Kongres Bahasa Indonesia adalah pertemuan rutin lima tahunan yang diadakan oleh pemerintah dan praktisi bahasa dan sastra Indonesia untuk membahas Bahasa Indonesia dan isu-isu terkait bahasa dan sastra Indonesia. Kongres ini dimulai pada tahun 1938 dan bertujuan untuk mengukuhkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Kongres Bahasa Indonesia juga membahas sejarah bahasa Indonesia dan bahasa Melayu, serta implementasi industri kreatif di Indonesia… Kongres Bahasa Indonesia XI dilaksanakan pada tahun 2018 untuk memperingati Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928[5]. 

Kongres Bahasa Indonesia adalah pertemuan rutin lima tahunan yang diadakan oleh pemerintah dan praktisi bahasa dan sastra Indonesia untuk membahas Bahasa Indonesia dan perkembangannya. Pertama kali diadakan di kota Solo pada tahun 1938, kongres ini awalnya diadakan untuk mengukuhkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan… Kongres Bahasa Indonesia membahas isu-isu terkait bahasa dan sastra Indonesia, sejarah bahasa Indonesia dan bahasa Melayu, serta implementasi industri kreatif di Indonesia…. Kongres Bahasa Indonesia juga memperingati Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928. Kongres Bahasa Indonesia telah diadakan sebanyak 11 kali hingga saat ini. 

Kongres ini bertujuan untuk menentukan arah kebijakan pengembangan dan pembinaan bahasa di Indonesia dengan menghimpun semua unsur pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran dan informasi terkini tentang penanganan bahasa, khususnya bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Selain itu, kongres juga bertujuan untuk meningkatkan peran bahasa dan sastra Indonesia dalam mewujudkan insan Indonesia cerdas kompetitif menuju Indonesia yang bermartabat, berkepribadian, dan berperadaban unggul. Kongres Bahasa Indonesia juga merupakan upaya untuk mengukuhkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan[ 

Kongres Bahasa Indonesia yang terakhir, yaitu Kongres Bahasa Indonesia XII, akan diselenggarakan pada tahun 2023Kongres Bahasa Indonesia XII ini akan diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai lembaga resmi yang mengatur bahasa IndonesiaPendaftaran peserta akan dibuka pada tanggal 16 Januari — 2 Juli 2023. Para pegiat bahasa, mahasiswa, dan masyarakat umum yang memiliki kepedulian dengan perkembangan bahasa Indonesia dan daerah dapat berpertisipasi di kegiatan ini. 

Link pendaftaran: https://kbi.kemdikbud.go.id/portal.php 

 

Sumber 

kbi.kemdikbud.go.id