namun seiring berkembangnya teknologi, hampir semua sektor bisnis menggunakan teknologi. Bisnis yang diadopsi menggunakan pendekatan teknologi membuat perusahaan mampu meningkatkan inovasi produk, mengoptimakan proses bisnis serta memiliki kemampuan untuk bersaing dengan kompetitornya.

Namun penting bagi strategi bisnis ini untuk memastikan jika investasi teknologi yang digunakan sejalan dengan kebutuhan jangka panjang perusahaan dan mampu memberikan keuntungan secara berkelanjutan.

9. Penetrasi Pasar

Penetrasi pasar atau market penetration adalah salah satu strategi bisnis yang ditujukan untuk mengukur jumlah produk atau jasa yang digunakan oleh pelanggan dibandingkan dengan total perkiraan pasar dari produk tersebut. Penetrasi pasar ditujukan biasanya ditujukan untuk meningkatkan pasar produk dan jasa tertentu.

Penetrasi pasar menjadi salah satu hal penting dalam sebuah bisnis karena jika ingin sukses, kita harus tahu potensi serta kapasitas dari bisnis yang kita miliki sebelum diterjunkan kepasar. Apalagi jika kita mendapati bahwa pesaing kita adalah merek dengan nama-nama besar.

Keuntungan dari penerapan penetrasi pasar yakni adanya peningkatan pada penjualan, peningkatan brand equity, serta produk milik jadi memiliki positioning yang baik.

10. Fokus pada Kualitas dan Keamanan

Semakin lama semakin banyak bisnis bermunculan dengan produk dan layanan mereka yang kian beragam. Namun perlu diingat bahwa hanya sedikit bisnis yang mementingkan strategi. Di era persaingan bisnis yang kian ketat ini, strategi bisnis harus disusun dengan cermat. Salah satunya dengan fokus pada kualitas dan keamanan produk atau layanan.

Perusahaan yang memprioritaskan kualitas dan juga keamanan produk biasanya memiliki standar yang ketat pada proses produksinya. Mulai dari pemilihan dan pengecekan bahan baku, pengawasan pada proses produksi, serta penggunaan berbagai sistem pengontrolan kualitas. Semua dilakukan untuk menjaga dan memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan adalah produk terbaik yang memiliki standar keamanan yang tinggi.

Manfaat Strategi Bisnis

Setelah kita tahu yang dimaksud dengan strategi bisnis dan juga beberapa contohnya, maka anda juga harus tahu apa manfaatnya. Dibawah ini adalah dua diantara begitu banyak manfaat strategi bisnis:

1. Panduan untuk membangun bisnis

Ketika membangun bisnis, anda harus merencanakannya dengan matang. Tujuannya agar bisnis bisa mencapai target. Strategi bisnis yang terencana dengan baik akan membantu anda membuat instruksi atau perintah yang jelas terkait dengan langkah yang hendak diambil selanjutnya. Anda juga bisa menentukan siapa saja orang yang bertanggungjawab terhadap tugas yang diinstruksikan.

2. Mengetahui tingkat keberhasilan

Strategi bisnis yang matang membuat kita bisa dengan mudah mengetahui berapa tingkat keberhasilan kita. Misalnya kita membuat target keuntungan sebesar 20% namun setelah dihitung kenyataannya laba yang didapat hanya 10%. Dari catatan ini kita bisa mengetahui bahwa strategi bisnis yang diterapkan kurang berhasil sehingga harus dilakukan perubahan agar hal ini tidak kembali terulang.

Menarik bukan? Strategi bisnis adalah hal penting yang tak hanya boleh dipelajari namun juga harus dipraktekkan. Strategi bisnis yang efektif dan tepat akan mengantarkan bisnis anda mencapai puncak kesuksesan. Namun apakah cukup hanya dengan strategi bisnis saja? Selain memiliki strategi yang matang, anda juga harus memiliki perencanaan bisnis yang terstruktur.

Baca juga: Cara Membuat Rencana Bisnis dengan Profesional dan Terstruktur

Lebih jauh tentang berbagai artikel bisnis dan entrepreneurship lainnya cek di website BINUS @Malang.