Augmented reality atau sering disingkat AR dalam bahasa Indonesia disebut realitas berimbuh, sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu augmented reality atau AR. Augmented reality atau AR adalah sebuah teknologi yang menyatukan benda maya dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi ke lingkungan nyata kita. Augmented reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Beberapa penerapan augmented reality atau AR digunakan di dalam kehidupan kita sehari-hari dan kadang-kadang kita tidak menyadari hal tersebut. 

Penerapan augmented reality atau AR dalam kehidupan kita berhubungan erat dengan penggunaan smartphone. Seperti saat kita menggunakan aplikasi instagram, di aplikasi instagram ada salah satu fitur yang biasa kita gunakan yaitu filter. Filter dalam aplikasi instagram menggunakan AR dengan menciptakan bentuk tiga dimensi. Penerapan selanjutnya terdapat pada aplikasi google translate. Kadang-kadang ketika kita tidak mengerti tulisan berbahasa asing, kita dapat menggunakan fitur dari aplikasi google translate dengan mengarahkan kamera smartphone kita menuju tulisan yang tidak kita mengerti, setelah itu maka terjemahan dari tulisan tersebut dapat mengambang di atas tulisan yang tidak mengerti. Penerapan selanjutnya adalah saat kita menggunakan aplikasi dari google yaitu google lens. Beberapa dari kita pasti pernah menggunakan aplikasi google lens. Aplikasi ini membuat kita dapat mencari objek yang kita foto di pencarian google sehingga memudahkan kita untuk mencari objek yang serupa. Penerapan yang terakhir terdapat dalam aplikasi google map. Ketika kita menggunakan aplikasi google map terdapat fitur liveview yang dapat kita gunakan untuk melihat lokasi yang akan kita lalui dengan menggunakan smartphone kita.  

Beberapa hal yang dapat kita simpulkan adalah augmented reality atau AR sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari dan penggunaan smartphone tidak terlepas dari teknologi augmented reality. Dengan menggunakan augmented reality atau AR dapat mempercepat pekerjaan kita, memonitoring dan mengontrol pekerjaan kita, meminimalisir kesalahan yang kita lakukan, mengurangi waktu maintenance sebuah sistem, mempermudah pencarian lokasi, mempercepat proses pembelajaran dan sampai dengan mengakses data yang terintegrasi secara langsung.