Tak Cuma Kota Pendidikan, Malang Masuk dalam Kota Kreatif Indonesia

Sejak lama, Malang telah dikenal sebagai Kota Pendidikan. Namun, masyarakat Kota Apel bersama dengan pemerintahan setempat juga terus berkembang dan berkreativitas dari masa ke masa. Karena itu, tak heran jika Kota Malang kerap mendapat berbagai prestasi dan penghargaan—termasuk sebagai Kota Kreatif Indonesia.

Jadi Kota Pendidikan Sejak Hindia Belanda

Kawasan Malang Raya menjadi destinasi pendidikan terutama perguruan tinggi bagi masyarakat Indonesia. Setidaknya, kini terdapat puluhan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berada di area Malang. Tiap tahunnya pun, mahasiswa dari berbagai penjuru nusantara berbondong-bondong datang untuk menempuh studi di sini.

Namun rupanya, Malang sebagai kota tujuan menuntut ilmu ternyata sudah terjadi sejak lampau bahkan sejak masa Hindia Belanda. Pada masa ini, Malang sebagai Kota Pendidikan  sudah dimulai dengan kemunculan sekolah terutama pada tingkat menengah.

Pertumbuhan jumlah sekolah sangat pesat terjadi pada kurun waktu 1914-1939. Jumlah sekolah di Malang yang pada tahun 1914 hanya sejumlah delapan, melesat menjadi puluhan pada tahun 1930-an. Hal ini pun berdampak pada kenaikan tingkat ekonomi masyarakat Malang.

Malang Jadi Kota Kreatif Indonesia 2021

Ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang sangat didorong sebagai upaya peningkatan dan pemulihan ekonomi nasional terutama akibat pandemi. Makin banyak ekonomi diharapkan mampu menekan angka pengangguran dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru serta membuka pintu usaha baru.

Pada akhir November 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menetapkan Malang sebagai salah satu Kota Kreatif Indonesia bersama dengan 20 kabupaten dan kota lainnya. Malang pun menjadi satu-satunya kawasan di Jawa Timur yang menjadi Kota Kreatif 2021. Beberapa kota dan kabupaten lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Kota Banda Aceh
  2. Kabupaten Tanah Datar
  3. Kota Palembang
  4. Kota Bandung
  5. Kota Cimahi
  6. Kabupaten Majalengka
  7. Kabupaten Banjarnegara
  8. Kota Semarang
  9. Kabupaten Rembang
  10. Kota Salatiga
  11. Kota Surakarta
  12. Kabupaten Karanganyar
  13. Kabupaten Wonosobo
  14. Kota Pekalongan
  15. Kabupaten Gianyar
  16. Kota Denpasar
  17. Kota Balikpapan
  18. Kabupaten Kutai Kartanegara
  19. Kota Ambon
  20. Kabupaten Wakatobi

Pemerintah berharap penetapan Kabupaten dan Kota Kreatif Indonesia 2021 ini dapat mendorong kabupaten dan kota untuk menjadi lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif dalam meningkatkan kinerja ekonomi kreatif. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat di tiap wilayah pun dapat terangkat naik.

Malang Creative Center untuk Mendukung Ekonomi Kreatif

 Terdapat setidaknya tujuh belas subsektor ekonomi kreatif, yakni:

  1. Film, animasi, dan video
  2. Fotografi
  3. Desain komunikasi visual
  4. Arsitektur
  5. Desain interior
  6. Desain produk
  7. Seni rupa
  8. Televisi dan radio
  9. Periklanan
  10. Seni pertunjukan
  11. Penerbitan
  12. Aplikasi
  13. Pengembang permainan
  14. Musik
  15. Fesyen
  16. Kuliner
  17. Kriya

Pemerintah Kota Malang makin bersiap untuk memaksimalkan ekonomi kreatif setempat. Arah pembangunan Kota Malang pada 2023 akan lebih berfokus pada pemantapan industri kreatif lewat transformasi digital melalui dukungan infrastruktur yang terintegrasi. 

Geliat ekonomi kreatif diyakini akan mendorong angka pertumbuhan Kota Malang. Sebagai catatan, pada 2021 lalu, angka pertumbuhan ekonomi Malang yang berada di angka 4,21 persen berhasil melebih capaian angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang berada di angka 3,57. 

Optimisme ini didukung pula dengan komitmen yang tak main-main. Kini, Pemerintah Kota Malang juga telah membangun Malang Creative Center (MCC) yang akan dijadikan sebagai pusat inkubasi sehingga mendorong kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif potensial.

Tentunya, aktivitas ekonomi kreatif yang maksimal juga harus didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan keterampilan memadai pula. BINUS Malang pun mendukung persiapan talenta berkualitas untuk mendukung potensi ekonomi kreatif sebagai penggerak ekonomi daerah maupun nasional.

BINUS @Malang menyediakan berbagai pilihan program studi terbaik sesuai dengan kebutuhan industri saat ini dan masa mendatang, seperti Entrepreneurship Business Creation, Computer Science, Interior Design, Visual Communication Design, dan lain-lain. Selain pengajar yang[ profesional dan terbaik di bidangnya, tiap jurusan juga telah dilengkapi dengan kurikulum sesuai standar industri sehingga tiap alumni akan lebih mudah bersaing dan beradaptasi secara global sekalipun.