Press Release: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya

Kita mendengar istilah press release atau siaran pers saat perusahaan, baik instansi swasta dan pemerintahan menyampaikan kabar singkat tentang program, klarifikasi, atau sekadar informasi yang perlu diberikan kepada publik. Intinya, rilis pers dikeluarkan oleh staf humas untuk menyampaikan hal yang dianggap dapat memberikan manfaat. Namun, ada definisi terkait dengan siaran pers yang lebih gamblang.

Pengertian Press Release

Press release adalah bentuk komunikasi untuk mengumumkan suatu peristiwa kepada masyarakat. Siaran pers diterbitkan dari perusahaan untuk berbagai media, baik elektronik, cetak, dan online untuk dipublikasikan. siaran pers biasanya merupakan berita dari perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, sosial, badan pemerintahan, atau bahkan pribadi seperti selebriti atau politisi.

Penerbitan release ini merupakan tugas dari departemen hubungan masyarakat atau public relation. Tujuan utamanya adalah menyampaikan pesan kepada masyarakat. Pesan tersebut bisa berupa promosi produk, peluncuran produk baru, konfirmasi apabila terkait dengan peristiwa yang mungkin dapat menjaga reputasi, serta berbagai jenis berita untuk meningkatkan brand awareness.

Jenis-jenis Press Release

Press release terdiri dari beberapa jenis. Jenis siaran pers tergantung tujuan dari perusahaan atau organisasi tertentu. Jenis-jenis siaran pers yang populer adalah sebagai berikut:

1.      General News

General news adalah jenis siaran pers yang paling umum diterbitkan oleh berbagai perusahaan atau instansi pemerintahan. Struktur jenis ini sama seperti artikel surat kabar standar. Informasi disajikan dalam bentuk piramida terbalik, di mana kabar yang paling penting dituliskan di awal hingga kabar yang standar. Metode menyajikan fakta sebuah berita merupakan pendekatan paling umum dalam general news.

2.      Event Press Release

Sesuai namanya, perusahaan, organisasi, atau instansi pemerintahan memberitakan tentang jadwal dan tempat dari acara atau event yang mereka gelar. Formatnya adalah judul, kemudian paragraf utama yang berisi satu atau dua kalimat kunci terkait event tersebut.

Paragraf berikutnya terkait dengan informasi pendukung tentang event tersebut , diikuti dengan informasi latar belakang yang mendasari perhelatan event. Sama dengan siaran pers pada umumnya, press release ini cukup singkat. Untuk yang terkait dengan event, tentu publikasinya harus jauh sebelum tanggal dan waktu pelaksanaan.

3.      Launch Release

Press release jenis ini terkait dengan peluncuran program atau produk. Perusahaan yang hendak merilis produk atau jasa baru tentunya harus menyajikannya semenarik mungkin. Namun, komunikasi pesan juga harus sangat jelas.

Launch release tidak hanya harus jelas dan menarik karena hal ini terkait dengan ketertarikan jurnalis atau editor untuk menayangkannya di surat kabar atau media online mereka. Salah satu hal terpenting adalah menyesuaikan launch release dengan target audiens yang dituju. Pihak public relation dari perusahaan harus dapat menggandeng media yang tepat sehingga dapat menyasar pembaca yang tepat dengan produk atau jasa tersebut.

4.       Product Press Release

siaran pers untuk produk adalah informasi tentang produk unggulan, produk terbaru, atau produk perbaikan dari perusahaan. Jenis release ini menghadirkan informasi yang paling layak diberitakan terkait dengan produk tersebut. Tidak hanya itu, siaran pers tersebut juga harus menarik perhatian pembaca.

Intinya siaran pers untuk produk harus menggunakan bahasa yang jelas. Press release produk juga dapat menghindari jargon atau akronim yang tidak semua orang paham. Seringkali staf public relation menganggap bahwa semua orang mengerti istilah tersebut karena memang istilah itu sangat umum dalam perusahaan mereka.

5.      Executive, Staff, Employee Press Release

Siaran pers ini terkait dengan pengumuman tentang staf atau manajer atau CEO terbaru dari perusahaan atau instansi. Biasanya, jabatan tersebut adalah jabatan penting sehingga harus diketahui publik. Perusahaan besar biasanya mengumumkan hal ini untuk diketahui konsumen, klien dan calon investor.

