Manfaat Ilmu Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Mungkin banyak yang bertanya mengapa seseorang belajar ilmu komunikasi. Pertanyaan tersebut memang relate, karena komunikasi adalah hal yang dilakukan setiap hari sehingga banyak orang yang cenderung menganggapnya remeh. Padahal nyatanya banyak manfaat ilmu komunikasi yang bisa didapat jika kamu benar-benar menerapkannya dalam kehidupanmu sehari-hari.

Apa saja manfaat ilmu komunikasi? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Macam-macam Ilmu Komunikasi

Peningkatan Keterampilan Komunikasi

Komunikasi memiliki peranan penting untuk menyampaikan pikiran, perasaan dan juga pendapat seseorang. Nah, pendapat ini akan disampaikan dalam bentuk komunikasi yang nantinya akan diterima oleh orang lain.

Komunikasi tak sekedar tentang pesan yang disampaikan dan diterima. Ada cukup banyak jenis komunikasi yang perlu diketahui, dipahami dan dipelajari karena setiap jenisnya memiliki cara perlakuan yang berbeda dalam prosesnya. Misal, jenis komunikasi non verbal yang membuat kita bisa menangkap pesan meski hanya dari gerakan mata.

Seseorang dengan latar ilmu komunikasi yang baik tentunya akan lebih mudah menyampaikan pesan kepada orang lain. Dan sebaliknya, seorang dengan keterampilan komunikasi yang buruk sangat rentan dengan kesalahpahaman.

Pemahaman yang Lebih Baik tentang Interaksi Manusia

Manfaat ilmu komunikasi selanjutnya yakni peningkatan pemahaman ketika berinteraksi. Misal ketika seseorang berkata tidak jujur, maka kita bisa melihatnya hanya dari intonasi bicaranya yang ragu-ragu atau dari gerakan tubuh.

Atau ketika berbicara lintas budaya, agar tidak terjadi kesalahpahaman kita bisa menggunakan bahasa yang sama-sama bisa dimengerti. Misal ketika ada seorang dari suku Minang berbicara dengan suku Jawa, maka berkomunikasi dengan bahasa Indonesia adalah keputusan yang paling tepat untuk mengurangi kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Membangun Hubungan yang Lebih Baik

Mempelajari ilmu komunikasi nyatanya mampu membangun hubungan yang lebih baik dengan banyak orang. Seorang yang handal dalam berkomunikasi tentu akan semakin mudah dalam berinteraksi dan tentu ini akan berdampak pada hubungannya dengan orang disekitarnya.

Komunikasi juga mampu menjaga diri agar seseorang tetap menjadi bagian dalam kelompok masyarakat yang majemuk.

Efektivitas dalam Karir dan Bisnis

Salah satu kunci sukses adalah menjadi ahli dalam berkomunikasi. Ya, banyak pekerjaan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu ahli dalam hal komunikasi. Ketika kamu ahli dalam berkomunikasi, kamu tak hanya akan menjadi seorang MC atau pengacara namun bisa lebih dari itu.

Maksudnya, peluang dalam karir dan bisnis seorang ahli komunikasi itu tak terbatas. Karena apapun pekerjaan dan usaha impianmu, jika kamu bisa mengkomunikasikannya dengan baik maka kesuksesan bukan hal yang sulit untuk dicapai.

Lantas bagaimana dengan gaji? Gaji tentu saja akan selaras dengan keahlian dan pekerjaan yang kamu miliki bukan?

Pengaruh dalam Praktik Hubungan Publik

Komunikasi sangat penting untuk menjaga hubungan antara individu ke individu, kelompok ke kelompok, hingga hubungan lingkup internasional baik yang sifatnya personal atau publik.

Nah, karena komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan dalam praktik hubungan publik, komunikasi sangat penting untuk dipelajari. Contohnya seperti yang sering ditemui dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam bermasyarakat tak jarang ditemui hal-hal yang mampu membuat salah paham yang akhirnya berujung konflik atau permusuhan. Nah, masalah tersebut bisa selesai dengan baik asal dilakukan komunikasi dua arah agar kedua pihak bisa saling memahami.

Pemahaman Media dan Pengaruhnya

Kehadiran media komunikasi berbasis online baik itu sosial media ataupun aplikasi pengiriman pesan mulai menggantikan peran komunikasi tatap muka. Dua media tersebut lebih diunggulkan karena kemampuannya yang tak terikat oleh waktu dan jarak.

Sayangnya, pemahaman komunikasi yang kurang tepat seringkali membuat banyak kesalahpahaman. Misalnya sebuah berita yang awalnya bernilai positif bisa saja menjadi negatif karena kurangnya penulisan satu kata, atau bahkan satu tanda baca.

Peran dari komunikasi non verbal pun bisa digantikan dengan hadirnya emoji yang akan menguatkan pesan tulis. Namun tetap saja, seseorang tak mampu ‘membaca’ se-luwes memahami seseorang ketika berkomunikasi langsung.

Meski begitu, seseorang yang memiliki latar komunikasi yang baik tentu bisa membaca media serta pengaruhnya lebih baik dari mereka yang tidak ahli dalam berkomunikasi.

Keterampilan Beradaptasi dalam Era Digital

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memaksa seseorang untuk mengikutinya. Dan selaras dengan ini, ilmu komunikasi juga semakin berkembang. Nah, seorang ahli komunikasi tentu akan lebih mudah beradaptasi di era digital seperti sekarang.

Apalagi sekarang penggunaan media digital yang saat ini tak sekedar digunakan untuk ‘say hello’ namun juga digunakan untuk keperluan lain seperti berbisnis. Seorang ahli komunikasi tentu mampu beradaptasi dengan memanfaatkan media digital sebagai jalur untuk berkomunikasi dengan para target market.

Di atas adalah beberapa manfaat ilmu komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dari ulasan di atas apakah kamu tertarik mempelajarinya? Selain beberapa hal di atas, perlu diketahui juga jika salah satu yang terpenting dari belajar ilmu komunikasi adalah besarnya gaji serta luasnya peluang kerja bagi para lulusan jurusan ilmu komunikasi. Tertarik?