Lulusan Jurusan Visual Communication Design Cuma Jadi Graphic Designer? Siapa Bilang?

Jurusan Visual Communication Design, atau yang populer disebut sebagai jurusan DKV, merupakan jurusan yang cukup diminati calon mahasiswa. Salah satu alasannya adalah karena prospek kerjanya yang beragam. 

Meski begitu, ada juga segelintir orang yang berpikir bahwa output jurusan ini hanyalah menjadi graphic designer. Padahal, ada puluhan opsi karier yang bisa kamu pilih setelah lulus, lho. 

Prospek Karier Visual Communication Design

Apa saja, sih, prospek karier jurusan Visual Communication Design? Selain graphic designer, berikut beberapa pilihan yang bisa kamu pilih.

Animator

Tidak hanya di Indonesia, saat ini kebutuhan akan profesi animator sedang tinggi-tingginya. Nah, kalau kamu memiliki minat di bidang animasi, jurusan Visual Communication Design bisa membantumu belajar untuk menjadi seorang animator.

Sebagai animator, kamu punya banyak ruang gerak untuk berkarya. Misalnya, kamu bisa bekerja di sebuah animation studio, game developer studio, atau di sebuah production house. Bahkan, kamu bisa bekerja sebagai freelance animator. 

Nah, kalau kamu kuliah di jurusan Visual Communication Design BINUS UNIVERSITY, kamu bisa mengambil peminatan animasi. Di sinilah kamu dapat mempelajari bagaimana mengolah ide menjadi sebuah produk animasi yang berkualitas. 

Creative consultant

Apa sih yang dimaksud dengan creative consultant? Creative consultant merupakan konsultan yang memberikan saran-sarannya dalam sebuah proyek, khususnya yang terkait dengan bidang desain komunikasi visual. 

Proyek-proyek yang ditangani seorang creative consultant biasanya tidak jauh dari bidang marketing. Namun, ini bukan berarti pekerjaan seorang creative consultant ‘gitu-gitu aja’. Kamu juga bisa diminta untuk memberikan ide pembuatan website, aplikasi mobile, video iklan, maupun konten kreatif media sosial sebuah brand.

Logo designer

Selain graphic designer, lulusan Visual Communication Design juga bisa menjadi seorang logo designer

Bagi orang awam, menjadi seorang logo designer mungkin merupakan pekerjaan yang dianggap enteng. Sering juga mereka menganggap bahwa seorang graphic designer tugasnya juga merangkap sebagai logo designer.

Memang, ada beberapa desainer grafis yang rutin mengerjakan proyek pembuatan logo. Di sisi lain, ada juga logo designer yang memang membranding dirinya sebagai seorang spesialis pembuatan logo.

Membuat logo bukanlah pekerjaan yang ringan, lho. Pasalnya, logo yang didesain harus dapat membantu sebuah brand untuk memperkenalkan bisnisnya. Logo juga perlu didesain dengan baik karena logo biasanya yang akan diingat konsumen pertama kali.

Commercial photographer/videographer

Selain menjadi profesional dalam bidang desain, seorang lulusan jurusan Visual Communication Design juga bisa menjadi seorang fotografer dan videografer. Untuk itu, kamu bisa memulai karier dengan bergabung dengan agensi advertising. Setelah itu, kamu bisa memulai agensi advertising sendiri dan mulai menawarkan kerja sama dengan berbagai pihak.

Selain bergabung dengan agensi advertising atau mulai berbisnis, bukan rahasia lagi jika kamu bisa bekerja secara mandiri sebagai freelance. Kamu bahkan juga bisa bekerja di luar negeri, lho. Kembangkan portofoliomu, dan raih peluang untuk berkarier sebagai commercial photographer/videographer di negara lain! 

Nah, kalau kamu tertarik untuk menjadi seorang commercial photographer/videographer, kamu bisa kuliah di jurusan Visual Communication Design BINUS UNIVERSITY dengan peminatan Creative Advertising

Game developer artist

Sebagai seorang lulusan DKV, kamu punya peluang besar untuk bekerja di industri game, lho! Salah satu profesi yang bisa kamu coba adalah profesi sebagai game developer artist. Sesuai dengan namanya, dalam industri game kamu akan membuat desain karakter beserta komponen-komponen game lain yang diperlukan. 

Dalam melakukan tugasnya, kamu akan berkolaborasi dengan game designer dan game programmer. Sebagai artist, tugasmu adalah membuat desain karakter dan komponen-komponen dalam game agar sesuai dengan ide cerita dan naskah yang dibuat game designer. Setelah karyamu ready, programmer akan bertugas untuk ‘menggerakkan’ karakter menggunakan teknik-teknik khusus. 

Bagaimana, prospek kerja lulusan Visual Communication Design sangat menarik, bukan? Selain graphic designer dan pilihan-pilihan profesi di atas, masih banyak profesi lain yang bisa kamu capai setelah lulus nanti. 

Jika kamu punya mimpi untuk bekerja di industri kreatif, membekali diri dengan ilmu pengetahuan di bidang terkait adalah langkah awal yang bisa ditempuh untuk mewujudkan mimpi itu. Pastikan memilih kampus yang mampu memberikan berbagai pilihan peminatan. Sebab, jurusan Visual Communication Design punya cakupan yang sangat luas. 

Jurusan Visual Communication Design BINUS @Malang menawarkan peminatan 2D+ Animation. Untuk peminatan lain seperti Animation, Creative Advertising dan New Media, kamu bisa mengikuti mobility program di kampus BINUS UNIVERSITY di Jakarta.

Selain itu, BINUS @Malang juga menyediakan berbagai pilihan minor program. Tujuan program ini adalah untuk menambah wawasan di luar program studi. Dengan demikian, kamu bisa jadi lulusan DKV yang unggul dan siap bersaing secara nasional maupun global.