Ilustrasi Layanan Konseling

Kehidupan kampus memang selalu terlihat menyenangkan. Bercanda bersama dengan rekan-rekan sekelas telah menjadi kebiasaan yang dapat mengusir rasa bosan saat kuliah. Namun, bukan berarti mahasiswa tidak membutuhkan layanan konseling karena pasti ada rasa jenuh seiring dengan waktu tempuh kuliah.

Belajar di perguruan tinggi merupakan pengalaman belajar yang luar biasa. Namun, banyak hal yang dapat membuat mahasiswa mengalami stres. Banyak mata kuliah yang harus didalami di perguruan tinggi dimana pelajaran yang didapat sangat berbeda dari saat masih duduk di bangku SMA atau SMK.

Terlebih, banyak mahasiswa yang tinggal di luar kota dan jauh dari orang tua. Tekanan kuliah serta perubahan kebiasaan dan gaya hidup dapat menyebabkan mahasiswa mengalami kecemasan dan depresi yang mungkin berdampak pada prestasi akademik. Disinilah pentingnya layanan konseling bagi mahasiswa yang masih aktif belajar.

Detail Layanan

Layanan konseling untuk mahasiswa di berbagai kampus tentu berbeda, tergantung dengan layanan konseling yang dimiliki. Mayoritas kampus memiliki pusat konseling tersendiri dengan layanan gratis atau biaya sangat rendah bagi mahasiswanya. Bahkan, layanan ini hadir dalam bentuk online atau tatap muka langsung.

Layanan konseling bagi mahasiswa dapat memberikan dukungan secara moril kepada mahasiswa. Usia mereka adalah usia dimana mereka masih kesulitan untuk mengelola emosi. Tidak hanya itu, terkadang mereka pun masih merasa khawatir karena jauh dari rumah dan harus menghadapi dunia yang benar-benar baru.

Keuntungan layanan konseling bagi mahasiswa adalah adanya keterkaitan antara mahasiswa dan kampus melalui pendekatan ini. Seringkali mahasiswa merasa bahwa orang-orang di sekitar mereka lebih individualistis dibandingkan saat masih duduk di bangku SMA atau SMK. Di sinilah pentingnya mendapatkan layanan konseling di mana mahasiswa dapat menceritakan isi hatinya kepada seorang psikolog profesional.

Memang, belajar di perguruan tinggi butuh penyesuaian. Transisi dari masa sekolah menengah ke perguruan tinggi pasti terkait dengan perubahan. Banyak orang baru yang akan ditemui dimana semua mahasiswa harus memiliki banyak ide inovatif selama proses belajar di kampus.

Konselor Profesional

Konselor profesional pastinya hadir di berbagai kampus dengan akreditasi internasional. Keberadaan mereka dapat memberikan rasa tenang kepada orang tua yang mungkin khawatir akan anak mereka yang jauh dari rumah. Terlebih jika anak tersebut belum pernah jauh dari rumah sebelumnya.

Mahasiswa yang memilih kampus dengan fasilitas konselor profesional tentunya sudah melakukan pilihan terbaik. Bagaimanapun juga, mahasiswa masih membutuhkan bimbingan orang yang lebih dewasa. Jika mereka tidak sedang tinggal dengan orang tua dan mengalami masalah, tentunya mereka dapat mengandalkan jasa konselor profesional di kampus mereka.

Terbukti mahasiswa yang mendapatkan konseling dapat mengalami suasana hati yang jauh lebih baik karena dapat mengurangi kecemasan mereka. Tidak hanya itu, fungsi seorang konselor profesional juga dapat memberikan motivasi supaya mahasiswa lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan hidup. Terlebih, konselor profesional dan mahasiswa pun dapat memiliki hubungan baik, dimana konselor mewakili kampus sehingga mahasiswa merasa menjadi bagian dari kampus tersebut.

Cakupan Konseling

Mahasiswa dapat memanfaatkan jasa konseling untuk berbagai masalah. Mereka dapat memanfaatkan jasa ini untuk permasalahan pribadi atau akademik mereka. Masalah akademik bisa menjadi pemicu masalah psikologi pada mahasiswa yang belum terbiasa menjalani padatnya perkuliahan.

Bahkan, mahasiswa juga dapat mengkonsultasikan tentang masalah keluarga. Keberadaan keluarga sangat penting untuk kondisi psikologi seorang mahasiswa yang masih berusia muda. Hubungan dengan keluarga yang mungkin sangat pelik dapat membuat mahasiswa tidak berkonsentrasi dalam belajar sehingga mengganggu proses kuliah.

Cakupan konseling juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan permasalahan sosial yang dihadapi mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami permasalahan sosial di mana mereka belum memahami cara menyelesaikannya. Dengan demikian, cakupan konseling di kampus terpercaya dapat memberikan solusi terbaik untuk semua mahasiswa mereka.

Cara Mendaftar Layanan Konseling

Layanan konseling di semua kampus tersedia dengan berbagai cara. Tentunya, mahasiswa berharap bahwa mereka dapat mendaftar layanan konseling secara mudah dan gratis. Karena itulah BINUS @Malang hadir dengan layanan konseling melalui Student Center.

Kehadiran Student Center di BINUS University @Malang sangat memberikan keuntungan, tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga orang tua. Student Center ini merupakan fasilitas konseling akademik atau non-akademik bagi para mahasiswa atau orang tua yang tidak dipungut biaya. Tujuan Student Center adalah membantu mahasiswa atau orang tua dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam keseharian yang berdampak pada performa akademis mahasiswa.

Mahasiswa dapat melakukan konseling secara online ataupun tatap muka langsung di ruang SAC Binus @Malang. Konselor profesional yaitu Olivia, M. Psi., Psikolog dan Natasha Gandhi, M. Psi., Psikolog. Proses pendaftaran cukup mudah yaitu dengan mengakses https://linktr.ee/studentadvisorybinus untuk mengisi form konseling secara benar.

Mahasiswa dapat hadir di waktu yang ditentukan, di mana layanan konseling adalah 60 menit untuk satu sesi. Jumlah sesi bisa bertambah, tergantung dari permasalahan. Semua psikolog profesional di BINUS @Malang merupakan psikolog profesional yang menjamin kerahasiaan data mahasiswa sesuai kode etik yang berlaku.

Melalui layanan Student Center BINUS @Malang, mahasiswa kampus ini mampu mencapai hasil belajar secara optimal sesuai potensi serta kapasitas belajar yang mereka miliki. Terlebih, mahasiswa harus berhadapan dengan dunia kerja atau bisnis yang semakin kompetitif. Mereka harus dapat menjadi lulusan yang tidak hanya cakap dalam penyerapan ilmu, tetapi juga memiliki daya juang dengan kemampuan problem solving yang tinggi. Jadi, jangan ragu bergabung dengan kampus berakreditasi internasional ini.