Desain Ruang Tamu Perumahan: Tips dan Inspirasi untuk Ciptakan Ruang Elegan dan Nyaman

Ruang tamu merupakan tempat pertama yang akan menciptakan kesan sebuah rumah. Saat ini desain ruang tamu perumahan yang elegan dan nyaman menjadi konsep yang cukup popular. Konsep ini menekankan kombinasi furnitur yang sederhana dengan dekorasi yang simpel untuk menciptakan tampilan yang cantik dan elegan.

Bagi kamu yang ingin menciptakan sebuah desain ruang tamu perumahan yang elegan dan nyaman, simak bagaimana tipsnya di bawah ini.

Baca Juga: Ciri Desain Interior Modern, Apa Saja?

Tips untuk Menciptakan Ruang yang Elegan dan Nyaman

Menciptakan sebuah desain ruang tamu perumahan bukanlah hal yang sulit. Namun bukan pula hal yang mudah. Kamu harus memperhatikan beberapa hal agar desain yang kamu buat benar-benar bisa nampak elegan dan nyaman. Berikut tipsnya:

1.       Pilih Palet Warna yang Tepat

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam mendesain ruangan, apapun itu, adalah warna. Jadi pilihlah warna yang tepat, yang mewakili kesan elegan. Beberapa pilihan warna yang direkomendasikan antara lain hijau, orange, pink, serta putih.

2.       Pilih Furnitur Berkualitas

Menciptakan desain ruang tamu perumahan yang elegan, artinya kamu juga harus memilih furnitur yang bertema elegan pula. Nilai elegan tak hanya nampak dari kenampakannya, tetapi juga dari nilai estetikanya. Misalnya sebuah meja yang nampak lusuh, kain perca yang digunakan sebagai sarung bantal, atau kerajinan tangan lainnya.

3.       Tata Letak yang Efisien

Dalam desain interior, tata letak menjadi salah satu hal yang penting karena mampu mempengaruhi nilai estetika sebuah ruangan. Dalam hal ini kamu harus bisa mempertimbangkan jenis furnitur yang akan digunakan serta berapa luas ruang tamumu. Mempertimbangkan dua hal tersebut akan sangat membantu dalam mendesain tata letak.

4.       Pilih Bahan Berkualitas

Menciptakan ruang tamu yang elegan tak lepas dari peran furnitur yang berkualitas. Hindari memilih bahan asal untuk furnitur ruang tamu jika ingin menampilkan ruang tamu yang elegan dan nyaman.

5.       Pencahayaan yang Tepat

Dalam hal desain, pencahayaan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karena mampu menciptakan nuansa yang berbeda. Kamu bisa menggunakan lampu gantung atau bisa juga menambahkan lampu sudut untuk menambahkan kesan hangat.

6.       Hiasan Dinding yang Menarik

Tambahkan bingkai foto atau hiasan dinding pada ruang tamu. Agar bisa nampak indah dan serasi, pilihlah hiasan dinding atau bingkai foto yang sesuai dengan corak serta warna tema ruangan.

7.       Aksesori Elegan

Sebuah ruangan yang elegan tak lepas dari aksesori elegan yang menghiasi ruang tamu tersebut. Meski begitu, hindari menempatkan terlalu banyak aksesoris karena mampu mengurangi kesan elegan. Tempatkan beberapa dan pilih yang corak atau dekorasinya sesuai dengan tema ruangan.

8.       Sentuhan Tanaman Hijau

Tanaman hijau sangat direkomendasikan untuk sebuah ruang tamu yang nyaman. Tak hanya menambah sentuhan alami, penambahan tanaman hijau juga membantu mengurangi polusi udara. Namun, tidak semua jenis tanaman hijau bisa kamu tempatkan secara asal. Pilihlah jenis tanaman yang sesuai dengan konsep ruang tamumu. Ini penting mengingat beberapa jenis tanaman ada yang tidak direkomendasikan untuk diletakkan dalam ruangan.

9.       Rapi dan Teratur

Sebuah ruangan yang rapi dan teratur tentu akan membuat siapapun lebih nyaman didalamnya. Jadi, apapun yang terjadi, kondisikan ruanganmu dalam keadaan rapi dan teratur.

10.    Fungsionalitas dan Kenyamanan

Entah seberapa besar ruang tamu yang kamu miliki, usahakan tidak menambahkan banyak furnitur atau dekorasi. Terlalu banyak furnitur membuat ruangan tampak penuh hingga kesan elegan pun menjauh. Kamu bisa menggunakan furnitur multifungsi untuk menguatkan kesan elegan.

Referensi Gaya yang Cocok

Masih belum terinspirasi membuat desain ruang tamu perumahan seperti apa? Di bawah ini merupakan beberapa referensi gaya desain yang bisa kamu terapkan untuk ruang tamu:

1.       Desain Minimalis

Gaya desain satu ini saat ini menjadi unggulan bagi kamu yang ingin menciptakan kesan elegan. Desain minimalis menggunakan warna netral seperti abu-abu dan putih. Konsep ini juga tak memerlukan banyak furnitur karena sifatnya yang sederhana. Namun, sebagai gantinya pilih furnitur dengan fungsi yang jelas atau furnitur yang multifungsi.

2.       Desain Skandinavia

Bagi kamu yang suka dengan nuansa dasar krem, putih atau beige, desain Skandinavia menjadi salah satu opsi yang bisa kamu pilih. Dalam gaya desain Skandinavia, kamu akan menemukan furnitur berkualitas yang ramah lingkungan serta berbagai ornamen yang mampu menciptakan kesan hangat, sederhana, dan penuh fungsionalitas.

3.       Desain Modern

Bagi kamu yang suka dengan nuansa modern yang sarat akan fungsionalitas, keindahan serta kesederhanaan, maka desain modern menjadi pilihan terbaik. Warna yang sering digunakan adalah hitam, abu dan putih, sedangkan material yang sering digunakan kaca, beton dan logam.

Dalam desain modern, bentuk yang minimalis, bersih, sederhana serta penggunaan teknologi modern adalah ciri khas khusus dari konsep desain ini.

4.       Desain Bohemian Minimalis

Ini adalah gabungan antara konsep minimalis dengan konsep bohemian yang mampu menghasilkan suasana santai, sederhana namun tetap bersih. Gaya desain ini cenderung mengusung warna netral dengan kombinasi bahan alami untuk menciptakan kesan harmonis.

Di atas merupakan beberapa tips menciptakan desain ruang tamu perumahan yang elegan dan nyaman. Ruang tamu diibaratkan sebagai ‘wajah’ yang akan membuat kesan bagi siapapun yang melihatnya. Jadi, pastikan untuk mendesainnya dengan baik.