6.       Expert Position Press Release

Bentuk press release ini adalah untuk memberitakan tentang kredibilitas seseorang atau perusahaan di area tertentu. Tujuannya adalah untuk menempatkan individu atau perusahaan tersebut sebagai sumber informasi atau sebagai person in charge. Rilis pers ini berisi tentang perkenalan umum dan dan beberapa jenis verifikasi ahli dari pihak ketiga.

7.      Rebranding Press Release

Jenis siaran pers ini adalah pengumuman formal kepada media dan juga customer potensial serta customer lama serta masyarakat umum. Tujuan siaran pers ini adalah untuk mengumumkan merek baru dari perusahaan untuk target market khusus. Tentunya siaran pers ini harus menyertakan semua detail penting yang perlu diketahui, terutama kelebihan dari brand ini.

Baca Juga: Menghadapi Tantangan Komunikasi Krisis: Strategi Efektif Menangani Situasi Darurat

Contoh Press Release

Berikut contoh-contoh press release yang berbeda tujuan dan audiens target.

1.       Press Release Berita

Café Sip Siap Buka Beberapa Cabang di Berbagai Kota di Indonesia.

“Café Sip sedang membuka beberapa cabang di berbagai kota di Indonesia. PT ABC membuka cabang di kota Surabaya, Bandung, dan Semarang. Rencananya, cabang Café Sip di Surabaya akan dibuka pada akhir bulan September 2023. Sedangkan cabang di kota Bandung akan dibuka pada bulan Oktober 2023. Sementara itu, cabang Café Sip di Semarang akan dibuka saat libur akhir tahun, yaitu pertengahan bulan Desember 2023. “

2.       Event Press Release

Lomba Menggambar dan Melukis dengan Hadiah Fantastis dari PT ABC.

“PT ABC menyelenggarakan event lomba menggambar dan melukis untuk anak-anak pada tanggal 1 September 2023. Event ini diperuntukkan bagi anak-anak di usia 3 hingga 12 tahun. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan hadiah menarik lainnya. Semua peserta lomba juga akan mendapatkan bingkisan menarik.

3.       Launch Release

PT XYZ Memudahkan Siapa Saja untuk Menikmati Kasur Organik yang Nyaman dan Mewah.

PT XYZ meluncurkan produk kasur terbaru dengan sertifikasi organik dengan bahan non-toxic. Sebagai perusahaan perintis kasur bersertifikasi organik, PT XYZ kini menghadirkan beragam kasur organik dengan harga lebih murah tanpa mengabaikan kualitas.

4.       Executive, Staff, Employee Press Release

Hotel A Menunjuk Mr.XY sebagai Chairman.

Sebagai hotel bintang lima ternama, hotel A bangga menunjuk Mr XY sebagai chairman. Mr. XY merupakan individu yang berpengalaman dalam mengelola beberapa hotel bintang lima ternama di seluruh Indonesia. Tentunya kami sangat berharap bahwa keberadaan Mr. XY akan meningkatkan reputasi hotel kami yang selama ini telah memberikan pelayanan terbaik.

5.       Expert Position Press Release

PT Komputer Oke telah terbukti menjadi perusahaan komputer ternama yang sukses meluncurkan berbagai perangkat keras, perangkat lunak, dan jasa TI lainnya. Siaran pers ini menandai 10 tahun berdirinya PT Komputer Oke yang sukses menjawab tantangan di dunia TI.

6.       Rebranding Press Release

PT P dengan bangga memperkenalkan produk topi terbaru kekinian dengan desain menarik bertajuk ‘Cool’. Bahan terbaik menghadirkan perlindungan maksimal untuk kepala demi kenyamanan pengguna. Produk ‘Cool’ hadir dengan berbagai warna yang sesuai selera anak muda.

Nah, sudah paham tentang pengertian, jenis-jenis, serta contoh press release, kan? Semoga informasi ini dapat membantu kamu, ya, dan jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi-informasi lain seputar public relations, kamu bisa membacanya di artikel-artikel BINUS @Malang.