Mampu Bersaing di Era Digital, Ini 5 Tips Marketing Online untuk Dongkrak UMKM
Young carpenter working on a laptop in his workshop.

Mengetahui teknik pemasaran digital atau digital marketing menjadi hal yang penting untuk para pelaku usaha. Marketing secara online tidak hanya penting untuk sektor bisnis besar, tetapi juga bagi usaha di sektor mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Ini tentunya tak lepas dari teknologi yang berkembang semakin pesat dan pola perilaku konsumen yang semakin bergeser ke arah digital. 

Para pemilik bisnis UMKM yang bisa menerapkan teknik pemasaran digital dengan baik dapat mencapai peluang pertumbuhan pemasukan lebih besar sampai tiga kali lipat. Inilah mengapa mempelajari keahlian digital marketing itu penting, sebab usaha yang tidak menerapkan hal ini bisa jauh tertinggal dari pesaing. 

Tips Marketing Online untuk Dongkrak UMKM

Perlu diketahui bahwa seorang pelaku pemasaran digital harus adaptif dan lincah. Sebab, telah banyak platform sosial media dan digital yang tersedia. Belum lagi dengan perubahan tren marketing yang terjadi hampir sepanjang tahun yang membuat pebisnis harus selalu mengupdate keahlian mereka.  

Lalu, apa saja sih tips marketing online untuk mendongkrak bisnis UMKM? Berikut di antaranya:

  • Pemakaian Video Singkat

Munculnya TikTok yang meramaikan lingkup sosial media beberapa waktu terakhir nyata memengaruhi konsep pemasaran di dunia. Sekarang, promosi produk yang dilakukan dengan menggunakan video singkat jadi tren yang diminati oleh audiens.

Survey yang dilakukan oleh Wyzowl State of Video Marketing Survey menyebutkan, sebanyak 92 persen dari pebisnis telah memakai video pendek untuk media promosi. Berdasarkan data itu, sebanyak 87 persen pebisnis mengaku pemakaian video pendek menyumbang angka ROI yang signifikan, dan sebanyak 81 persen mengatakan pemakaian video juga memberikan dampak secara langsung pada tingkat penjualan. 

  • Menjalin Kerja Sama dengan Para Influencer

Memakai sosok yang populer di sosial media masih menjadi tren sampai saat ini. Data dari Google menyebutkan, sebanyak 70 persen remaja cenderung lebih mempercayai rekomendasi dari para influencer dibandingkan dengan selebritas. Sedang di Indonesia, sekitar 62 persen pemakai internet melakukan transaksi setelah menyaksikan konten promosi yang berasal dari oleh influencer. 

  • Memanfaatkan Sosial Media

Sekarang, sosial media terus berupaya untuk memudahkan para pengguna melakukan transaksi langsung terhadap produk yang diinginkan. Bahkan, belanja dari sosial media atau social shopping disatukan akan jadi tren yang terus berkembang. Nilainya pun akan terus mengalami kenaikan pada skala global beberapa tahun mendatang. 

  • Membuat Konten Soft Selling

Selaras dengan kemunculan konten yang semakin banyak, strategi digital marketing harus dibuat dengan tepat sehingga tidak harus selalu berjualan. Sebab, konsumen bisa merasa jenuh dan menganggap hal tersebut hanyalah iklan tanpa melihatnya lebih dulu.

Sekarang, pebisnis harus bisa membuat konten yang pastinya menarik, bermanfaat, dan relevan untuk target pasar mereka. Contohnya, saat menjual produk sepatu, buat konten yang berkait dengan produk, seperti cara mencuci sepatu atau tips tepat memilih sepatu sesuai kebutuhan. Bentuk konten ini terkadang bermanfaat bagi para audiens. 

  • Memanfaatkan Personalisasi

Konsumen saat ini menuntut adanya personalisasi yang lebih nyata. Contohnya, sekarang digital marketing tidak lagi cukup dengan hanya memasang satu jenis iklan yang serupa untuk semua bentuk demografi. Diperlukan adanya personalisasi yang sesuai dengan target audiens. 

Contohnya demografi yang ditujukan untuk Gen Z, promosi produk atau pembuatan iklan hendaknya menggunakan pilihan warna yang populer. Sementara itu, demografi usia lebih tua menggunakan iklan dengan berfokus pada sis kenyamanan produk. Pastikan untuk menampilkan daya tarik sesuai dengan target audiens dan tentukan strategi terbaik untuk memenuhi kebutuhan itu. 

Kalau kamu tertarik untuk menjadi wirausaha dan belajar digital marketing lebih dalam lagi, bisa banget untuk kuliah di BINUS UNIVERSITY @Malang dan mengambil jurusan Digital Business Innovation. Menariknya lagi, BINUS @Malang juga memberikan kesempatan untuk kamu belajar banyak hal tentang bisnis dan wirausaha melalui Program Enrichment (2+1)+1. 

Pastinya ini jadi peluang yang sangat tepat kalau kamu ingin menjadi seorang pebisnis yang hebat dan bisa belajar langsung dari pakarnya. Yuk, bergabung jadi BINUSIAN di BINUS UNIVERSITY dan wujudkan mimpimu untuk jadi entrepreneur sukses!